alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Korupsi,Diberantas Atau Terbelenggu Di Dalamnya
5 stars - based on 7 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c8c4def9775135cab1c668c/korupsidiberantas-atau-terbelenggu-di-dalamnya

Korupsi,Diberantas Atau Terbelenggu Di Dalamnya

Korupsi,Diberantas Atau Terbelenggu Di Dalamnya
Quote:

Korupsi,entah kenapa hal yang sangat hina ini dijadikan hobi oleh sebagian pihak.Yang namanya hobi,kalau tak dikerjakan bagaimana?kurang pas lah.
Dalam skala nasional,entah berapa triliun kerugian negara dalam satu tahun akibat orang yang punya "hobi" busuk ini.
Dalam skala dibawah tingkatan nasional,kita perlu sedikit ulas dan kita mulai dari siapa?dari kita sendiri.
Hobi korup itu dimulai dari siapa sih?dari kita,karena hal-hal kecil yang kita lakukan secara berulang-ulang sejak dini akan menjadi kebiasaan nanti di masa depan.
Quote:

Kira-kira begitu ilustrasinya,setiap hal buruk walau kecil sekalipun akan menjadi besar dan menjadi kebiasaan di masa depan,dan inilah bibit korupsi.Sebaiknya tindakan-tindakan yang akan berpotensi melahirkan bibit korupsi dihindarkan.Lalu bagaimana sih cara ampuh untuk menghindari praktek korupsi?JUJUR!,itu jawabannya.
Setelah membicarakan diri kita sendiri,saatnya kita bicarakan skala yang lebih luas,tingkat nasional.
Spoiler for ICW:


Data di atas adalah data yang dirilis oleh ICW (Indonesia Corruption Watch),di tahun lalu tercatat hampir 500-an kasus korupsi dengan total kerugian negara Rp 5,6 triliun yang dengan duit segitu negara bisa membangun ratusan kilometer jalan dengan kualitas bagus,namun sayangnya duit tersebut disalahgunakan.
Spoiler for ICW:

Di atas siapa yang bisa kita apresiasi?saya kira semua tahu siapa yang harus diapresiasi.
Harus diakui,pemerintah baik itu dari KPK,POLRI dan pihak lainnya telah melakukan hal yang sangat progresif tahun demi tahun dalam hal memberantas korupsi.
Walau pihak terkait gemar melakukan pemberantasan,ada saja yang masih korup,entah apa motivasi-nya,saya heran.Yang jelas satu hal,"kurang tegas" nya hukum.


Spoiler for ICW:

Untuk melancarkan aksinya pun mereka melakukan berbagai cara,layaknya bandar narkoba,mereka akan membuat siasat agar potensi ketahuan itu kecil.Dan yang paling marak dilakukan ya penggelembungan anggaran alias mark-up.
Entah yang itu mark-up ratusan ribu hingga milyaran,yang jelas negara telah rugi setengah triliun lebih gara-gara orang yang hobi mark-up,busuk memang.Maling uang rakyat,ya harus dikeroyok dengan pasal yang berlapis-lapis,kalau bisa mati aja dah,buat apa dia hidup untuk "menyiksa" jutaan orang.Hmmm,ini yang susah diterapkan,entah ada berapa puluh faktor yang membuat hukuman mati itu tak bisa diterapkan,entah.
Spoiler for ICW:

Dapat dilihat di gambar,seberapa rentan daerah terhadap yang namanya hobi busuk,korupsi.Dan siapa saja aktor dibaliknya.Pemimpin tertinggi daerah saja sudah beberapa ditangkap tahun lalu.Miris memang.
Jadi pertanyaannya,bagaimana menyikapi dan memberantas hobi busuk,korupsi?

Melihat berbagai data di atas memang miris gan,masalahya tiap tahun selalu ada orang yang ditangkap karena korupsi walaupun setiap tahun penanganan kasus korupsi semakin baik.Heran.
Kita mulai dari hal paling mendasar saja gan,mari perbaiki diri sendiri dengan menjauhi perbuatan yang berpotensi melahirkan bibit-bibit korupsi,dengan cara berkarakter JUJUR.
Revolusi mental!
Jika fondasi-nya sudah kuat,kuat kemungkinan orang-orang seperti Senov dan Romi menghilang (nama hanya ilustrasi).
Selanjutnya,hukuman untuk koruptor harus kuat,10 tahun mah mudah,toh nanti bisa keluar-masuk,hah,sampah!.Saya tak menyalahkan pihak "penjara",namun dengan apa yang saya lihat,cukup membuat khawatir kalau praktik ini masih ada.Memiskinkan koruptor?saya rasa ada opsi yang lebih bagus,apa lagi kalau mantan koruptor dikasih jadi Caleg?haha.Hukum yang keras,harus diterapkan,hukum mati mungkin opsi yang bagus.
Di awasi dan di Audit dengan sangat ketat,
masa ia mau menerima laporan mentah,mental pengusaha sukses  pasti akan mengecek kembali.
Apa lagi di desa,itu dana desa masih yang  di mark-up sama orang sana,modus mereka cerdik dan licik,itu dilakukan oleh sebagian kecil pihak,saya tak me-generalisasikan-nya.Sebaiknya kita lakukan lagi Validasi,verifikasi,dan konfirmasi,intinya lakukan pengawasan dan audit dengan sangat ketat.Kalau gak betul,pecat!kayak Ahok BTP,perlu dicontoh.
Selanjutnya ada salah satu poin krusial,reformasi partai politik,ini juga salah satu penyebab korupsi paling besar.Partai politik yang sarat akan kepentingan.Saat kampanye,mereka menggelontorkan dana yang besar,dan sumber dana itu bervariasi,mulai dari internal partai itu sendiri hingga dari para pengusaha.
Nah,ada analogi menarik yang berkembang dalam masyarakat.
Quote:

Nah,sedikit ide,KPU bisa membuat regulasi pembatasan alat kampanye,penempatan peralatan kampanye juga diatur,serta batas dana kampanye juga dibatasi.Ini untuk menghindari kejadian seperti di atas.Mungkin bukan opsi terbaik.
Dalam internal partainya sendiri,mulailah mendroktin kader mereka untuk tidak korupsi,untuk tidak lagi menerapkan praktik politik kotor.
Dan tak lupa,lembaga independen seperti KPK harus lebih bertaji,bukan dibubarkan.

Quote:

Jadi,ayo cegah korupsi,jangan malah semakin terbelunggu di dalamnya,bagi yang terlanjur,segera lapor,setidaknya itu lebih bagus daripada kena OTT.
Korupsi itu tak benar.Ia hampir sama dengan narkoba,bukan yang melakukan saja yang kena,orang banyak pun akan kena.Kalau saya boleh berkata,korupsi lebih busuk dari narkoba,boleh tidak?
Satu lagi,saat pemilu,ketahui baik-baik latar belakang orang yang akan menjadi wakilnya nanti di kantor DPR,entah itu DPRK,DPRD,DPR-RI,DPD.Pilihlah yang berkualitas jangan sampai duit rakyat di maling sama dia.Begitu juga presiden nantinya,lihat baik-baik,lihat sendiri latar belakangnya jangan sampai salah pilih.Jangan sampai wakil rakyat dan pemimpin negara yang kita pilih itu bermental koruptor,apalagi Caleg mantan koruptor,pikir-pikir lagi deh.#2019PemiluDamai

Thank,saleum.

Sumber : Opini Pribadi
Sumber gambar dan data statistik  : 
ICW

Diubah oleh bintanghu
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 4
yoi gan, bener nte, harus di mulai dari diri sendiri, keluarga dan lingkungan, apalagi pendidikan jaman sekarang kurang bagus dalam mendidik moral menurut ane, yg di utamakan skill, sehingga moral anak bangsa ini kurang baik
selama ada duit, selama itu pulalah korupsi akan tetap ada
kecuali kayak jamannya star trek, dimana mata uang tidak berlaku, karena yg dinilai adalah kontribusinya terhadap peradaban
semakin gede kontribusi nya, semakin gede credit (setara uang) yg dimiliki nya
jadi gak mngkin di korupsi
Quote:


Pendidikan karakter itu krusial,kalau orang pintar banyak,tapi orang pintar yang "baik" itu sedikit.emoticon-Shakehand2
Quote:


Boleh juga tuh peradaban di film star trek emoticon-Big Grin.
Dimana ada ikan,kesana kucing menuju.
Korupsi akan tetap ada,tapi mari kita minimalisir,mari berantas bibit korupsi dari kita sendiri. emoticon-Shakehand2
Berantas gan
emoticon-Merdeka

*bata om txemoticon-Blue Guy Bata (S)
Quote:


yups, makanya didik anak cucu kita dengan moral dan adab yg baik, semua di mulai dari diri sendiri emoticon-Shakehand2
budaya yg sudah mendarah daging
kbnyakan org peenes y yg korupsi dkk
brantas abis. sikaaaat emoticon-Hammer2
korupsi harus diberantas
Gak akan ada ujungnya ngebahas korupsi, percuma juga ada tim yg ngeberantas korupsi, yg harus dilakuin biar gak ada korupsi yaitu kasih hukuman modyar atau hukuman seumur hidup bagi koruptor. Selesai. emoticon-Metal
hajar aja tukang korupsi gan
Harusnya di tanamkan rasa malu sih, atau engga hukumannya yang korupsi itu harus mutlak dan tidak terpengaruhi akan ham biar pada tau klo korupsi itu sama aja mati emoticon-Big Grin
berantas jgn dibela bree,apelagi berniat bubarin kpk emoticon-Kiss
Quote:
Diubah oleh eggydurjana
Pesan tempat dulu
Gausah ngomongin korupsi, kalo waktu sekolah aja lu pada titip absen.
emoticon-Hoax
Sehrsnya laporan masyarakat diumumkan jg di website kpk, biar rakyat tau kinerja kpk wkwkw atau urusan korupsi jg dikasi ke tni polri, kalo kpk gak becus biar masuk penjara tni polriemoticon-I Love Indonesia
kalau sedikit, ya ga apa-apa.....emoticon-Leh Uga
Quote:

Yg ngomong, ini bukan cawapresnya.??
Korupsi,Diberantas Atau Terbelenggu Di Dalamnya
Diubah oleh eggnostick
kalau tidak mau muncul bibit korupsi mungkin saja bisa dari awal nya permudah pengurusan administrasi untuk generasi muda yang sedang meraba2 negeri ini. baru urus KTP saja mereka urus ini itu sampai harus keluarin duit sekian itu baru KTP belum yang lain2. Kita yang bayar pajak saja mesti nyogok biar lancar tragis lah.
Diubah oleh yusufhimer
Halaman 1 dari 4


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di