alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Jejak Benny Moerdani, Habibie, dan Prabowo dalam Pembredelan Tempo
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c8cd2f910d29554821b239e/jejak-benny-moerdani-habibie-dan-prabowo-dalam-pembredelan-tempo

Jejak Benny Moerdani, Habibie, dan Prabowo dalam Pembredelan Tempo

Penguasa Orde Baru membredel majalah Tempo pada 21 Juni 1994. Apa sebab sesungguhnya? Betulkah semuanya gara-gara Menteri Riset dan Teknologi  (Menristek) Bacharuddin Jusuf Habibie? Waktu itu laporan utama majalah terkemuka tersebut ihwal pembelian 39 kapal perang bekas dari Jerman Timur. Intinya, sudah mahal (US$480 juta; turun dari US$760 juta), mutunya rendah sehingga ada yang nyaris tenggelam dalam pelayaran menuju Indonesia.   

Tan Malaka: Kalau Bertemu Tuhan Saya akan Mengaku Islam


Isu yang berkembang tak lama setelah bredel terjadi adalah: Pak BJ Habibie berang akibat berita miring Tempo.  Ia lantas mengadu ke patron yang sangat mengasihi dan memanjakannya, Presiden Soeharto. Melihat kegundahan ahli konstruksi pesawat yang beroleh doktor dari Universitas Aachen, Jerman, kepala negara bertindak. Ia menyuruh Menteri Penerangan Harmoko memberangus Tempo, berikut Editor dan DeTIK.    

Dunia Pergerakan, Bir, dan Proyek Misterius

Di paruh pertama 1990-an itu pendulum politik telah bergeser. Presiden Soeharto semakin memberi tempat ke kelompok Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI, berdiri pada 7 Desember 1990) dan para jenderal ‘hijau’ pendukung organisasi ini (Panglima ABRI Feisal Tanjung;  Kassospol ABRI yang sejak 1995 menjadi Kepala Staf Angkatan Darat, Raden Hartono; Kepala Pusat Penerangan ABRI, Syarwan Hamid; dan yang lain).

Saat Megawati Kecewa dengan Perempuan Indonesia



Pada sisi lain, kubu ‘merah-putih’-nya Jenderal Benny Moerdani kian tersisih. Di sana ada Try Soetrisno, Edi Sudradjat, Sintong Panjaitan, Theo Syafei, Sahala Rajagukguk, dan yang lain. Luhut Binsar Panjaitan yang masih perwira menengah, menjadi bagian dari mereka.
Sebagai penentang keras Leonardus Boenyamin Moerdani (Benny Moerdani), Komandan Grup 3 Kopassus (Cijantung) Letkol Prabowo Subianto yang merupakan menantu Jend. (Pur) Soeharto menjadi bagian penting dari ABRI ‘hijau’.   


Baca Selanjutnya di Artikel Jejak Benny Moerdani, Habibie, dan Prabowo dalam Pembredelan Tempo


Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Trit kentang......
Hilih kintil.
Pos disini napa emoticon-fuck2
apahan si emoticon-Embarrassment


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di