alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau punya username yang simple? Klik di sini infonya!
Home / FORUM / All / News / ... / Beritagar.id /
111 Sekolah di Malaysia diliburkan akibat limbah kimia beracun
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c8b871c8012ae6aed2db1e1/111-sekolah-di-malaysia-diliburkan-akibat-limbah-kimia-beracun

111 Sekolah di Malaysia diliburkan akibat limbah kimia beracun

111 Sekolah di Malaysia diliburkan akibat limbah kimia beracun
Ilustrasi sekolah di Malaysia
Kementerian Pendidikan Malaysia meliburkan 111 sekolah di Pasir Gudang, Johor, sejak Rabu (13/3/2019). Pemerintah Malaysia melakukannya menyusul jatuhnya korban yang diduga akibat limbah zat kimia.

Kasus ini berawal dari aduan yang masuk sejak 7 Maret. Laporan menyebut siswa dan guru dari dua sekolah di Pasir Gudang menderita sesak napas, pusing, dan muntah.

Pemerintah lalu berupaya melakukan pembersihan sehari kemudian (8/33). Namun akibatnya justru lebih buruk karena reaksi kimia di lokasi tersebut menyebabkan jumlah korban melonjak.

Menteri Pendidikan Maszlee Malik pun mengambil tindakan untuk meliburkan 43 sekolah pada Rabu (13/3).. Tak berapa lama kemudian, jumlahnya dilipatgandakan hingga mencapai 111 sekolah.

Hal ini didukung oleh kian bertambahnya korban. Apalagi kasus diwarnai dengan kabar seorang murid meninggal karena polusi zat kimia beracun tersebut. Tapi kabar itu dianggap hoaks dan telah dibantah oleh Menteri Kesehatan Dzulkefly Ahmad.

Hingga Kamis (14/3) siang, ada 2.775 orang --termasuk siswa, guru, dan penduduk yang telah terkena dampak pencemaran limbah beracun ini.

Sebanyak 1.906 kasus yang dilaporkan di dua pangkalan medis di Pasir Gudang, dan 869 korban lainnya yang menerima perawatan di berbagai rumah sakit dan klinik di Johor Bahru. Dari daftar korban tersebut, dilaporkan tujuh dari mereka berada di unit perawatan intensif.

Penyelidikan pun langsung dikerahkan. Dari sana, Badan Penanggulangan Bencana Malaysia (NADMA) meyakini bahwa limbah tersebut dibawa oleh sebuah truk yang datang ke Pasir Gudang Johor pada 7 Maret. Truk itu membuang limbah kimia beracun yang diduga berasal dari kota industri di dekatnya.

Limbah lalu mengalir di sungai di sekitar berbagai sekolah di Pasir Gudang. Uapnya kemudian terhirup oleh para siswa, guru, dan masyarakat sekitar.

Selanjutnya, Kementerian Energi, Sains, Teknologi, Lingkungan dan Perubahan Iklim pun akan turut melakukan penelitian.

Aset dari negara-negara bagian lain juga telah dikerahkan ke Johor untuk melakukan penyelidikan terhadap 254 pabrik kimia di Pasir Gudang dalam tiga hari ke depan.

Deputi Kementerian Energi, Sains, Teknologi, Lingkungan dan Perubahan Iklim Munirah Majilis mengatakan, 29 penyelidik dari Departemen Lingkungan Johor (DoE), telah dibagi menjadi enam tim yang ditugaskan menyelidiki.

Selain itu, ada 13 tim yang terdiri dari 40 penyelidik dari negara bagian lain yang ikut serta sejak Kamis (14/3).

"DoE akan melakukan pengambilan sampel air terus menerus dari setidaknya tiga lokasi situs pembuangan limbah ilegal di hulu dan aliran sungai Sungai Kim Kim," kata Deputi Kementerian Energi, Sains, Teknologi, Lingkungan dan Perubahan Iklim Munirah Majilis, seperti dilansir New Straits Times, Kamis (14/3).

Dengan demikian, Perdana Menteri Mahathir Mohamad menegaskan bahwa status keadaan darurat tidak perlu diumumkan karena tumpahan bahan kimia sekarang sudah terkendali.

"Tidak ... itu belum mencapai tahap itu (di mana keadaan darurat harus dinyatakan). Tidak perlu evakuasi, tetapi kita harus hati-hati," kata Mahathir, seperti dikutup Channel News Asia, Kamis (14/3).

Namun, pemerintah Malaysia meyakinkan masyarakat bahwa kasus keracunan bahan kimia ini tengah ditangani dengan serius dan cepat.

Menurut laporan NADMA, mereka telah menghilangkan sekitar 2,4 ton limbah kimia beracun yang dicampur dengan tanah. Sampel limbah beracun juga telah dikirim ke Departemen Kimia Johor untuk analisis lebih lanjut.

Hanipa Maidin, Wakil Menteri Hukum De facto, pemerintah federal juga telah menggelontorkan dana sebesar RM8 juta untuk pembersihan langsung Sungai Kim Kim yang terkontaminasi dengan limbah beracun. Pemerintah juga akan menyiapkan dana untuk semua korban dan keluarga yang terkena dampak berdasarkan kriteria yang akan diputuskan oleh pihak berwenang.
111 Sekolah di Malaysia diliburkan akibat limbah kimia beracun


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...-kimia-beracun

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- 111 Sekolah di Malaysia diliburkan akibat limbah kimia beracun Sebagian besar sektor menghijau, IHSG ditutup menguat

- 111 Sekolah di Malaysia diliburkan akibat limbah kimia beracun Pemilu 2019 berpotensi terburuk setelah reformasi

- 111 Sekolah di Malaysia diliburkan akibat limbah kimia beracun Penembakan di Christchurch, 40 tewas, 3 WNI selamat

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di