alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Era Digitalisasi Dorong Pemberdayaan Ekonomi Umat
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c8c54a5c342bb7b5b2aa22f/era-digitalisasi-dorong-pemberdayaan-ekonomi-umat

Era Digitalisasi Dorong Pemberdayaan Ekonomi Umat

Era Digitalisasi Dorong Pemberdayaan Ekonomi Umat
Kemajuan Ekonomi Digital Harus Dimanfaatkan Untuk Mendorong Pemberdayaan Ekonomi Umat

Dalam usaha memberdayakan kelompok wirausaha dan pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dalam ekosistem digital, serta pengembangan industri financial technology (fintech) syariah, kemajuan ekonomi digital harus dimanfaatkan untuk mendorong pemberdayaan ekonomi umat.

Ketua Dewan Pembina Master C19 Portal KMA, Gus Syauqi dalam diskusi publik ‘Pemberdayaan Ekonomi Umat dalam Era Ekonomi Digital’ di Jakarta mengatakan, keterbukaan ekonomi akan mendorong kolaborasi antara pelaku ekonomi kecil dan industri besar.

“Keterbukaan ekonomi dalam era ekonomi digital akan mendorong kolaborasi antara pelaku ekonomi kecil dan industri besar sehingga tercipta efek trickle down yang dapat mendorong terciptanya ekonomi berkeadilan. Konsep tersebut sesuai dengan pemikiran K.H. Ma’aruf Amin tentang Arus Baru Ekonomi,” ujar Gus Syauqi , Selasa (12/3).

Syauqi menambahkan, pemberdayaan ekonomi umat setara dengan pemberdayaan ekonomi kerakyatan, harus dibangun dengan prinsip keseimbangan yakni menguatkan yang lemah tanpa melemahkan yang kuat.

Untuk itu dibutuhkan sinergi antar semua pihak, baik usaha kecil, usaha besar dan pemerintah, yaitu dengan membangun konsep kemitraan antara kelompok usaha kecil dengan usaha besar dan termediasi oleh masyarakat dan disponsori oleh pemerintah. Ini akan menjadi kesimbungan ekonomi yang dinamis.

Para pemangku kepentingan harus dapat menangkap peluang dalam era digitalisasi seperti saat ini untuk pemberdayaan ekonomi umat. Dikatakan Hamdan Hamedan, mereka harus bisa menangkap trend dan perilaku penggunaan smartphone di Indonesia, mengupayakan nudging dalam membantu membentuk kebiasaan islami dan memberdayakan umat Islam dari segi religi, edukasi dan ekonomi.

“Dalam hal ini pemberdayaan santri menjadi urgensi, karena ada sekitar empat juta santri di Indonesia ditambah purna santri yang angkanya meningkat berpuluh-puluh kali lipat, namun secara umum mereka belum tergali untuk menerapkan pemberdayaan ekonomi umat,” kata Hamdan.

Akademisi dari Universitas Indonesia, Beginda Pakpahan juga mengatakan tantangan dari digitalisasi ekonomi di Indonesia adalah sumber daya manusia, regulasi, pelaksanaan di lapangan, infrastruktur komunikasi, teknologi, dan ekonomi syariah. Menurutnya, masih terlalu banyak instansi pemerintah yang terlibat dalam mengatur digitalisasi ekonomi di Indonesia.

“Pemerintah harus mempertimbangkan kemungkinan untuk membentuk lembaga tersendiri yang bertugas melakukan pengaturan digitalisasi sektor ekonomi di Indonesia,” katanya.


Sumber Berita : http://www.tribunnews.com/bisnis/201...n-ekonomi-umat 

hayuk semangat pak kyai, untuk kemaslahatan umamt kedepan...
emoticon-Salamanemoticon-Salamanemoticon-Salaman
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Ya pada intinya pelaku usaha bisnis, baik skala kecil, menengah hingga besar harus mampu berinovasi, kreatif, bisa membaca trend dan berani mengambil resiko agar dapat menciptakan 'pasar'. Ngga harus syariah-syariah koq
jokowi bangga banggain unicorn lah, era digital lah
tapi kalo daya beli masyarakat turun kek skarang, percuma juga
Quote:


Ini sama seperti hutang kesana kesini membangun infrastruktur jalan tol tapi nggak ada masyarakat yg mau lewat jalan tol tersebut.. emoticon-Big Grin

Sungguh hutang dan kerja keras yg mubazir..emoticon-Big Grin
Sungguh pemimpin tanpa pertimbangan..

Kemudian pertanyaan terakhir, siapa yg mau membayar hutang si Mukidi itu karena program2nya tidak tepat sasaran dan minim pertimbangan itu..emoticon-Big Grin
Rakyat banyaklah yg dirugikan disini..
Balasan post northvidelia
menjadi presiden memang hak semua orang, termasuk tukang kayu
masalahnya gak semua orang cocok jadi presiden
masing2 udah ada kasta nya, tempat nya masing2, porsinya masing2
kalo dipaksakan dilanggar, yah begini hasilnya
dulu kita terpesona ngeliat capres yg tampangnya, kelakuan nya, penampilannya, ndeso nya, sama kek orang2 dekat sekitar kita, makanya pada milih dia, pada penasaran pengen tahu rasanya dipimpin sosok yg gak beda jauh sama tetangga nya sendiri
rasa penasaran itu kini harus dibayar mahal oleh rakyat indonesia
Alhamdulillah
kuontol umat sendiri terus di urusin,
diluar umat hanya di anggap binatang yg paling rendah dan mahluk najis sesuai ajaran agamanya emoticon-2 Jempol


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di