alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Ganti Rugi Penjarahan Tak Dibayar, 9 Pengusaha Palu Gugat Presiden dan Mendagri
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c8c331cb84088135c7262cd/ganti-rugi-penjarahan-tak-dibayar-9-pengusaha-palu-gugat-presiden-dan-mendagri

Ganti Rugi Penjarahan Tak Dibayar, 9 Pengusaha Palu Gugat Presiden dan Mendagri

Indonesiainside.id, Palu — Kasus penjarahan yang dilakukan sebagain warga korban bencana tsunami dan gempa bumi di Sulawesi Tengah (Suteng) akhirnya dibawa ke pengadilan. Sembilan pengusaha yang menjadi korban penjarahan mengalami kerugian materil senilai Rp87,377 miliar.

Mereka sebenarnya berharap agar mendapatkan ganti rugi dari pemerintah atas penjarahan tersebut. Namun hingga kini, kerugian yang dialami belum juga tergantikan. Hal itu merujuk pada pernyataan sejumlah menteri yang menjanjikan ganti rugi untuk penjarahan makanan oleh korban bencana. Meski pada kenyataannya, semua barang nonmakanan ikut dijarah.

Hal itulah yang mendasari sembilan pengusaha besar Kota Palu menggugat pemerintah yang ditujukan kepada Presiden Joko Widodo beserta beberapa menteri dan pihak-pihak terkait. Di antaranya, Menteri Dalam Negeri, Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan, Kepala Kepolisian RI Cq Kapolda Sulteng, Menteri Dalam Negeri, Cq Gubernur Sulawesi Tengah dan turut tergugat Menteri Keuangan.

“Gugatan tersebut, sudah resmi didaftarkan, dengan perkara perbuatan melawan hukum (PMH) dilakukan oleh penguasa yang tertuang dalam pasal 1365 KUH Perdata. Perkara itu juga telah teregister dengan nomor 21/Pdt.G/2019/PN Pal, di Pengadilan Negeri (PN) Palu,” kata Ketua Tim Pengacara sembilan pengusaha Kota Palu, Muslim Mamulai, kepada INI Network di Palu, Senin (12/3/2019).

Karena mendengar pernyataan para menteri tersebut, tambah Muslim, masyarakat Kota Palu melakukan penjarahan di sejumlah toko, warung dan minimarket. Alhasil, bukan hanya tempat penjualan makanan yang dijarah. Usaha ritel, distributor consumer goods, elektronik, hasil bumi serta usaha lainnya, juga mengalami penjarahan.


Baca Juga:  Palu Kembali Diguncang Gempa, Warga Panik

“Jadi, yang dijarah ini bukan hanya stok makanan. Tetapi juga meliputi barang elektronik, hasil bumi dan sebagainya. Kemudian rentan waktu terjadinya sekira tanggal 29 September 2018 hingga 7 Oktober 2018,” kata Muslim.

Selain menuntut kerugian material, kerugian immateril berupa hilangnya rasa aman dan nyaman dalam berusaha, serta trauma, juga dihitung senilai Rp5 miliar untuk masing-masing penggugat, dengan total Rp 45 miliar.

“Kami meminta majelis hakim, menjatuhkan putusan, menerima dan mengabulkan gugatan para penggugat, untuk seluruhnya. Selanjutnya, menyatakan tindakan para tergugat adalah perbuatan melawan hukum oleh penguasa,” lanjutnya.

Kemudian menghukum para tergugat secara tanggung renteng untuk membayar ganti rugi materil dan immateril kepada masing-masing penggugat dengan sejumlah uang secara tunai, seketika dan sekaligus.

Berikut gugatan dari sembilan pengusaha yang merasa dirugikan dalam kasus penjarahan tersebut.

Alex Irawan, selaku Direktur PT Bumi Nyiur Swalayan dengan total kerugian Rp33,9 miliar lebih.

Laksono Margiono, selaku Direktur Utama PT Varia Kencana dengan total kerugian Rp5,7 miliar lebih.

Muhammad Ishak, selaku Direktur PT Aditya Persada Mandiri dengan total kerugian 1,4 miliar lebih.

Jusuf Hosea, selaku Direktur CV Manggala Utama Parigi dengan total kerugian Rp 12 miliar lebih.

Agus Angriawan, selaku Direktur CV Ogosaka dengan total kerugian Rp 22 miliar.

Donny Salim, sebagai pemilik Centro Grosir Elektronik dengan total kerugian Rp 5 miliar.

Iwan Teddy, sebagai pemilik Swalayan Taman Anggrek dengan kerugian Rp 1,4 miliar.

Sudono Angkawijaya dengan total kerugian Rp 4,5 miliar.

Akas Ang, sebagai pemilik Kelapa Toserba dengan total kerugian Rp 1,2 miliar.

https://indonesiainside.id/ganti-rug...g4k6vyMds4Gy-s
Diubah oleh sinophobia
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
udah tw Dr dulu bakal bermasalah nih pernyataan ngawur mendagri emoticon-Big Grin
Penasaran aja.
Kapan pemerintah mau ngaku salah?
Kapan rakyat kecil gugat pemerintah bs menang?


Turut prihatin kepada para pedagang di palu yg terkena jarah

Jika anda percaya kepada pemerintah, maka anda pasti gagal dlm pelajaran sejarah

emoticon-Leh Uga
Himbauannya cuma ambil makanan, kalo sampai jarah barang elektronik itu mah himbauan si rampoklah rumah tetanggamu yang kebakaran emoticon-Ngakak
Tangkap aja itu kriminal, jangan-jangan malah diumpetin sendiri terus minta ganti, masa gak ada yang jagain toko elektronik, seenggaknya kalo ada penjaganya bisa ngevideoin siapa-siapa yang ngambil terus jadiin bukti emoticon-Ngakak
yaa ampun kasianemoticon-Mewek
Mendagri Bantah Ada Penjarahan di Palu
https://m.jpnn.com/amp/news/mendagri-bantah-ada-penjarahan-di-palu
Ganti Rugi Penjarahan Tak Dibayar, 9 Pengusaha Palu Gugat Presiden dan Mendagri
Balasan post pilemon889
Quote:


Pemerintah izinkan korban gempa di Palu ambil barang minimarket. Pemerintah akan bayar barang yang diambil warga. Keputusan ini diambil karena warga kesulitan dapat makanan dan minuman. Mendagri pun bantah adanya penjarahan oleh warga di Palu.
https://mobile.twitter.com/kompastv/status/1046312442068758528?lang=en
Aset wowo dijual aja untuk nutupin, kan bukan untuk aseng, pasti ga masalah dianya.. emoticon-Malu (S)
Quote:


Dikira yang ngambil itu kyk maling gtu ya 1 2 orang? Namanya aja jarah... situasi lagi chaos gtu..
Pegawainy jg pnya keluarga kalik, pd sibuk nylmtin sndiri2..

Ditambah dgn prnytaan mendagri yg ngaco banget. Pejabat negara loh yg ngmg, gmna warga lokal gk ter influence emoticon-Big Grin

Gk ngrti jg dgn logika nih mendagri, impulsif
Udah sering kontroversi dr tiap kptsanny kok ya gk sadar2.. Penjilat penjilat tapi tulul dgn muka culun emoticon-Big Grin


Quote:


Trus kapan bayar nya?

emoticon-Leh Uga
gini loh, ibarat anak di janjikan uang kerugian karena mainannya rusak. karena orang tuanya butuh beli beras, ya prioritas yang di dahulukan.

lantas sang anak melaporkan orang tuanya ke polisi.

beda cerita kalau sudah bayar premi asuransi.
semoga dibayar ya
wkwkk yg bermasalah orang" sono ane mikirnya, kalo masih makanan sama pakaian sih masih maklum lha ini barang elektronik sama perhiasann?? niat nyolong itu mahh wkwkwkwk
Menjarah emoticon-Big Grin

Sangat menjiwai budaya bangsa emoticon-Big Grin

Pantesan pada miskin dekil emoticon-Big Grin
Ini asli lho, ada suruhan dr menteri itu utk menjarah dan akan dibayar negara waktu itu..emoticon-Big Grin
Beritanya di media nasional ada..

Ngurus negara kok mirip ngurus gerobak martabak..
Kacau balau semuanya.. emoticon-Big Grin
Iya nih, pemerintah yang kudu bayar agar pejabat sampai polkep kapok gak gajian lantaran bayar barang yg dijarah rakyat nya.

itu akibat dari pemerintah ndiri karena penertiban yang kurang bagus, hingga terjadi penjarahan yg merugikan orang tertentu.
Ada elektronik juga. Itu mah jelas kejahatan, bukan kelaparan.
Dan yg ngejarah sekarang pake iPhone 7
Aji mumpung gw aja ga pake ipunemoticon-Hammer
https://www.liputan6.com/bisnis/read...aksi-pengusaha

Mendagrinya Blunder emoticon-Wkwkwk hahaha...
Semoga ganti ruginya dapat dibayar, karena hal tersebut merugikan pengusaha di daerah sana.
Coba kita lihat apa yang selanjutnya akan dikatakan oleh Mendagri, apakah akan ngeles? atau akan mempertanggung jawabkannya?
Boro boro ganti rugi,
Ngakuin ada pemjarahan saja pemerintah ogah,
emoticon-Stick Out Tongue
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di