alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
4 Hal Kecil Yang Menjadi Bibit Korupsi Di Masa Depan
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c8b5b0dc342bb669479d9f2/4-hal-kecil-yang-menjadi-bibit-korupsi-di-masa-depan

4 Hal Kecil Yang Menjadi Bibit Korupsi Di Masa Depan

4 Hal Kecil Yang Menjadi Bibit Korupsi Di Masa Depan
Hai agan agan semua. Izzy.Vgnc disini. Hari ini ane kembali menulis thread nih gan, Thread ane hari ini akan membahas sesuatu yang sudah sangat menjamur gan di Indonesia. Tentunya hal ini adalah hal yang buruk. Yap, hari ini ane akan menulis tentang korupsi untuk Event Kaskus Kreator : Generasi Anti Korupsi. Nah, gansis Korupsi memang sebuat hal besar, namun semua hal besar itu berasal dari suatu hal yang kecil, terutama hal kecil yang sering dilakukan. Maka dari itu, berikut 4 Hal Kecil Yang Menjadi Bibit Korupsi Di Masa Depan.

1. Nyontek / Curang Saat Ujian

4 Hal Kecil Yang Menjadi Bibit Korupsi Di Masa Depan

Nah, mungkin mendengar hal yang pertama ini agan agan langsung berpikir, lah apa hubungan nya? Nyontek ini menurut ane adalah hal yang sangat umum bahkan mirisnya di lingkungan ane para murid mayoritas melakukannya. Padahal ini adalah salah satu ketidak jujuran yang menjadi bibit ketidak jujuran besar di masa depan, salah satu nya korupsi. Dengan nyontek, kita sudah melakukan pencurian dalam bentuk jawaban ulangan serta usaha meraih hasil bagus bukan dengan usaha sendiri, mirip mirip dengan korupsi. Untuk menekan tingkat korupsi masa depan diharapkan kita bisa mulai dengan tidak mencontek.

2. Mengambil Uang Orang Tua Secara Diam Diam

4 Hal Kecil Yang Menjadi Bibit Korupsi Di Masa Depan

Nah, hal kecil kedua ini mungkin banyak yang pernah melakukannya di masa kecil. Mungkin saat dompet orang tua tertinggal atau ada uang nganggur di meja kadang kita merasakan ada dorongan untuk mengambilnya. Kadang mayan untuk uang jajan, toh gaketauan. Nah, hal ini adalah salah satu bibit korupsi juga gan. Kita sudah mengambil uang orang lain secara diam diam. Jika diteruskan hingga saat kita kerja, bisa saja kia mengambil hak orang lain dalam jumlah besar apalagi hingga termasuk korupsi. Nah, oleh karena itu agan agan yang masih muda jangan coba coba ambil uang orang tua secara diam diam ya.

3. Pungli

4 Hal Kecil Yang Menjadi Bibit Korupsi Di Masa Depan

Hal ketiga ini banyak kita temui jika kita ingin mengurus sesuatu, dari mengurus KTP hingga daftar Sekolah di Negeri. Ane gak tau apakah hal ini sudah termasuk korupsi atau bukan, tapi kalau bukan ini sudah mendekati gan. Yang ane tahu, biasanya pungli terjadi ketika kita akan mengurus KTP / SIM, lalu ada oknum aparat yang meminta duit agar urusan kita dimudahkan. Atau di dunia sekolah, ketika kita hendak mendaftarkan diri di sekolah negeri favorit kadang ada orang yang menawarkan jalur ilegal dengan pungli. Hal ini juga benar benar sudah menjadi bibit korupsi karena hal ini dilakukan dengan tujuan mendapatkan uang dari cara yang curang. Untuk agan agan yang juga bekerja di institusi negara, sebaiknya jangan lakukan ini ya gan. Pertama, kini pungli sudah mulai ditangkap pelakunya dan kedua hal ini juga akan memicu orang melakukan korupsi jika sudah sering dilakukan.

4. Korupsi Waktu

4 Hal Kecil Yang Menjadi Bibit Korupsi Di Masa Depan

Dan hal yang terakhir ini adalah hal yang paling sering terjadi dan bahkan sudah dianggap sangat normal. Korupsi Waktu itu sama saja dengan ketidakjujuran dan ketidak disiplinan. Hal ini dilakukan oleh segala kalangan, mulai dari murid yang gemar telat masuk sekolah, guru yang telat masuk kelas untuk mengajar, hingga karyawan yang gemar bolos agar waktu kerja nya berkurang. Hal hal yang sangat kecil dan mendasar ini haruslah mulai kita hapuskan gan. Meskipun saat ini dampak nya tidak terlalu terlihat, tapi hal ini akan memicu kita untuk melakukan korupsi yang lebih besar lagi.

Sumber : Opini Pribadi Ane Dan Google Images

Sekian saja thread dari ane. Ane harap kita semua bisa mulai menghindari dan tak melakukan hal hal buruk diatas meskipun sudah dianggap sangat normal dan tidak tabu di masyarakat kita. Mari kita menjadi terang di lingkungan kita agar kita menjadi teladan baik untuk orang banyak. Izzy Vgnc out ! 

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di