alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Food & Travel / ... / Mancanegara /
"Saatnya Impian Jadi Nyata : Negara Perdagangan dengan Ragam Budaya “
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c8b4310c9518b42681b8cae/quotsaatnya-impian-jadi-nyata--negara-perdagangan-dengan-ragam-budaya

"Saatnya Impian Jadi Nyata : Negara Perdagangan dengan Ragam Budaya “

Negara Singapura merupakan negara yang sangat terkenal dengan perdagangannya. Negara ini menjadi salah satu negara yang tergolong maju di kawasan Asia.  Dahulu, kota ini juga terkenal dengan pusat pembelanjaan terbesar di asia tenggara karena sebelum mall dan pusat perdagangan beredar luas di negara lain, singapura telah membangun terlebih dahulu. Sejak masih kecil, saya selalu diberitahu teman bahwa belanjalah di Singapura karena barangnya berkualitas bagus. Semua orang yang pergi #visitSingapore saat itu banyak sekali membeli oleh – oleh ataupun handphone model terbaru yang belum keluar di Indonesia. 

Seiring perkembangan jaman, pusat pembelanjaan telah berkembang di berbagai negara tidak terkecuali di Indonesia. Kita dapat mengunjungi pusat pembelanjaan yang beraneka ragam seperti halnya di singapura. Namun Singapura juga berkembang menjadi pusat perdagangan atau jalur perdagangan terbesar di Asia. Konon katanya, banyak induk mancanegara yang berkantor pusat di Singapura. Kemajuan negara singapura dapat terlihat dari kondisi nilai mata uangnya yaitu dollar singapura yang hampir tidak terlalu jauh nilainya dengan dollar Amerika serikat. Singapura terus berkembang dan melengkapi negaranya sehingga sekarang tidak hanya menawarkan pusat pembelanjaan dan perdagangan namun menawarkan banyak ragam jenis destinasi wisata seperti wisata pendidikan, seni , makanan dan budaya yang wajib dikunjungi. Hal ini menyebabkan jumlah wisatawan meningkat untuk #visitsingapore.  Saya selalu melihat bahwa negara ini selangkah lebih maju dibanding negara sekitarnya.

"Saatnya Impian Jadi Nyata : Negara Perdagangan dengan Ragam Budaya “

Sumber : dokumen pribadi


Pada tahun 2017 dan 2018, Singapore Tourism Board bersama sektor pariwisata #visitSingapore memecahkan rekor kunjungan wisatawan mancanegara yang datang ke negara ini. Singapura menjelma menjadi negara yang tidak hanya menawarkan bisnis, namun menawarkan juga impian dari para wisatawan mancanegara untuk berliburan. Mereka menawarkan beragam jenis wisata yang dapat dipilih dan beragam tempat yang dapat dikunjungi oleh wisatawan mancanegara.  Hal yang menariknya adalah singapura ini dianggap sebagai salah satu negara yang aman karena mempunyai sistem penegakan aturan dan denda yang baik.  Singapura juga telah membangun sektor infrastruktur dan sektor transportasi yang baik dari ataupun menuju tempat wisatanya sehingga menjadi sangat layak untuk #visitsingapore.

Perencanaan yang begitu baik dan penegakan aturan yang baik membuat Singapura dihuni oleh beragam etnis, suku, agama maupun ras yang bervariasi. Hal ini justru semakin membuat Singapura mempunyai destinasi wisata yang unik karena negara memfasilitasi setiap etnis, suku, agama tersebut untuk membangun wilayah dan mengembangkan budayanya.

Di Singapura ada banyak etnis, suku, agama  yang hidup rukun dan jarang sekali terjadi keributan. Beberapa wilayah yang ada di singapura pun dibuat sedemikian rupa untuk mengembangkan budaya masing – masing etnis seperti budaya india di kawasan little india, Budaya melayu di kawasan bugis, budaya cina di kawasan China Town. Selain wilayah, pemerintah singapura juga memfasilitasi bahkan mendorong festival budaya yang dirayakan oleh masing – masing etnis. Wisatawan mancanegara juga didorong dan ditarik untuk berkunjung ke setiap pelosok di singapura.

"Saatnya Impian Jadi Nyata : Negara Perdagangan dengan Ragam Budaya “

Sumber : Dokumen pribadi


Kamu yang baru pertama kali ke sana pasti akan terkaget bahwa wilayah di singapura itu beragam konsep dan sangat menarik. Di china town, kamu akan merasakan suasana lingkungan pecinan modern dan makanan khas china. Di little india, kamu akan merasakan suasana kental india dari baju, makanan hingga produk khas india. Di bugis, hal serupa juga akan kamu rasakan terutama suasana melayu.

Grafiti di tembok rumah yang biasanya mengotori rumah disulap oleh pemerintah singapura menjadi kawasan grafiti yang cantik dan instagram banget.  Aturan yang ketat serta pengelolaan yang baik membuat wilayah di singapura itu terstruktur dengan baik. Sesuatu yang awalnya dianggap buruk dapat berubah menjadi indah apabila ditata dengan baik.

"Saatnya Impian Jadi Nyata : Negara Perdagangan dengan Ragam Budaya “

Sumber : Dokumen pribadi


Budaya dan seni di singapura itu sangat beragam karena kamu dapat menemukan karya seni tradisional hingga karya seni modern. Tari – tarianpun beragam dari mulai tari daerah sehingga tarian modern. Pemerintah singapura menyediakan Esplanade Singapore, The substation singapura , ICA Singapore dan masih banyak lainnya sebagai  tempat mengekspresikan seni. Namun yang terhebat adalah pemerintah singapore mempromosikannya juga sehingga tempat – tempat ini menjadi sangat terkenal dan rapi. Kamu juga jangan takut #visitsingapura karena pembangunan infrastruktur dan transportasi sudah sangat baik di singapura. Jadi kamu bisa berwisata di sana tanpa harus mengikuti  tour guide. Kamu dapat menggunakan bus, Mass rapid transit ( MRT), aplikasi online taxi dan sebagainya.

Bangunan dengan banyak paduan suku.

Seperti yang sudah saya jelaskan, wilayah yang berbeda di singapore serta suku, etnis yang beragam juga mempengaruhi struktur bangunan yang ada di singapura. Mulai dari bangunan bergaya modern, gedung – gedung pencakar langit, bangunan tionghoa, bangunan gaya inggris- india, bangunan kontemporer, vernakular hingga bangunan monumental.  Beberapa bangunan, museum, wilayah memiliki sejarahnya masing – masing. Hal ini disebabkan bahwa singapura merupakan tempat meleburnya budaya dan seni dari berbagai etnis. Tempat ibadahpun sangat ikonik seperti Sultan Mosque, Sri Mariamman Temple, Thian Hock Keng Temple, St Andrew’s Cathedral, Buddha Tooth Relic Temple dan masih banyak lainnya.

Singapura menawarkan wisata modern , wisata budaya, wisata seni, wisata makanan, wisata permainan dan masih banyak wisata lainnya. Singapura yang semula terkenal dengan perdagangannya mengubah diri menjadi negara yang lengkap di berbagai sektor selain perdagangan. Berkunjung ke singapura sama halnya dengan berkunjung ke banyak negara karena kamu dapat menemukan berbagai jenis budaya, arsitektur, seni hingga produk khas berbagai suku, etnis dan ras  di wilayah singapura.  Singapura menjadi tempat yang lengkap dan yang paling penting memiliki keamanan yang baik sehingga wisatawan mancanegara tidak perlu takut untuk  #visitsingapore

Sumber Tulisan : Pribadi

Sumber gambar : Dokumentasi pribadi yang diupload imgbb
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di