alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Tribunnews.com /
Survei Alvara: Elektabilitas Jokowi dan Prabowo Turun
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c8b415a8d9b1751f941d455/survei-alvara-elektabilitas-jokowi-dan-prabowo-turun

Survei Alvara: Elektabilitas Jokowi dan Prabowo Turun

Survei Alvara: Elektabilitas Jokowi dan Prabowo Turun

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Hasil survei Alvara Research Center menunjukkan elektabilitas kedua pasangan calon presiden, Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno menurun.

Ceo dan Founder Alvara Research Center, Hasanuddin Ali, mengatakan, tren elektabilitas Jokowi-Ma'ruf dan Prabowo-Sandi tidak mengalami perubahan signifikan.

"Keduanya turun tipis dengan jumlah pemilih yang belum memutuskan (undecided voters) yang sedikit bertambah," ujar Hasanuddin saat memaparkan hasil survei Alvara di Hotel Oria, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (15/3/2019).

Hasanuddin memaparkan dari hasil wawancara terhadap 1.201 responden yang dilakukan pada seluruh 34 provinsi menyatakan tren elektabilitas dari pasangan Jokowi-Ma'ruf dan Prabowo-Sandiaga tidak mengalami perubahan yang signifikan.

Ia menyebut hasil survei yang dilakukan kedua pasangan tersebut mengalami penurunan tipis dengan jumlah pemilih yang belum memutuskan yang bertambah.

"Elektabilitas pasangan Jokowi-Maruf pada Februari 2019 sebesar 53,9%, sementara pasangan Prabowo-Sandiaga sebesar 34,7%. Di mana yang belum memutuskan 11,4%," katanya.

Menurutnya, bila dilihat dari soliditas pemilih, yaitu pemilih yang tidak mungkin berubah, pemilih Jokowi-Ma'ruf saat ini lebih besar dibandingkan pemilih Prabowo-Sandiaga.

"80,7% pemilih Jokowi-Ma'ruf menyatakaan tidak mungkin berubah pilihan. Sedangkan pemilih Prabowo-Sandi sebesar 78,2%," tutur Hasanuddin.

Para pemilih yang belum memutuskan sekitar 11,4%. Dari 11,4% itu, 68,1% cenderung memilih Jokowi-Ma'ruf, sedangkan 31,9% memilih Prabowo-Sandi.

Survei Alvara dilakukan pada responden diatas 17 tahun, dengan menggunakan multi-stage random samplingdengan rentang margin of error sebesar 2,88% dengan tingkat kepercayaan 95%.


Sumber : http://www.tribunnews.com/pilpres-20...-prabowo-turun

---

Baca Juga :

- Mekanisme Debat Ketiga Pilpres, Hanya Pertemukan Ma'ruf dan Sandiaga, Terdapat 6 Segmen

- SBY Angkat Bicara soal Video Agum Gumelar

- Safari di Sumsel, TKN Ajak Ribuan Milenial Muslim Lawan Narkoba, Hoaks dan Terorisme

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di