alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
9 Lokasi Syuting KDrama Saeguk yang Penuh Nuansa Sejarah
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c8cb8ebeaab251e0705d9f8/9-lokasi-syuting-kdrama-saeguk-yang-penuh-nuansa-sejarah

9 Lokasi Syuting KDrama Saeguk yang Penuh Nuansa Sejarah

9 Lokasi Syuting KDrama Saeguk yang Penuh Nuansa Sejarah

Istilah Sageuk mengacu pada drama atau film Korea baik itu yang berdasarkan tokoh sejarah, memasukkan peristiwa-peristiwa sejarah, atau yang menggunakan latar belakang sejarah.

Sageuk menjadi salah satu drama yang menarik untuk disimak karena biasanya menawarkan jalan cerita yang kompleks. Jalan cerita yang kompleks tersebut biasanya juga dibarengi dengan adanya kisah-kisah perebutan takhta dan juga percintaan. Ditambah dengan adanya pakaian tradisional Korea hanbok dan adegan pertarungan yang super keren menjadikan Sageuk semakin sayang untuk dilewatkan.

Namun, penasaran gak di manakah drama-drama Sageuk ini difilmkan? Beberapa drama Sageuk biasanya memerlukan detail-detail tertentu, sehingga suatu drama bisa mengambil lebih dari satu lokasi untuk melakukan syuting.

Berikut tempat-tempat yang pernah menjadi lokasi syuting drama Korea Sageuk yang bisa dijadikan destinasi wisatamu ketika berkunjung ke negeri ginseng, Korea Selatan.


1. Korean Folk Village
9 Lokasi Syuting KDrama Saeguk yang Penuh Nuansa Sejarah
Korean Folk Village merupakan museum sejarah luar ruangan yang menunjukkan rupa perkampungan Korea Selatan di masa lampau. Berlokasi di daerah Yongin, museum sejarah luar ruangan ini juga menggambarkan kehidupan orang Korea pada masa dinasti Joseon. Hal ini utamanya dapat dilihat melalui rumah-rumah tradisional (hanok) dan barang-barang rumah tangga tradisional yang terdapat di area tersebut.

Di Korean Folk Village ini, para pengunjung dapat belajar sejarah salah satunya melalui adat/kebiasaan yang dilakukan oleh masyarakat pada musim tertentu. Selain itu, para pengunjung juga dapat menyaksikan pertunjukan nongak (musik petani), seni bela diri dengan menunggang kuda hingga upacara pernikahan tradisional.

Beberapa drama Sageuk yang difilmkan di Korean Folk Village ini seperti ‘Jewel in the Palace’, ‘The Moon that Embraces the Sun’, dan juga ‘Sungkyunkwan Scandal’.


2. Gyeongbokgung Palace
9 Lokasi Syuting KDrama Saeguk yang Penuh Nuansa Sejarah
Istana Gyeongbokgung merupakan istana yang dibangun pada tahun 1395. Istana yang terletak di sebelah utara Kota Seoul ini merupakan istana terbesar dan utama dari dinasti Joseon. Pemerintah Korea Selatan sendiri telah melakukan pembangunan ulang dan perbaikan bangunan istana yang rusak ketika masa pendudukan Jepang.

Selain area istana, para pengunjung juga dapat mengunjungi National Palace Museum of Korea dan National Folk Museum of Korea yang berlokasi di sekitar area istana. Selain Korean Folk Village, Istana Gyeongbokgung juga pernah dijadikan lokasi syuting drama ‘The Moon that Embraces the Sun’ yakni ketika scene di mana Raja Lee Hwon sedang berbincang dengan abdi istana.

Drama fantasi yang menggunakan dua setting waktu masa lampau dan masa kini seperti ‘Rooftop Prince’ dan ‘Queen In Hyun’s Man’ juga pernah melakukan penggambilan gambar di Istana Gyeongbokgung ini.


3. Mungyeongsaejae KBS Drama Studio
9 Lokasi Syuting KDrama Saeguk yang Penuh Nuansa Sejarah
Mungyeong merupakan sebuah kota yang terletak di bagian tenggara Korea Selatan. Kota ini dikenal sebagai tempat wisata dengan pemandangan alam yang indah dan penuh dengan nuansa sejarah. Salah satu tempat wisata yang paling populer di Kota Mungyeong ini adalah Mungyeongsaejae. Mungyeongsaejae merupakan jalur gunung tertinggi di Korea Selatan.

Di Mungyeongsaejae ini terdapat lokasi syuting drama Sageuk terbesar yang dibangun oleh salah satu stasiun penyiaran Korea Selatan, KBS pada tahun 2000. Alasan dibangunnya lokasi syuting di Mungyeongsaejae oleh KBS ini karena medan Joryeongsan dan Juheulsan dianggap mirip dengan Songaksan yang berlokasi di Gaesong, Korea Utara.

Gaesong sendiri dulunya merupakan ibukota kerajaan Goryeo. Drama-drama keren KBS seperti ‘Taejo Wang Geon’, ‘The Dawn Of The Empire’, ‘The Age of Warriors’, dan ‘Dae Jo Yeong’ pernah difilmkan di lokasi ini.


4. Dae Jang Geum Park
9 Lokasi Syuting KDrama Saeguk yang Penuh Nuansa Sejarah
Sama halnya dengan KBS yang memiliki Mungyeongsaejae KBS Drama Studio sebagai set lokasi syuting drama Sageuk-nya, MBC yang juga merupakan salah satu stasiun televisi Korea Selatan juga memiliki Dae Jang Geum Park.

Dae Jang Geum Park atau yang dulunya dikenal dengan sebutan MBC Dramia merupakan lokasi syuting drama Korea Sageuk yang berlokasi di Kota Yongin, Provinsi Gyeonggi. Dibangun pada tahun 2005 lalu, Dae Jang Geum Park ini memiliki fitur bangunan dari era Tiga Kerajaan Korea (Goguryeo, Baekje, Silla), Goryeo, dan Joseon.

Pada set lokasi syuting miliki MBC ini, para pengunjung dapat berjalan melalui gang tempat pasar tradisional, mengelilingi istana, dan juga menjadi raja dan ratu Dinasti Joseon dengan mengenakan baju kerajaan.

Tercatat banyak drama keren keluaran MBC yang melakukan pengambilan gambar di lokasi ini. Beberapa diantaranya seperti 'The Moon that Embraces the Sun', ‘Dong Yi’, 'The Great Queen Seondeok’, ‘The Empress Ki’, dan ‘The Scholar Who Walks the Night’.


5. Jeju Folk Village
9 Lokasi Syuting KDrama Saeguk yang Penuh Nuansa Sejarah
Terletak di Kota Seogwipo, Jeju Folk Village menghadirkan kembali bagaimana pemandangan perkampungan termasuk budaya tradisional dan gaya hidup masyarakat Pulau Jeju di tahun 1890-an.

Di atas lahan yang berukuran lebih dari 4.500 hektar, total 117 rumah dan fasilitas telah dibangun di Jeju Folk Village. Jeju Folk Village juga menghadirkan bagaimana rupa perkampungan pegunungan, perkampungan nelayan, kebun botani, pasar serta bangunan pemerintah lama pada masa itu.

Selain itu, para pengunjung juga dapat menikmati pertunjukan yang digelar di gedung pertunjukan rakyat seperti lagu rakyat, tarian haenyeo, dan tarian topeng yang digelar dua kali dalam sehari. Salah satu drama yang menggunakan Jeju Folk Village sebagai lokasi syuting yakni drama ‘Jewel in the Palace’, tepatnya pada episode 27 sampai 32 terutama saat Jang Geum sedang belajar tentang obat.


6. Baekje Cultural Land
9 Lokasi Syuting KDrama Saeguk yang Penuh Nuansa Sejarah
Baekje Cultural Land dikenal sebagai lokasi syuting drama ‘Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo’ yang dibintangi Lee Jun Ki dan IU dan tayang pada tahun 2016 lalu. Berlokasi di Kabupaten Buyeo, Baekje Cultural Land yang dipenuhi dengan warisan budaya Baekje ini merupakan taman bertemakan sejarah yang terbesar di Korea Selatan.

Di dalam area Baekje Cultural Land ini terdapat Museum Sejarah dan Budaya Baekje dan juga Istana Sabi yang merupakan istana kerajaan di era Baekje. Istana Sabi yang terletak di tengah Benteng Sabiseong ini juga menjadi tempat di mana raja dan rakyat berkumpul.

Selain itu, di Baekje Cultural Land juga terdapat Living Village yang terdiri atas rumah bangsawan, rumah kelas menengah dan rumah kelas bawah yang menunjukkan adanya tingkatan dalam kelas sosial.


7. Ondal Tourist Park
9 Lokasi Syuting KDrama Saeguk yang Penuh Nuansa Sejarah
Selain Baekje Cultural Land, Ondal Tourist Park juga menjadi lokasi syuting drama ‘Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo’. Ondal Tourist Park ini merupakan sebuah kompleks yang terdiri dari berbagai macam fasilitas dan tempat wisata, salah satunya yakni lokasi syuting dari banyak drama dan film populer Korea Selatan. Bahkan para pengunjung juga dapat melihat langsung kostum dan alat lain yang digunakan dalam pembuatan drama atau film.

Selain itu terdapat pula fasilitas dan atraksi lain yang tak kalah menarik seperti area untuk permainan rakyat, penginapan, restoran lokal, toko produk lokal, area piknik hingga gedung pernikahan tradisional.


8. Munheonseowon Confucian Academy
9 Lokasi Syuting KDrama Saeguk yang Penuh Nuansa Sejarah
Munheonseowon Confucian Academy didirikan pada tahun 1594 yang merupakan tahun ke-27 masa pemerintahan Raja Seonjo di pertengahan era Dinasti Joseon. Tujuan dari dibangunnya Munheonseowon Confucian Academy ini adalah untuk menghormati cendikiawan besar pada era dinasti Goryeo.

Berlokasi di daerah Seocheon, Provinsi Chungcheong, Korea Selatan, Munheonseowon Confucian Academy ini berukuran lebih kecil dan tidak banyak diketahui oleh turis seperti halnya istana dan perkampungan tradisional yang terletak di daerah sekitaran Seoul.

Munheonseowon Confucian Academy ini menjadi salah satu lokasi syuting drama yang dibintangi Park Bo Gum dan Kim Yoo Jung, ‘Moonlight Drawn by Clouds’.


9. Jeonjuhyanggyo Confucian School
9 Lokasi Syuting KDrama Saeguk yang Penuh Nuansa Sejarah
Jeonjuhyanggyo Confucian School merupakan sekolah Confucian yang didirikan pada era Dinasti Joseon (1392-1910). Sekolah ini menjadi pusat pendidikan nasional pada era Joseon.

Awalnya, Jeonjuhyanggo Confucian School ini didirikan di situs Gyeonggijeon Shrine. Namun karena adanya invasi Jepang kedua pada tahun 1592, sekolah ini dipindahkan dan dibangun kembali pada tahun 1603 di lokasi sekarang yakni di Wansan-gu, Kota Jeonju, Provinsi Jeolla Utara.

Jeonjuhyanggo Confucian School yang ditetapkan sebagai warisan sejarah No. 379 ini juga menjadi lokasi syuting dari drama Korea populer ‘Sungkyunkwan Scandal’ dan juga ‘Moonlight Drawn by Clouds.

Wah, memang benar-benar keren semua lokasi syutingnya. Kalau kalian pengen berkunjung ke lokasi syuting yang mana nih?


Sumber : https://www.idntimes.com/travel/dest...mpaign=network

---

Baca Juga :

- 9 Lokasi Syuting KDrama Saeguk yang Penuh Nuansa Sejarah Buat Generasi Muda, Ini 7 Pesan dari KDrama The Light in Your Eyes!

- 9 Lokasi Syuting KDrama Saeguk yang Penuh Nuansa Sejarah 8 Drama Korea Ini Ternyata Adaptasi dari Serial Barat

- 9 Lokasi Syuting KDrama Saeguk yang Penuh Nuansa Sejarah KDrama Baru, Ini 7 Fakta Menarik 'Big Issue' yang Harus Kamu Tahu

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di