alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
Untuk Fresh Graduate, Ini 5 Kenyataan Dunia Kerja yang Harus Kamu Tahu
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c8bbe322637723f8435c0cd/untuk-fresh-graduate-ini-5-kenyataan-dunia-kerja-yang-harus-kamu-tahu

Untuk Fresh Graduate, Ini 5 Kenyataan Dunia Kerja yang Harus Kamu Tahu

Untuk Fresh Graduate, Ini 5 Kenyataan Dunia Kerja yang Harus Kamu Tahu

Ketika kuliah, setiap mahasiswa pasti mau cepat-cepat lulus. Dalam hati ingin menuntaskan status sebagai mahasiswa dan gak sabar terjun ke dunia kerja. Pokoknya gak mau lagi terlibat tugas, revisi skripsi atau bertemu dosen yang nyebelin.

Ya, gak apa-apa kalau kamu mikir kayak gitu kok. Tentu saja, masuk dunia kerja adalah sesuatu yang baru dan sangat menantang. Lain itu, kamu bisa mengembangkan semua potensimu ke dalam bidang yang nyata.

Tapi, ada beberapa kenyataan soal dunia kerja yang harus kamu tahu, khususnya bagi fresh graduate. Supaya nanti gak kaget, ini lima poin soal realita dunia kerja yang wajib kamu mengerti. 


1. Dunia kampus dan dunia kerja sangat berbeda. Kalau dulu bisa seenaknya, saat kerja kamu gak bisa kayak gitu lagi
Untuk Fresh Graduate, Ini 5 Kenyataan Dunia Kerja yang Harus Kamu Tahu
Nah, dunia kampus dan dunia kerja itu sangat jauh berbeda. Kalau kamu pikir setelah wisuda saatnya mengecap kebebasan, ohh..kamu salah banget karena kenyataannya gak sesederhana itu.

Realitanya dunia kerja itu keras layaknya ibukota. Kamu punya tanggung jawab yang berhubungan dengan banyak orang. Kalau saat kuliah kamu melakukannya demi diri sendiri, maka ketika kerja kamu punya rekan di banyak divisi.

Jadi, buang jauh semua sikap bodo amat kamu semasa kuliah, karena saat kerja kamu gak bisa bersikap seenaknya sendiri. 


2. Semua pekerjaanmu harus selesai tepat waktu. Gak bisa lagi nunda-nunda layaknya kuliah dulu
Untuk Fresh Graduate, Ini 5 Kenyataan Dunia Kerja yang Harus Kamu Tahu
Dulu saat kuliah, kamu boleh aja malas-malasan bikin tugas. Atau kalau kepepet, nyontek punya teman di saat-saat darurat. Yah, mentoknya dapat nilai pas-pasan dan pasrah aja harus ngulang lagi di semester depan. 

Tapi, jangan harap bisa seperti itu saat kerja. Pekerjaanmu gak bisa di tunda-tunda karena harus selesai tepat waktu. Kalau melewati tenggat yang ditentukan, bersiaplah untuk ditegur atau paling parah kena Surat Peringatan. Wah, kalau udah kena SP jadi repot deh!


3. Saatnya belajar tentang tanggung jawab dan memikirkan masa depan. Kamu gak boleh main-main lagi
Untuk Fresh Graduate, Ini 5 Kenyataan Dunia Kerja yang Harus Kamu Tahu
Masuk dunia kerja tandanya harus bisa bertanggung jawab. Ya, tanggung jawab atas pekerjaan dan diri sendiri. Lalu, kamu pun harus memikirkan masa depan. Seperti jenjang karir dan prospeknya. Apakah kamu akan bertahan atau mengejar passionmu yang lain.

Kamu gak bisa main-main lagi. Saatnya serius untuk memikirkan hidupmu ke depan nanti. Kalau kelewat santai dan cuek, kamu akan tertinggal di belakang dan gak berkembang alias gitu-gitu aja.


4. Gak boleh gampang baper. Kamu akan menemui jenis orang yang berbeda dalam dunia kerja
Untuk Fresh Graduate, Ini 5 Kenyataan Dunia Kerja yang Harus Kamu Tahu
Saat kuliah, kamu bertemu dengan teman-teman yang sebaya denganmu. Bisa dibilang, cara pikir dan gaya hidup kalian gak terlalu beda jauh. 

Tapi saat kerja, kamu akan bertemu dengan rekan dari segala lintas usia. Ada yang lebih muda, ada juga yang lebih tua bahkan sangat tua. Sifat dan watak mereka tentu berbeda-beda. 

Kamu bisa saja bertemu dengan bos yang galak atau rekan yang suka cari muka. Nah, tipe orang semacam ini tentu akan mengesalkan hatimu, tapi kamu dilarang baper! Di saat seperti ini, kamu harus menguasai diri supaya bisa berpikir jernih dan tetap bijaksana.


5. Jadikan setiap prosesnya sebagai fase pendewasaan diri
Untuk Fresh Graduate, Ini 5 Kenyataan Dunia Kerja yang Harus Kamu Tahu
Ketika menginjak dunia kerja mentalmu harus berubah, yakni sekuat baja. Kamu harus tabah saat menghadapi bos yang galak atau rekan kerja yang mengesalkan. Belum lagi kerjaan yang menumpuk, jalanan macet dan wajib lembur disaat-saat tertentu. 

Hal tadi akan buatmu tertekan dan merasa stres. Tapi jangan menghindar melainkan hadapi dengan perasaan lapang. Kenyataannya dunia kerja gak sekadar mengaplikasikan ilmu yang kamu dapatkan selama masa pendidikan. Melainkan acuan untuk membentuk pribadimu jauh lebih dewasa. 

Jadi, jangan kaget lagi dengan realitas dunia kerja yang kamu hadapi. Meski kadang berat, tapi ada juga saat-saat yang menyenangkan misalnya saat gajian, hehe. Jangan takut, cukup jalani saja dan tetap semangat ya!


Sumber : https://www.idntimes.com/life/career...mpaign=network

---

Baca Juga :

- Untuk Fresh Graduate, Ini 5 Kenyataan Dunia Kerja yang Harus Kamu Tahu Cintai Pekerjaan, Ini 5 Cara Jitu Agar Selalu Bahagia di Tempat Kerja!

- Untuk Fresh Graduate, Ini 5 Kenyataan Dunia Kerja yang Harus Kamu Tahu Jangan Langsung Nyerah, Ini 6 Keuntungan Punya Atasan Perfeksionis

- Untuk Fresh Graduate, Ini 5 Kenyataan Dunia Kerja yang Harus Kamu Tahu 5 Masalah Cinta yang Sering Menerpa Pasangan Sibuk Bekerja

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di