alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Ontel Melawan Zaman
5 stars - based on 5 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c8dee5baf7e93741d08052d/ontel-melawan-zaman

Ontel Melawan Zaman

Di tengah pertumbuhan jumlah penduduk yang makin tinggi, alat transportasi massal yang modern, cepat, dan aman menjadi kebutuhan warga. Februari kemarin setelah melalui uji coba dan sekarang sedang dilakukan uji coba publik, Jakarta siap menyambut era baru transportasi publik dengan kemunculan Mass Rapid Transit (MRT).
Ontel Melawan Zaman
google pict


Tapi di sudut lain Kota Jakarta, rupanya masih dapat kita jumpai alat transportasi yang bisa dibilang kuno dan nyaris tak membutuhkan teknologi canggih. Ojek ontel atau ojek sepeda namanya. Geraknya hanya mengandalkan kekuatan kaki penganyuhnya dan kapasitasnya hanya dapat membawa 1 penumpang dewasa.

Dari kategori usia transportasi umum di Jakarta, ojek ontel berada di urutan tertua, setelah bajaj dan bemo. Hari ini keberadaan ojek ontel makin terancam dengan maraknya kehadiran ojek online.

Ojek ontel mudah dijumpai di sekitar Stasiun Beos, Kawasan Kota Tua, Pasar Pagi, Pelabuhan Sunda Kelapa hingga sekitar Tanjung Priok, Jakarta Utara. Bagi beberapa tokoh Indonesia, sepeda ontel bukanlah sekadar alat transportasi. Ontel adalah sebuah alat untuk menemukan ide dan turut berkontribusi dalam memerdekakan Indonesia.

Quote:


Meski memiliki peran sejarah, peran ontel yang makin terhimpit jaman tak mungkin terelakkan. Mengantispasi matinya ontel di Indonesia beberapa komunitas berupaya memelihara transportasi ramah lingkungan ini. Di Jogja ada Village by Bicycle dari Komunitas Towilfiets sementara di Cibinong ada Komunitas Ontel Cibinong(Konci).

Meski di kalangan masyarakat pedesaan ontel masih menjadi transportasi andalan, namun itu bukan berarti ontel masih berjaya.

Seiring berjalanya waktu, daur sejarahpun terjadi, sang primadona pelan-pelan dianggap usang. Ontel telah melalui sejarah yang panjang, akankah bertahan atau digilas zaman?



Sumber: WatchdoC Documentary
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 4
obsolete Ontel Melawan Zaman
ternyata berperan penting banget di masanya ya gan., emoticon-Matabelo
ane sih sebenernya masih suka pake sepeda, hanya saja jarak tempuh tempat kerjaan jauh dan boros juga kalo mau pake angkutan umum, jadi sepedanya cuma dipake kalo ada keperluan deket aja atau pas olahraga pagi., emoticon-Big Grin
jangan sampe punah
Balasan post aalvin11
Setuju
o gitu
emoticon-Cool
Balasan post onani.mouse
Yoi gan
Simbah kakung biyen ngontel
Ane masih punya, gan, di rumah. Bekas simbah ane, terus dipake bokap, itu pun dulu embah belinya juga bekas. Merknya Philips Birmingham "Cap Singo Ndekem" 1940. emoticon-2 Jempol
jangankan ontel, pejalan kaki aja ga dikasi tempat sama pemotor, ngeri sekarang di negeri berflower ini
biasa dulu sebelum pindah kantor selalu naik ojek onthel dari beos menuju gedong panjang emoticon-Big Grin
hiburan di kota tuaemoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grin
bokap ane masih punya gazelle sepasang cwok cewek antik terawat clasik banget
nenek ane masih punya 1. kalo om ane pulang dari sumatra selalu dipake buat keliling2 emoticon-Leh Uga
Travelontel dulu, gempor kemudian emoticon-Cool
Ane ada sodara punya ontel antik, sampe ikut komunitas ontel, kalo lagi gathering anggotanya pake pakaian ala ala jaman penjajahan belanda emoticon-Roll Eyes (Sarcastic):
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 15
pengen ontelnya kasih donk min ...
nostalgia
Quote:


Jangan lupa dirawat gan, ane tahun segitu belum lahiremoticon-Malu
Halaman 1 dari 4


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di