alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
Stop Jadi Ember, Segera Lakukan 6 Hal Ini Bila Kamu Senang Bergosip!
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c8d070efacb9513224ced65/stop-jadi-ember-segera-lakukan-6-hal-ini-bila-kamu-senang-bergosip

Stop Jadi Ember, Segera Lakukan 6 Hal Ini Bila Kamu Senang Bergosip!

Stop Jadi Ember, Segera Lakukan 6 Hal Ini Bila Kamu Senang Bergosip!

Tidak bisa dipungkiri, bergosip adalah salah satu kebiasaan negatif yang terasa menyenangkan untuk dilakukan. Kehidupan pribadi dan aib kenalan atau figur publik selalu jadi sesuatu yang menarik untuk disimak dan dibahas.

Bila kamu termasuk orang yang senang bergosip, sebaiknya kamu perlu mengurangi kebiasaan buruk satu ini. Selain tidak bermanfaat, membicarakan kekurangan orang lain untuk kesenangan pribadi bisa mencoreng reputasimu. Nah, sebelum kamu terlalu menikmati gosip, lakukan 6 hal ini untuk mencegahnya, ya!


1. Hindari pembicaraan yang mengarah pada gosip
Stop Jadi Ember, Segera Lakukan 6 Hal Ini Bila Kamu Senang Bergosip!
Satu cara ampuh untuk tidak ikut bergosip adalah berhenti mendengarkan saat kamu menyaksikan sekelompok temanmu mulai membicarakan hal buruk tentang orang lain. Godaan untuk terlibat dalam percakapan itu pasti ada, tapi ingat kalau tidak ikut bergosip adalah pilihan yang terbaik.

Bila terjebak dalam pembicaraan seperti ini, kamu bisa mengatakan dengan sopan bahwa kamu tidak tahu. Kamu juga bisa coba dengan mengalihkan pembicaraan ke hal lain yang lebih positif. Diam dan pura-pura tidak mendengar juga bisa kamu lakukan.


2. Koreksi diri, bergosip tidak cuma buruk untuk dirimu tapi juga orang lain
Stop Jadi Ember, Segera Lakukan 6 Hal Ini Bila Kamu Senang Bergosip!
Ingat, menyebar drama dan aib orang lain tidak akan membuatmu jadi berprestasi. Orang-orang mungkin akan tertarik dengan ceritamu, tapi di sisi lain kamu juga akan membangun reputasi buruk bagi dirimu sendiri. 

Perlahan-lahan, mereka yang senang bergosip akan dihindari dan dijauhi. Siapa sih yang mau aibnya diketahui orang lain dan disebarkan? Jadi, sebelum kamu menyebar aib orang lain, pikirkan dulu akibat buruknya untuk dirimu dan orang yang kamu bicarakan. 


3. Sebelum menyebar rumor, pikirkan bila itu dirimu
Stop Jadi Ember, Segera Lakukan 6 Hal Ini Bila Kamu Senang Bergosip!
Sebelum menyebar rumor yang belum tentu benar, coba refleksikan dirimu ke dalam sepatu orang tersebut. Bila kamu ada di posisi dia, apakah kamu bersedia aibmu disebarkan dan diketahui orang lain?

Tidak ada yang merasa senang bila rumor buruk tentang dirinya tersebar luas. Apalagi bila rumor itu tidak benar dan tidak sesuai dengan kenyataan. Duh, pikir lagi deh, sebelum gosipin orang lain! Siapa tahu yang akan kamu bicarakan itu tidak benar.


4. Detoks media sosial, ikuti konten yang positif saja
Stop Jadi Ember, Segera Lakukan 6 Hal Ini Bila Kamu Senang Bergosip!
Di era digital ini, gosip bisa kamu temukan di mana saja semudah membalik telapak tangan. Terbiasa mengonsumsi konten gosip di media sosial secara tidak sadar bikin kamu jadi senang bergosip. Mengulik kehidupan pribadi dan keburukan orang lain pun jadi kebiasaan yang sulit kamu hindari.

Bila kamu mengalami hal ini, mulai detoks media sosial saat ini juga sebelum ikut tertular menyebarkan gosip. Ikuti akun-akun yang meng-upload konten positif dan bermanfaat lalu sebarkan pada teman-temanmu. Konten positif lebih baik kan, daripada kehidupan pribadi orang lain yang tak ada faedahnya?


5. Biasakan berprasangka baik pada orang lain
Stop Jadi Ember, Segera Lakukan 6 Hal Ini Bila Kamu Senang Bergosip!
Gosip bisa menyebar karena kecenderungan manusia untuk merasa senang saat mengetahui kekurangan dan aib orang lain. Secara tidak sadar, kita pun jadi mudah percaya pada gosip tanpa menyaring atau memastikan kebenaran rumor yang beredar.

Sebelum jadi terlalu excited dan ikut menyebarkan rumor negatif, coba deh untuk berprasangka baik terlebih dulu. Seringkali gosip yang beredar sudah dibumbui dengan cerita tambahan yang bisa jadi tidak sesuai dengan kenyataan. Jadi, daripada kamu ikut jadi mulut ember, coba untuk tidak menarik kesimpulan tanpa konfirmasi terlebih dahulu. 


6. Berhenti membandingkan kehidupan kita dengan orang lain
Stop Jadi Ember, Segera Lakukan 6 Hal Ini Bila Kamu Senang Bergosip!
Salah satu hal yang paling sulit adalah tidak membandingkan kehidupan dengan orang lain terutama kalau kamu mudah merasa iri. Saat rasa iri muncul, keinginan untuk bergosip dan menyebarkan rumor buruk tentang orang lain akan lebih kuat. 

Bila dorongan buruk seperti itu muncul, cepat-cepat ingatkan diri sendiri kalau semua orang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Semua hal baik dan hebat yang kamu lihat dari luar belum tentu didapatkan tanpa kesulitan. Jadi, fokus saja pada kehidupan dan cita-citamu tanpa membandingkan dengan orang lain, ya!

Bergosip itu tidak bermanfaat dan bisa merugikan banyak orang. Berusaha mengurangi bahkan menghindari jauh-jauh kebiasaan buruk ini akan menjadikanmu pribadi yang lebih baik dan bisa dipercaya. Jadi, mulai sekarang kurangi bergosip dengan 6 tindakan di atas, ya!


Sumber : https://www.idntimes.com/life/inspir...mpaign=network

---

Baca Juga :

- Stop Jadi Ember, Segera Lakukan 6 Hal Ini Bila Kamu Senang Bergosip! 5 Tanda Kamu Adalah Orang yang Gak Berperasaan, Waspada ya!

- Stop Jadi Ember, Segera Lakukan 6 Hal Ini Bila Kamu Senang Bergosip! 5 Cara Introspeksi Diri Buat Kamu yang Sering Khilaf 

- Stop Jadi Ember, Segera Lakukan 6 Hal Ini Bila Kamu Senang Bergosip! Tanpa Disadari, 7 Perbuatan Ini Bisa Merusak Citra Positif pada Dirimu

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di