alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Harus Bayar Rp5.366 Triliun, Bunga Utang RI Tertinggi di ASEAN
5 stars - based on 3 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c8d066210d29570e61d717b/harus-bayar-rp5366-triliun-bunga-utang-ri-tertinggi-di-asean

Harus Bayar Rp5.366 Triliun, Bunga Utang RI Tertinggi di ASEAN

Porsi utang yang terus meningkat diyakini bakal menjadi beban bagi Indonesia, terlebih lagi menurut Ekonom Indef Bhima Yudisthira bahwa bunga utang RI merupakan yang tertinggi se-Asia Pasifik. Sebelumnya Bank Indonesia (BI) mencatat, posisi utang luar negeri (ULN) Indonesia pada akhir Januari 2019 sebesar USD383,3 miliar sekitar setara dengan Rp5.366,2 triliun (kurs Rp14.000/USD). 

"Beban bunga utang membuat fiskal menyempit. Disaat yang bersamaan rasio pajak Indonesia hanya 11,5% terendah dibanding negara ASEAN lainnya," ujar Bhima saat dihubungi SINDOnews di Jakarta, Sabtu (16/3/2019). 

Peningkatan utang luar negeri Indonesia terdiri dari utang pemerintah dan bank sentral mencapai sebesar USD190,2 miliar serta utang swasta termasuk Badan Usaha Milik Negara (BUMN) hingga USD193,1 miliar. Akibat peningkatan tersebut, sambung Bhima menilai beberapa proyek infrastruktur yang tengah digarap bakal terhambat. 

Hal itu dikarenakan pemerintah Indonesia harus membayar utang yang mencapai Rp5.366 triliun. "Kenaikan nominal utang maupun bunganya bisa membuat proyek infrastruktur pemerintah terhambat. Kecuali diserahkan ke BUMN dan kerjasama bersama swasta," katanya



Kendati demikian, dia menegaskan Indonesia diyakini bisa membayar utang karena tidak memiliki sejarah gagal bayar utang. "Indonesia tidak punya sejarah gagal bayar utang jadi kemungkinan tidak mampu membayar utang kecil," tegasnya. 

Sebagai informasi berdasarkan data Asian Bonds Online, Indonesia adalah negara mempunyai tingkat bunga utang sebesar 8,12%. Sementara bunga utang Filipina 6,47%, Vietnam 4,88%, Malaysia sebesar 4,07%, Thailand 2,27%, dan Singapura 2,21% atau terendah di ASEAN.


https://ekbis.sindonews.com/read/138...ean-1552733838

Layak dpt rekor muri..
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 4
Harus Bayar Rp5.366 Triliun, Bunga Utang RI Tertinggi di ASEAN
Yg jelas dan PASTI,
WOWOK BUKAN SOLUSI emoticon-Big Grin
trus gw musti pilih 02 gitu?? emoticon-Big Grin
tinggal panggil programmer dua minggu pasti beres... (bikin aplikasi penghitung bunga utang berbasis android)
Tenang negara kita terkaya di ASEAN uangnya ada tinggal bayar aja emoticon-Cool
ikut puas bisa mengalahkan singapore terutama malay walau soal menang dalam bunga utangemoticon-Ultah
yang minjemin utang aja gak koar2 kaya lu kampret..






























udah mirip cebong belom emoticon-Leh Uga
Gua cuman berpikir ya, PDIP serta partai lain selaku petahana ambil pilihan yang berani dengan mengambil utang jor2an dengan dalih rasionya aman terhadap PDB(sekarang udah 36%), nah gue berpikir adakah perasaan risau dan bete partai oposisi belum sempat melakukan hal yang sama yaitu saat jadi penguasa mengambil kebijakan tersebut. Sejarah juga menuliskan bahwasanya di era pemerintahan Jokowi dengan PDIP selaku partai pengusung yang memprekarsai pilihan berhutang yang besar tersebuf.

Jadi, ini baik buruknya tetep kita tanggung bersama juga mau oposisi atau petahana dan juga kita selaku rakyat hehehe.

Btw itu bunga utangnya besar ya menurut artikel.
Diubah oleh floriantito
Kendati demikian, dia menegaskan Indonesia diyakini bisa membayar utang karena tidak memiliki sejarah gagal bayar utang. "Indonesia tidak punya sejarah gagal bayar utang jadi kemungkinan tidak mampu membayar utang kecil," tegasnya.


Beda sama sebelah....udah punya sejarah ndak bisa gaji karyawannya emoticon-Big Grin
Terus wowok bakal jadi pleciden gitu?

Ngimpi

Ngoahaha

emoticon-Ngakak
Itu buruk tapi yg lebih buruk kl kelompok bukan pendukung Pancasila yg sok menguasai negara
Quote:


digaji kok gan






















kalo ntar jadi presidenemoticon-Leh Uga
bayarnya pake apbn

nasionalis sendiri aja deh


right or wrong is my country

monggo yang mau migrasi ke luar negeri
ane dah cape idup di luar negeri, mending di negri sendiri. cuma punya kaus atu aja bisa hidup.
makan nasi tempe ama sambel dah mewah banget.

kasihan buat mereka yang engga bangga berpasport INDONESIA emoticon-2 Jempol
trus solusinya capres yang banyak utang dan ga sanggup bayar gaji karyawan?
mampu bayar ga??
klo masih mampu ya ndak popo
Syukurlah
Balasan post pgcililitan
Kalah donk ama 7jt onta idiot mkn nasi bungkus ikan ayam loh.
Tenang saja uangnya ada. Tinggal kita mau utang apa ngga. Kerja saja.

Quote:


Bayar bunganya saja musti ngutang lagi menurut agan itu berarti bisa bayar atau tdk??
Diubah oleh kodok.jingga
yg jelas gw gak milih wowo emoticon-Traveller
Itu bunganya berapa yah setahun? Di artikel gak ada disebutin?

Oh ada ternyata 8.12% setahun, sekitar 430T bunganya doang setahun. Trus kapan nyicil pokok nya itu? APBN aja 2000T setahun (itupun hasil ngutang pula) hampir 25% nya cuman buat bayar bunga utang?

Keknya bisa jadi beneran 2030 bubar
Diubah oleh maya.asar
Halaman 1 dari 4


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di