alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Video Unik Kompor Modern Pakai Kayu Bakar
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c8de5ad8d9b174e3213faac/video-unik-kompor-modern-pakai-kayu-bakar

Video Unik Kompor Modern Pakai Kayu Bakar

Video Unik Kompor Modern Pakai Kayu Bakar

Apa yang terlintas di benak kalian ketika mendengar ada kompor modern berbahan bakar kayu?

Gansis, kompor sehari-hari yang kita kenal umumnya menggunakan gas yang disalurkan lewat selang dan tabung LPG. Kalau kompor jaman dulu masih menggunakan minyak tanah dan sumbu seperti lampu-lampu tempel. Lantas, bagaimana jika sebuah kompor modern tidak menggunakan gas sebagai bahan bakar utamanya? Contohnya seperti video ini :




Dalam video tersebut, kompor terdiri dari dua susun. Pada bagian bawah terdapat sebuah kotak tempat menyimpan kayu bakar. Di atasnya ada sebuah lubang tempat menaruh panci atau wajan. Konsepnya mirip seperti pawon pada jaman dulu, di mana api dari kayu yang dibakar akan menyembul dari dua lubang yang berbeda, depan dan belakang. Jadi dua lubang tersebut bisa digunakan secara bersamaan.

Hanya saja, bedanya pada kompor ini adalah lubang kedua yang terletak di sebelahnya dibuat sedikit lebih tinggi, jadi tidak menyulitkan pengguna yang terbiasa memasak berdiri. Unik, kan, Gansis?

Melihat kompor unik ini mengingatkanku pada setrika jaman dulu. Di mana semasa belum ada listrik, orang-orang menggunakan bara dari arang sebagai bahan pemanas setrika. Seperti penampakan di bawah ini :

Video Unik Kompor Modern Pakai Kayu Bakar


Sebenarnya, Gansis, penggunaan kompor berbahan bakar kayu ini ada manfaatnya juga. Paling tidak bisa mengurangi penggunaan gas LPG yang harganya kian naik. Pun bisa mengurangi resiko terjadinya ledakan tabung LPG.

Namun, Gansis, tampaknya kompor ini kurang efisien ya. Selain menambah polusi asap, pengguna juga harus membersihkan kembali abu sisa-sisa pembakaran. Lagi pula, kayu bakar jaman sekarang sulit dicari, terutama yang tinggal di perkotaan.

Jika dijual mungkin pembelinya adalah para konsumen yang lebih mengutamakan sisi keunikannya, alih-alih tingkat efisiensinya. Bagi Gansis yang tidak mau ribet, sepertinya kompor elpiji masih menjadi pilihan yang tepat. Meskipun harga gas mahal, dan resiko ledakan tabungnya tinggi, kalian bisa mengatasinya dengan berhemat dan berhati-hati dalam menggunakannya.

Lagi pula, menurutku, kemunculan kompor unik ini tidak menunjukkan adanya kemajuan, tapi justeru semacam kemunduran jaman. Benar tidak menurut kalian?
Diubah oleh YenieSue0101
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 3
meh Video Unik Kompor Modern Pakai Kayu Bakar
Quote:


emoticon-Ngacir2emoticon-Ngacir2
Modern cuma sebatas bentuknya aja.. emoticon-Cape d...
Kalo mau modern, bahan bakarnya dari keringet/ pipis manusia dong... Hih...emoticon-Traveller
Quote:


Coba bikin lah 😅😅
Balasan post YenieSue0101
Quote:


Lah kok.. emoticon-Bingung
Ahsudahlah... emoticon-Traveller
Lupa toh, habis post header thread, post pertama komentarai sendiri. Itu nanti gunakan untuk indeks Link. Jadi mudah cari postingan serupa berikutnya.
Quote:


emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
Quote:


Maksudnya nyambungin thread gitu? Ini postingan pertama.

Aku kok gagal paham ya? 🤔
Sepertinya malah makin ribet ya.
Kenapa ga make gas aja
Quote:


Iya. Gak efisien. Nyari kayu juga susah jaman sekarang
Quote:


Namanya juga inovasi baru. Siapa tau gas hampir punah, hhh
menurut ane sih bukan soal maju atau mundurnya jaman, tapi sisi efisiennya bagi sebagian kalangan masyarakat.
misalnya di pedesaan, yg ane lihat rumah segede apapun pasti make kompor bahan bakar kayu apalagi yg dekat dengan pegunungan, mereka masih mengandalkan air dari gunung untuk dikonsumsi jadi mereka akan lebih memilih menggunakan kompor kayu untuk memasaknya karena lebih cepat masak dan hemat bahan bakar, lagipula mereka seringnya memasak air dalam jumlah banyak jadi akan sangat lama dan boros jika menggunakan kompor gas.

jadi ane kira jika diproduksi dalam jumlah banyak dan sesuai dengan target di kalangan yg tepat pasti banyak yg minat., emoticon-Big Grin
Quote:


Wah, jiwa bisnisnya jalan ini. Cerdas! emoticon-Jempol
emoticon-Ngacir2 emoticon-Ngacir2
jadi hemat uang, buat orang takut2 pasang kompor gas emoticon-Ngakak
Diubah oleh warrysangru2
Quote:


Cocok dehemoticon-Recommended Seller
Balasan post prasetia13
Udah ada deh, dari kotoran manusia dijadiin gas buat nyalain kompor emoticon-Embarrassment
Iya bener sis
Quote:


Benarkah? Wah aku gak tau emoticon-Matabelo
Quote:


Makasih, udah mampir, Bunda Erina 😊😊
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di