alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Indonesia Update /
Menlu RI-Oman Tegaskan Komitmen Tingkatkan Kerja Sama
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c8c3ee2337f931f5b41a87b/menlu-ri-oman-tegaskan-komitmen-tingkatkan-kerja-sama

Menlu RI-Oman Tegaskan Komitmen Tingkatkan Kerja Sama

Menlu RI-Oman Tegaskan Komitmen Tingkatkan Kerja Sama

JPP, JAKARTA - “Indonesia dan Oman perlu terus meningkatkan peran bagi dunia yang lebih damai dan lebih baik," demikian disampaikan Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi setelah pertemuan bilateral dengan Menlu Kesulatanan Oman Yusuf bin Alawi bin Abdullah di Jakarta, Kamis (14/3/2019). 

Menlu RI menyampaikan bahwa ini merupakan pertemuan kali kedua bersama Menlu Oman di Gedung Pancasila, setelah pertemuan terakhir dilakukan pada tahun 2016.

Dalam pertemuan dibahas sejumlah isu yang menjadi perhatian bersama dan perkembangan kerja sama kedua negara, termasuk di bidang perdagangan, investasi, dan perlindungan WNI.

Kedua Menlu berencana untuk segera menandatangani Perjanjian Bebas Visa bagi Pemegang Paspor Diplomatik, Dinas, dan Khusus yang telah selesai dinegosiasikan. Keduanya juga sepakat untuk mempercepat penyelesaian persetujuan angkutan udara dan persetujuan Penghindaran Pajak Berganda, yang pembahasannya sudah memasuki tahap akhir.

Terkait kerja sama ekonomi, kedua Menlu mencatat kemajuan yang substansial, terutama pertumbuhan yang sangat signifikan di bidang perdagangan.

"Momentum yang sangat baik ini perlu dimanfaatkan untuk memastikan agar ke depannya perdagangan terus meningkat," ujar Menlu RI.

Selain melalui kerangka bilateral, Indonesia juga terus mendorong peningkatan kerja sama ekonomi dengan negara-negara Gulf Cooperation Council (GCC), di mana Oman merupakan salah satu anggotanya.

Di bidang investasi, Menlu RI menyambut baik kesepakatan antara Pertamina dengan Oman Overseas Oil & Gas (OOG) untuk membangun Grass Root Refinery di Bontang, Kalimantan Timur. Proyek tersebut diharapkan dapat memproduksi kurang lebih 300.000 barel minyak per hari.

Atas nama Pemerintah Indonesia, Menlu RI mengapresiasi fasilitasi Pemerintah Oman bagi WNI yang tinggal di Oman dan fasilitasi bagi evakuasi WNI dari Yaman saat terjadi krisis di negara tersebut.

Disampaikan pula bahwa malam hari sebelumnya, seorang WNI yang sempat ditangkap oleh kelompok bersenjata di Yaman sejak November 2018 telah berhasil dipulangkan ke Indonesia. Pembebasan dan pemulangan WNI tersebut tidak lepas dari kerja sama dan bantuan dari otoritas di Oman.

Hingga saat ini, Pemerintah Oman juga terus bekerja sama dalam memfasilitasi pelajar Indonesia di Yaman yang keluar atau masuk ke Yaman melalui Salalah, Oman. 

Kedua Menlu juga membahas membahas isu-isu Timur Tengah, terutama Palestina. Menlu RI menyampaikan bahwa isu Palestina akan terus menjadi perhatian utama dan prioritas politik luar negeri Indonesia. Indonesia akan selalu bersama Palestina dalam memperjuangkan hak-haknya. ?

“Solusi dua negara tidak dapat ditawar-tawar dan tidak ada plan B. Hal tersebut harus diselesaikan melalui negosiasi antara Palestina dan Israel dengan itikad baik," tegas Menlu Retno. (kln)


Sumber : https://jpp.go.id/polhukam/internasi...kan-kerja-sama

---

Kumpulan Berita Terkait POLHUKAM :

- Menlu RI-Oman Tegaskan Komitmen Tingkatkan Kerja Sama Pemerintah Berhasil Bebaskan Siti Aisyah dari Hukuman Mati di Malaysia

- Menlu RI-Oman Tegaskan Komitmen Tingkatkan Kerja Sama BPSDM PUPR, Badan Siber dan Sandi Negara, Jalin Kerja Sama Pemanfaatan Sertifikasi Elektronik

- Menlu RI-Oman Tegaskan Komitmen Tingkatkan Kerja Sama Bertemu Menhan Korsel, Menko Polhukam Bahas Kelanjutan Program KF-X/IF-X

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di