alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Sunyi di Timur Tengah, ISIS Berdenyut Kencang di Filipina
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c8ccd5bc0cad7741a7eb0c9/sunyi-di-timur-tengah-isis-berdenyut-kencang-di-filipina

Sunyi di Timur Tengah, ISIS Berdenyut Kencang di Filipina

Sunyi di Timur Tengah, ISIS Berdenyut Kencang di Filipina
Sunyi di Timur Tengah, ISIS Berdenyut Kencang di Filipina
Ledakan di Gereja Filipina.


Merdeka.com - Di seberang kepulauan Filipina selatan, bendera hitam ISIS berkibar. Kelompok teroris menganggap wilayah itu sebagai Provinsi Asia Timur. Para lelaki di hutan, yang berjarak dua samudera dari tempat kelahiran ISIS yang gersang, membawa kelompok mereka ke dalam pertempuran baru.

Ketika para jemaat berkumpul pada bulan Januari untuk Misa Minggu di sebuah katedral Katolik, dua bom menghancurkan halaman gereja, menewaskan 23 orang. ISIS mengklaim sepasang pelaku bom bunuh diri bagian dari kelompok mereka.

Beberapa hari kemudian, sebuah ilustrasi beredar dalam grup obrolan ISIS, memperlihatkan Presiden Filipina, Rodrigo Duterte berlutut di atas tumpukan tengkorak dan seorang militan berdiri di atasnya dengan belati. Tulisan pada gambar tersebut berbunyi seperti sebuah peringatan: "Pertempuran baru saja dimulai."

Wilayah ISIS, yang dulu seluas Inggris, telah menyusut setelah empat tahun perang yang didukung Amerika dan pertempuran darat oleh para pejuang milisi Kurdi dan Syiah. Yang tersisa adalah sebuah desa kecil di Suriah tenggara yang bisa hancur kapan saja.

Denyut gerakan kelompok ini justru berkembang di tempat lain. Pulau Mindanao, Filipina Selatan, telah lama menjadi surga bagi para pemberontak karena hutan belantara yang lebat dan pengawasan yang lemah. ISIS menarik sejumlah jihadis militan. Demikian dilansir dari laman The New York Times, Selasa (12/3).

"ISIS memiliki banyak kekuatan," kata Motondan Indama, seorang mantan pejuang anak di pulau Basilan dan sepupu dari Furuji Indama, seorang pemimpin militan yang telah berjanji setia kepada ISIS. "Saya tidak tahu kenapa sepupu saya bergabung, tetapi itu terjadi di mana-mana."

Kelompok ini pertama kali sangat mendorong perekrutan di Filipina selatan pada tahun 2016. Mereka menyebarkan video sebagai isyarat kepada militan yang tidak bisa berangkat ke Irak dan Suriah. Dari situ, kata pejabat intelijen, ratusan pejuang berdatangan dari Chechnya, Somalia dan Yaman.

Tahun berikutnya, gerilyawan yang berjanji setia kepada ISIS mengambil alih kota Marawi di Mindanao. Pada saat tentara menang lima bulan kemudian, kota berpenduduk mayoritas Muslim terbesar di negara itu hancur lebur. Setidaknya 900 pemberontak tewas, termasuk pejuang asing dan Isnilon Hapilon, pimpinan ISIS Asia Timur.

Duterte menyatakan kemenangan atas ISIS. Tetapi tampaknya tidak menghalangi loyalis kelompok ini untuk berkumpul kembali.

"ISIS memiliki dana dan mereka merekrut pejuang," kata Rommel Banlaoi, ketua Lembaga Penelitian Perdamaian, Kekerasan dan Terorisme Filipina. "ISIS adalah masalah yang paling rumit dan berkembang di Filipina saat ini, dan kita tidak boleh berpura-pura bahwa mereka tidak ada karena kita tidak ingin itu ada," jelasnya.

Sejak pengeboman katedral 27 Januari di pulau Jolo, militer Filipina melakukan serangan udara dan menyiagakan 10.000 tentara di Jolo. Demikian disampaikan Kolonel Gerry Besana, juru bicara komando militer regional di kota Zamboanga.

Pesawat pengintai Amerika memantau kepulauan Filipina selatan, tempat minoritas Muslim negara terkonsentrasi dan pemberontakan lokal telah lama memerangi negara mayoritas Kristen itu.

Namun bahkan ketika serangan militer meningkat, pemerintah tak mengakui Filipina berada dalam arus global ekstremisme Islam. Para pejabat tinggi meremehkan insiden dimana ISIS telah mengirim pejuang asing ke Filipina dan mendanai mereka melakukan serangan mematikan. Bagi mereka itu hanyalah permasalahan antar klan Muslim, atau bandit biasa.

Sepekan setelah pemboman katedral Jolo, polisi menyatakan kasus tersebut diselesaikan, menyalahkan kelompok militan lokal, Abu Sayyaf, dengan sedikit pengakuan tentang berapa banyak pemberontak yang bermitra dengan ISIS.

Sumber:merdeka.com
Waspada Indonesia! Posisi musuh amat dekatlah! Sekali pemilu ini gagal atau rusuh, masuklah isis babi radikal tikusgot ke nkri, sementara tentara sibuk pengamanan, papua lepas spt timtim.
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
subannalloh emoticon-EEK!

Pindah markas...

emoticon-Takut
TS baru keluar dr goa??
isis udah lama masuk kaleee...tanya aja si chep konco nya si wowo
Jangan sampai berkembang di sini
makin deket nih ke indonesia
hancurkan
pembuatnya sdh punya acara lain di Timteng....dan ISIS dinilai tdk cocok dengan acara baru itu

makanya dilepehin (modus pembibiknnya kan gitu).

Yg di Timteng dihabisin...lalu koar-koar tuh ISIS sdh tamat (berlagak kayak hero)
iya.....yg di Timteng sdh tamat. Lalu, bgmn kader ISIS yg sdh menyebar kemana-mana ? ya urusan pejabat negara setempat lah. Nah, kalo negara tsb minta bantuan, si pembuat tinggal bikin negosiasi (yg tentunya menguntungkan si pembuat)

Diubah oleh pekathik
ud ada kali di indo simpatisannya... biasanya sih nasbungtod garis keras tuh
Balasan post pembela.tuhan
Quote:


Ya klo real askar isis jumlahnya gak sebanyak yg di the pinoy gan! Tapi klo bicara jumlah simpatisan ya jelas kacungkampret org2nya dan jumlahnya lebih besar dari pinoy, maennnya softpower, klo frontal pake harfpower habis mereka dihajar tni, mrk nunggu bisa menguasai perpolitikan aja.
Diubah oleh i71lm4c4n
tinggal tunggu nih paman sam sama om putin turunin pasukannya di filipina, kalo duterte ga sanggup nanganin

btw keknya ada pangkalan laut as di filipina deh...
Balasan post ngombendangak
Quote:


emang bener udah berkembang, tapi mereka belum berkumpul dan menemukan momentum emoticon-Malu
Semoga hingga mati mereka tak menemukan momentum itu emoticon-army

Indonesia bisa saja seperti di Filliphin bahkan Suriah-Irak, tapi untungnya disini senjata api tak sebebas di negara2 blangsak tersebut sehingga mereka tak bisa maksimalkan kekuatan memberontaknya emoticon-Smilie


Quote:


Quote:


Quote:


udh nge' link ya akhiie MIT poso dgn marawi.. emoticon-Busa emoticon-Frown

Sunyi di Timur Tengah, ISIS Berdenyut Kencang di Filipina
https://news.okezone.com/read/2018/0...jadikan-markas
Quote:


Kemungkinan sangat kecil dan sangat lama..di mari TNI/POLRI nya lumayan cadas lah..jaringan2 kecil yg baru mulai action udah di babat duluan, alhasil yg muncul yg militan nekat, cem 1kluarga di SBY & barusan di sibolga, liat duo capres skrg jg gak ada harapan buat sel2 itu berkembang, wiwi udah kuat dukungan sistem nya, wowo tipe penguasa ordebaru, mana mau dia di setir,
Lucunya kadang justru orang asia/melayu merasa lebih arab dari orang arab. Sunyi di Timur Tengah, ISIS Berdenyut Kencang di Filipina

Contohnya kek tulisan arab dipasang di sendal ngamuk, tulisan arab dipasang di bendera trus benderanya dibakar ngamuk,seumur hidup gak pernah liat langsung orang yahudi pun ikut memusuhi, dan lain-lain.
Diubah oleh donal.duck
Quote:


Bener gan
Mereka masuknya soft
Tinggal gimana kita bersikap aja
Mo tutup mata ntar tiba2 ribut ya monggo
Mo pilih wowo yang dibelakangnya udah jelas orang2 HTI ya monggo
Mo pilih wiwi mesti ngga sempurna ya monggo

Sejak 98, gerakan ini udah mulai masuk ke dalam institusi pemerintahan dan mulai membuat kebijakan
Perguruan tinggi udah mulai banyak dosen2 yang afiliasinya radikal
Ngeri beud isis buka kacab ke asean ..
Semoga intelejen RI dan densus 88 benar2 fokus mengawasi pergerakan ISIS ini,
Dari pinoy nih sekali nyebrang langsung sampai sulawesi kan?
Balasan post indra.irawans
Quote:


belum...
masih ada Sangihe - Talaud, disana udah berjaga2 pasca Marawi (cuma 45nm dr Sangihe tuh Davao), pasukan Marinir sebagai defensif
Tapi sangat sulit juga gak bisa 100% mengamankan mereka merembes masuk ke daratan Sulawesi emoticon-Malu
Quote:


Tau drmn gan?
Pemerintah pernah rilis jumlah?mereka susah dihitung,krn msh blm meledak,dan berbaur+dilindungi sm yg laen
Liat dulu itu video2 baiat di indo,blm lg simpatisan yg mendukung
Quote:


Mungkin dengan ngamuk bisa terlihat pinter...

emoticon-Entahlah
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di