alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Besar atau Kecil, Korupsi Tetaplah Korupsi!
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c8cabfb337f930da0309622/besar-atau-kecil-korupsi-tetaplah-korupsi

Besar atau Kecil, Korupsi Tetaplah Korupsi!

Besar atau Kecil, Korupsi Tetaplah Korupsi!


Korupsi seolah gak bisa lepas dari kehidupan manusia. Entah itu dalam ukuran besar atau kecil, tindakan korupsi tetaplah korupsi.


Apa sih korupsi itu? Dalam arti yang luas, korupsi adalah penyalahgunaan jabatan atau hal-hal di sekeliling kita cuma untuk keuntungan pribadi.

Nah, kalo ngomongin korupsi, kita mungkin langsung melirik ke KPK, yang sering banget mencyduk oknum-oknum pejabad di pemerintahan negeri kita. Tapi ada satu hal yang mungkin kita gak sadar, kalau beberapa tindakan kecil yang kita lakukan dalam hidup juga termasuk korupsi.

Apa aja yak? emoticon-Roll Eyes (Sarcastic)

Quote:

Di sekolah atau kuliah dulu, atau bahkan buat GanSis yang masih jalanin masa-masa ini, nyontek kayaknya semacem udah dianggap sebagai hal yang biasa-biasa aja ya? Padahal, kegiatan contek-menyontek ini adalah contoh tindakan korupsi kecil.

Ya gimana enggak. Temen udah susah payah belajar, kita yang nyontek malah enak-enakan lewat "jalan pintas" biar dapet nilai bagus.

Quote:

Yak, selain nyontek, buang-buang waktu juga termasuk tindakan korupsi lho, terutama buang-buang waktu buat hal yang gak penting.

Main game, jalan-jalan cuci mata di mall, atau kayak sekedar buka medsos emang seru dan nyenengin. Tapi kalo kegiatan-kegiatan itu udah bikin kita lupa waktu, yang terjadi adalah kita malah akan menunda hal yang sebenarnya penting, atau bahkan mendesak untuk dilakukan.

Quote:

Budayakan antre di mana pun. Karena malas antre itu termasuk ke dalam korupsi kecil lho GanSis!

Sering banget kan kita nemuin tuh oknum-oknum yang asal nyerobot antrean aja. Padahal dengan antre, kita bisa jaga suasana di sekitar tetap kondusif dan gak bikin hak orang lain terampas karena kelakuan kita yang gak tertib saat antre.

Quote:

Siapa nih di sini yang pernah minta damai aja ke polisi pas kena tilang? Selamat, ente udah melakukan tindakan korupsi.

Padahal, ditilang itu udah jelas kalau kesalahannya ada di kita. Mulai dari gak pake sabuk pengaman, gak pake helm, gak nyalain lampu kendaraan, atau gak bawa surat-surat kendaraan. Minta damai termasuk dalam hal sogok-menyogok, dan sogok-menyogok adalah korupsi!

Quote:

"Mas, nanti di bonnya tulis harganya sekian ya," kata Cilok ke tukang fotokopi.

Kembalian hasil fotokopi yang harusnya banyak, malah dibilang sedikit, sisanya diambil buat pribadi. Nah, ini jelas adalah tindakan korupsi kecil yang sering terjadi di sebuah organisasi sekolah atau kampus, bahkan kita pasti pernah ngelakuinnya kan?

Walaupun uang kembaliannya kadang sedikit, bibit koruptor sedang tumbuh di diri kita kalau hal itu terus-menerus kita lakuin.

Quote:

Korupsi gak cuma soal uang, tapi juga ada korupsi waktu. Tanpa kita sadar, korupsi sendiri ada di dekat kita, bahkan sering kita lakuin setiap hari. Korupsi waktu di sini maksudnya adalah gak kerja/kuliah atau telat menghadiri rapat, ngaret kalo diajak ketemuan, dll. Itu semua termasuk korupsi.

Gimana? Banyak banget kan ternyata hal-hal kecil dan sepele yang ternyata adalah tindakan korupsi. Gak usah ngaku-ngaku sebagai "Generasi Anti-Korupsi" dulu kalau korupsi-korupsi kecil di atas masih sering dilakuin.

emoticon-Malu (S) emoticon-Malu (S) emoticon-Malu (S)
Diubah oleh rizamuharram
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
harus didik secara radikal biar ngak korup saat generasi kedepannya
Sekali cantik tetap cantik
Besar atau Kecil, Korupsi Tetaplah Korupsi!Besar atau Kecil, Korupsi Tetaplah Korupsi!
Tapi ada yg bilang gini loh bree...


Besar atau Kecil, Korupsi Tetaplah Korupsi!


€€€---------------€€€--------------emoticon-Ngacir2
dimulai dari yang kecil yaa
bener bgt


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di