alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Merebut Suara Jabar
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c8b5717365c4f12f41d02bc/merebut-suara-jabar

Merebut Suara Jabar


Jawa Barat adalah medan perang. Hal ini kerap menjadi ungkapan dari politisi tanah air karena Jabar memiliki jumlah pemilih terbanyak di Indonesia dan memiliki peta politik yang sulit diprediksi. Kondisi tersebut membuat kedua kubu calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo dan nomor urut 02 Prabowo Subianto berusaha keras untuk merebut suara di daerah tersebut.

Pada Pilpres 2014 lalu, Prabowo Subianto-Hatta Rajasa unggul di Jabar dengan memperoleh suara sebesar 59,78%, sedangkan pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla hanya memperoleh 40,22% suara. Hal ini merupakan wilayah kemenangan terbesar Prabowo-Hatta pada saat itu.

Dengan majunya kembali Prabowo sebagai calon presiden, diprediksi masyarakat Jabar masih setia memilih Prabowo pada Pilpres 2019. Namun pada Pilgub Jabar 2018 lalu -yang dianggap sebagai peta untuk melihat pemenangan Pilpres 2019- pasangan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum yang berada di kubu Jokowi menang di wilayah tersebut.

Kemenangan Ridwan-Uu di Jabar seakan-akan membelokkan persepsi mengenai peta politik Jabar yang merupakan basis kuat Prabowo dan partai-partai pendukungnya. Kemenangan ini juga berbanding terbalik dengan hasil Pemilu 2014.

Tetapi berdasarkan data dari lembaga survei Australia Roy Morgan, menunjukkan bahwa Prabowo Subianto-Sandiaga Uno mendapatkan suara sebanyak 57% di Jawa Barat, sedangkan Jokowi-Ma’ruf hanya memperoleh 43% suara.

Hasil survei tersebut menunjukkan bahwa Prabowo masih dimungkinkan untuk menang di Jabar, meskipun para pendukung NU di Jabar telah mendeklarasikan untuk memenangkan Jokowi-Ma’ruf dan Ridwan Kamil yang berada di kubu Jokowi.

Jika masyarakat Jabar memang masih konsisten untuk memilih Prabowo, apakah hasil dari Pilgub Jabar 2018 memang tidak memengaruhi elektabilitas dalam Pilpres 2019? Dan apakah hal itu disebabkan oleh masih kuatnya kubu oposisi di Jabar? Selengkapnya di Pinterpolitik.com dalam artikel berjudul "Jabar, Medan Perang Jokowi-Prabowo"

Sumber: Pinterpoliti.com

Instagram: @pinterpolitik
Twitter: @pinterpolitik
LINE OA: @pinterpolitik
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
jabar itu milik 02. emoticon-Imlek
ini portal berita ngga jelas. semua penyataannya dari mulai pararaf 1 sampe terakhir kontradiksi semua

emoticon-Ngakak

2019 masih delusi jabar basis massa

GOBLOG!

emoticon-Traveller


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di