alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Hobby / Tanaman /
Bonsai Tertua di Dunia Bentuknya Kayak Apa ya? Cekidot Gan Sis!
5 stars - based on 14 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c8b4cec018e0d713b059c0f/bonsai-tertua-di-dunia-bentuknya-kayak-apa-ya-cekidot-gan-sis

Bonsai Tertua di Dunia Bentuknya Kayak Apa ya? Cekidot Gan Sis!

Mungkin Agan dan Sista udah nggak asing lagi ya dengan bonsai, yaitu sebuah seni merawat tanaman dari Jepang. Seni bonsai merupakan cara merawat tanaman yang dikerdilkan dalam pot pendek yang bertujuan membuat miniatur dari bentuk asli pohon besar yang sudah tua di alam bebas. Membuat bonsai bisa dilakukan pada beberapa jenis pohon misalnya seperti pohon pinus, pohon apel mini, dan lain sebagainya.

Bonsai Tertua di Dunia Bentuknya Kayak Apa ya? Cekidot Gan Sis!Salah satu ciri khas dari bonsai ini adalah jika dirawat dengan tepat maka sebatang pohon yang dirawat dengan seni bonsai dapat bertahan hidup selama bertahun-tahun. Agan dan Sista penasaran nggak sih kira-kira seperti apa ya bonsai tertua di dunia? Cekidot Gan Sis!

Bonsai Tertua di Dunia Bentuknya Kayak Apa ya? Cekidot Gan Sis!

Bonsai Ficus

Usianya udah lebih dari 1000 tahun lho Gan Sis dan juga diyakini sebagai pohon bonsai tertua di dunia. Ficus retusa Linn ini bisa kita lihat di Museum Bonsai Crespi di Italia. Luigi Crespi, pendiri Museum Bonsai Crespi ini menghabiskan spuluh tahun untuk mencoba mendapatkan kepemilikan pohon bonsai ini dan baru berhasil mendapatkannya pada tahun 1986. Sebelumnya pohon ini dirawat dan dibentuk oleh penguasa Tiongkok dan selama tahun-tahun pertama di Italia Ficus retusa Linn ini dibentuk oleh master bonsai Jepang Shotaro Kawahara.

Setelah Museum Bonsai Crespi didirikan pada tahun 1991, pohon ini ditempatkan di pagoda kaca dan menjadi pusat perhatian di museum.
Bonsai Tertua di Dunia Bentuknya Kayak Apa ya? Cekidot Gan Sis!

Bonsai Juniper

Pohon bonsai Juniper ini berumur 1000 tahun dan terletak di pembinitan bonsai Manesi-en yang dimiliki oleh keluarga Kato. Pohon Juniper dikumpulkan dari belantara Jepang  dan emang udah diuji jika umurnya beneran lebih dari 1000 tahun Gan Sis. Mansei-en sendiri adalah salah satu dari enam kebun bonsai tekenal uang membentuk Desa Bonsai Omiya.

Mansei-en merupakan taman tertua yang terletak di desa tersebut karena keluarga Kato telah memeiliki tanaman ini sejak abad ke-19 dan secara resmi dibuka untuk umum pada tahun 1925.
Bonsai Tertua di Dunia Bentuknya Kayak Apa ya? Cekidot Gan Sis!

Bonsai Shunkaen Nursery

Museum Bonsai Shunkaen yang dimiliki oleh Kunio Kobayashi merupakan rumah bagi dua pohon bonsai tertua di dunia yang keduanya diperkirakan memiliki usia lebih dari 800 tahun. Kunio Kobayashi merupakan master bonsai yang telah berlatih seni membuat bonsai selama lebih dari 30 tahun.  Kobayashi membuka museum ini pada tahun 2002 untuk membantu menyebarkan budaya Jepang, terutama seni bonsai dan memamerkan karya yang dibuatnya bersama dengan para muridnya.
Bonsai Tertua di Dunia Bentuknya Kayak Apa ya? Cekidot Gan Sis!

Pinus Merah

Bonsai pinus merah ini terletak di Akao Herb & Rose Garden. Bonsai ini nggak hanya dianggap sebagai salah satu bonsai tertua di dunia aja lgo Gan Sis, tapi juga diyakini sebagai bonsai terbesar di dunia. Tinggi dari pohon bonsai ini mencapai 5 meter dan lebarnya lebih dari 9 meter. Karena ukurannya yang besar, pohon ini pun pernah dikatakan tidak memenuhi syarat sebagai seni bonsai yang biasanya memiliki ukuran yang kerdil. Hmmm ya juga ya Gan Sis. Tapi karena bonsai pinus merah ini menerapkan penanaman di dalam pot, akhirnya tanaman ini pun diterima sebagai salah satu tanaman bonsai.
Bonsai Tertua di Dunia Bentuknya Kayak Apa ya? Cekidot Gan Sis!

Shogun no Matsu

Sandai Shogun no Matsu merupakan pinus lima jarum yang juga merupakan salah satu harta karun nasional Jepang. Bonsai ini diperkirakan berumur lebih dari 500 tahun. Hingga saat ini pohon bonsai ini telah dirawat oleh kaisar Jepang. Sandai Shogun no Matsu bisa Agan danSista lihat dalam koleksi Tokyo Imerial Palace.


Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 5
20 taun yg lalu, semua org tajir di Indonesia punya nih pohon.

ps. dulu mah rame dulu baru jadi HT, skrg mah, musti dijadiin HT dulu, baru rame.emoticon-Turut Berduka

Diubah oleh eFVZee
Quote:



Benner bre emoticon-Big Grinemoticon-Big Grin
mejeng ah pejwan emoticon-Ngakak (S)
artikel bagus, sayang HT kok begini emoticon-Mewek
Ikut ah di depan
cakep ya gan
pohonnya jarang minum susu jadinya kecil
keren2 yaa gan... Jadi pingin punya sebiji. emoticon-Big Grindulu waktu ane kecil banyak orang indonesia juga yang punya bonsai.
Quote:


Pohonnya tiap dikasih susu kagak diminum, tapi diremas emoticon-army
bgus" yak, harus rajin bgt ngurusnya klo hobi bonsai...
Quote:


Sayang banget cuma diremas, padahal diseruput lebih mantab
Klo dijual laku berapa ya gan?
edann, pasti mahal bgt nih harganya..
ane pernah diajarin caranya, tapi hehe emoticon-Malu gagal
Trit gini ane suka, kebetulan ane suka juniper sama ficus, sapa tau bisa lebih tua dari di atas 😁
Semakin di tinggal wkwkwk
itu bonsai.nya ada bentuk ularnya gan ??
Teduh ngeliatnya yak... emoticon-Matabelo
Quote:


Quote:


Percuma juga Di remas di seruput kalo ga di celupin
Halaman 1 dari 5


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di