alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Masa depan UMKM di Indonesia
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c8b657710d29530942448e0/masa-depan-umkm-di-indonesia

Masa depan UMKM di Indonesia

Masa depan UMKM di Indonesia

Perkembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dan UKM di Indonesia saat ini sudah menuju kearah yang baik. Menurut Kepala Departemen Pengembangan UMKM Bank Indonesia (BI) Yunita Resmi Sari saat ini kondisi UMKM di Indonesia mendominasi unit usaha hingga 99,9% dari total 57,89 juta. Angka tersebut juga berkontribusi terhadap penyerapan tenaga kerja, produk domestik bruto (PDB) hingga ekspor.

Presiden Joko Widodo atau Jokowi berkomitmen mengembangkan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Presiden ingin produk UMKM bisa bersaing dengan produk luar negeri. Berbagai kebijakan pun telah dilakukan Jokowi untuk meningkatkan produk UMKM. Sebagai contoh pembangunan infrastruktur dan berbagai program di pemerintah pusat seperti dana desa, dan kredit usaha rakyat dapat memicu pertumbuhan UMKM di Indonesia. Saat ini pun untuk meningkatkan pasar rakyat ada program revitalisasi pasar rakyat yaitu program dari Jokowi dan Enggartiasto. 

Program revitalisasi pasar ini meningkatkan omzet para pedagang meningkat 20%. Selain itu untuk memberikan jalan yang lebih mudah bagi para UKM di Indonesia untuk bisa melakukan ekspor, Jokowi beserta Enggartiasto Lukita juga telah menghampus laporan surveyor(LS) karena menurut pak Enggartiasto ini mempermudah prosesnya karena sudah ada pemeriksaan di bea cukai ngapain lagi kita harus cek-cek terus, memang benar sih kalo diliat ini adalah kebijakan yang sangat mempermudah ekspor nantinya birokrasinya pun jauh lebih sedikit ketimbang sebelumnya.

Selain peran pemerintah pusat, pemerintah daerah juga harus berperan dalam pengembangan UMKM di Indonesia, karena pada dasarnya yang tau apa yang harus dikembangkan dari daerah itu adalah pemerintah daerah dalam hal ini pemerintah daerah tidak bisa main-main, pemerintah daerah harus memiliki set goal yang tinggi supaya produk dari daerahnya bisa dikenal oleh mancanegara dan juga bisa go internasional nantinya. Rachmat Gobel Caleg Nasdem dari Dapil Gorontalo mengatakan kalo UMKM dan UKM di Indonesia itu masih memiliki peluang besar sehingga kalo UKM kita mau menembus pasar internasional sebenernya sangat bisa, tinggal kemauan dari pemerintah daerah saja apakah bisa punya niat yang tinggi atau tidak.

Diubah oleh rickyferdi336
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di