alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Beritagar.id /
Target revitalisasi SMK untuk industri kreatif
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c8c2770337f9318641f3743/target-revitalisasi-smk-untuk-industri-kreatif

Target revitalisasi SMK untuk industri kreatif

Target revitalisasi SMK untuk industri kreatif
Presiden Joko "Jokowi" Widodo saat membagikan Kartu Indonesia Pintar (KIP) di Balige, Sumatra Utara, Jumat (15/3/2019).
Presiden Joko “Jokowi” Widodo mengklaim pemerintah berkomitmen dalam upaya merevitalisasi sekolah menengah kejuruan (SMK) di seluruh Indonesia. Bentuk komitmen diwujudkan dalam pemberian bantuan berupa pembangunan/perbaikan gedung serta peralatan untuk menunjang praktik kerja.

Tujuannya agar lulusan SMK dapat memiliki keahlian yang sesuai dengan kebutuhan industri saat ini, termasuk di antaranya industri kreatif. Selain itu, komitmen ini merupakan tindak lanjut dari Instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 201 tentang Revitalisasi SMK.

Salah satu SMK yang bakal direvitalisasinya adalah SMKN 1 Balige Kabupaten Toba Samosir (Tobasa), Sumatra Utara. Hal itu diutarakan Jokowi saat melakukan kunjungan kerja selama tiga hari di provinsi Sumatra Utara.

Jokowi menjelaskan, setelah direvitalisasi, nantinya SMKN 1 Balige akan dilengkapi dengan fasilitas baru yang dapat membantu proses belajar para siswa. Dia berharap hal tersebut akan mempermudah lulusan SMK mencari lapangan pekerjaan.

"Akan ada pembangunan di SMK 1 plus diberi peralatan untuk praktik anak-anak di dalam menuju ke proses diterimanya di kantor dan industri yang ada,” kata Jokowi di hadapan ratusan pelajar di Balige, Jumat (15/3/2019).

Gubernur Sumatra Utara Eddy Rahmayadi menimpali, SMKN 1 Balige telah ditetapkan dalam program revitalisasi untuk mendukung aktivitas vokasi di sekolah tersebut.

“Revitalisasi ini akan memacu SMK di bidang seni dan kreatif mengembangkan ekonomi kreatif di Indonesia, khususnya Sumatra Utara,” kata Edy.

Dalam kesempatan yang sama, Jokowi juga membagikan sedikitnya 2.000 Kartu Indonesia Pintar (KIP) kepada pelajar dari tingkat SD, SMP, SMA/SMK di Balige, Kabupaten Toba Samosir.

Kepada para pelajar, Jokowi mengingatkan bahwa dana bantuan yang terdapat dalam kartu tersebut hanya boleh digunakan untuk kepentingan pendidikan. “Di luar itu tidak boleh,” kata Jokowi.

KIP mencakup tiga skema pembiayaan. Untuk pelajar tingkat SD, bantuan dana pendidikan yang bisa diterima setiap tahunnya sebesar Rp450 ribu. Untuk pelajar SMP, diberikan Rp750 ribu. Sedangkan untuk pelajar SMK/SMA, diberikan bantuan dana hingga Rp1 juta setiap tahunnya.

"Janjian ya, kalau uang yang ada di kartu ini nanti ada yang dipakai untuk beli pulsa, kartunya dicabut. Kita harus disiplin menggunakan uang yang ada di kartu ini," ujarnya.

Selain membagikan KIP, dalam sambutannya Jokowi turut menyampaikan bahwa pemerintah berkomitmen dalam melakukan revitalisasi Sekolah Menengah Kejuruan.

Di tempat yang sama, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengatakan, pihaknya bakal merevitalisasi 70 SMK pada tahun ini. Adapun total SMK yang telah memasuki proses revitalisasi mencapai 280 sekolah.

“Kami akan terus mempercepat proses revitalisasi SMK untuk melahirkan insan andal sesuai dengan kebutuhan lapangan kerja,” kata Muhadjir.

Adapun untuk KIP, Muhadjir menargetkan bakal menyalurkan sekitar 339.998 KIP kepada pelajar di Sumatra Utara. Adapun total dana untuk KIP yang akan dibagikan bagi pelajar di Sumatra Utara ini mencapai Rp173 miliar.

Secara nasional, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bakal menyiapkan Rp4 miliar dan akan didistribusikan saat tahun ajaran baru.

Dalam Inpres Nomor 9 Tahun 2016, Presiden memberikan enam instruksi kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

Keenam instruksi tersebut adalah: membuat peta jalan SMK; menyempurnakan dan menyelaraskan kurikulum SMK dengan kompetensi sesuai kebutuhan pengguna lulusan (link and match); dan meningkatkan jumlah dan kompetensi bagi pendidik dan tenaga kependidikan SMK.

Kementerian terkait juga diminta untuk meningkatkan kerja sama dengan kementerian/lembaga, pemerintah daerah, dan dunia usaha/industri; meningkatkan akses sertifikasi lulusan SMK dan akreditasi SMK; dan membentuk Kelompok Kerja Pengembangan SMK.

Presiden juga meminta Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) untuk mempercepat sertifikasi kompetensi bagi lulusan SMK, pendidik, dan tenaga pendidik SMK. Selain itu juga mempercepat pemberian lisensi bagi SMK sebagai lembaga sertifikasi profesi pihak pertama.

Merujuk data Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada tahun ajaran 2016/2017, sebanyak 74 persen ruang kelas untuk jenjang SD mengalami kerusakan ringan hingga rusak berat/total.

Demikian juga kondisi ruang kelas SMP, SMA dan SMK separuh lebih mengalami kerusakan ringan hingga berat.
Target revitalisasi SMK untuk industri kreatif


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...dustri-kreatif

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Target revitalisasi SMK untuk industri kreatif BMKG: Maluku Barat Daya diguncang gempa M 5,0

- Target revitalisasi SMK untuk industri kreatif 111 Sekolah di Malaysia diliburkan akibat limbah kimia beracun

- Target revitalisasi SMK untuk industri kreatif Sebagian besar sektor menghijau, IHSG ditutup menguat

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di