alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
5 Perasaan yang Selalu Disimpan Anak dari Seorang Abdi Negara
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c8b1c1428c991164a66cef9/5-perasaan-yang-selalu-disimpan-anak-dari-seorang-abdi-negara

5 Perasaan yang Selalu Disimpan Anak dari Seorang Abdi Negara

5 Perasaan yang Selalu Disimpan Anak dari Seorang Abdi Negara

Beberapa waktu lalu, kembali kita dikejutkan oleh peristiwa penyerangan yang dilakukan kepada para abdi negara yang bertugas di tanah Papua. Meski dibilang hal yang wajar dan sudah menjadi resiko bagi para abdi negara, namun tidak ada yang benar-benar ingin bekerja dengan resiko sebesar ini. Tak hanya rekan mereka saja yang dibuat sedih ketika mengetahui rekan seperjuangan gugur lebih dulu. Tapi keluarga dan juga kerabat lain pasti turut bersedih.

Tak terkecuali jika mereka yang gugur sudah memiliki keluarga, istri dan anak. Sangat membanggakan memang memiliki ayah seorang abdi negara. Namun dengan segala resiko yang mengancam mereka, tentu saja ada perasaan takut kehilangan yang dipendamnya. Bahkan ada banyak perasaan lain yang disimpan oleh seorang anak dari para abdi negara. Perasaan ini memang jarang diucapkan, bahkan terlalu haru untuk sekedar disampaikan. Berikut ini adalah sedikit perasaan yang banyak kami pendam bagi ayah atau ibu kami yang sedang mengemban tugas sebagai abdi negara.


1. Kami cemas saat mereka bertugas
5 Perasaan yang Selalu Disimpan Anak dari Seorang Abdi Negara
Tidak ada hal lain selain rasa cemas yang kami miliki. Kami bangga saat mereka mengenakan seragam dengan semua atribut yang dibawa. Pergi menaiki kendaraan besar, kapal yang gagah sampai pesawat yang besar, membuat kami sangat ingin mengabadikan dan memamerkan kepada setiap orang yang bertanya. Mereka seolah membawa rasa bangga di dada. Tapi beban mereka jauh lebih besar yang mereka pikul di pundak.

Sebagai anak, kami selalu merasa cemas saat mereka pergi bertugas. Tak hanya ketika mereka melakukan tugas di berbagai daerah rawan konflik atau daerah yang membuat mereka sulit menghubungi kami. Meski mereka hanya menjaga keamanan di suatu tempat khusus, kami pun sangat cemas memikirkannya. Kami tak kuasa menyampaikan kekhawatiran kepada mereka. Yang bisa kami katakan hanyalah semangat dan doa. Supaya mereka senantiasa bahagia dan tak merasa terbebani dalam setiap tugasnya.


2. Kami ingin mereka punya banyak waktu pribadi
5 Perasaan yang Selalu Disimpan Anak dari Seorang Abdi Negara
Menjadi abdi negara berarti menyerahkan semua hidupnya kepada negara dan tanah airnya. Apapun yang diperintahkan atasan, diminta oleh negara, mereka harus dengan sigap berdiri dan berlari menghampiri. Seolah tak ada waktu bagi mereka untuk menikmati waktu pribadi yang dimiliki oleh semua orang.

Sebagai anak, kami selalu merasa haru saat melihat mereka lelah. Ada kalanya mereka pulang hanya untuk menyapa kami. Tapi lupa dengan waktu untuk istirahat. Bahkan mereka mungkin lupa jika mereka juga memiliki hobi yang kadangkala ingin dilakukan untuk melepas penat. Kami ingin menyampaikan pada mereka yang lelah setelah menyelesaikan perintah. Memberikan waktu untuk sejenak menikmati hobi atau sekedar melakukan aktivitas pribadi yang membuat mereka kembali ceria.


3. Kami pun takut jika mereka sedang marah
5 Perasaan yang Selalu Disimpan Anak dari Seorang Abdi Negara
Ya, menjadi anak dari seorang abdi negara memang suatu kebanggaan bagi kami. Melihat mereka bertugas juga membuat teman-teman kami terkesan dan iri. Tapi ada perasaan yang tak banyak orang lain tahu rasanya menjadi kami. Yaitu perasaan takut pada mereka. Sesekali kami ingin menjauh, terlebih saat mereka sedang marah.

Ketegasan yang dibentuk selama pendidikan dan perjalanan karirnya, membentuk pribadi yang juga tegas dalam kehidupan sehari-hari. Sudah pasti kami adalah salah satu yang paling tahu bagaimana mereka cukup membuat kami takut saat sedang marah. Meski kami takut, tapi kami senang saat mereka marah pada kami. Karena di situlah kami merasa diperhatikan oleh orang tua yang bahkan jarang sekali berada di sisi kami.


4. Kami ingin mereka banyak di rumah
5 Perasaan yang Selalu Disimpan Anak dari Seorang Abdi Negara
Beberapa prajurit harus rela pergi berbulan-bulan meninggalkan keluarga untuk melaksanakan misi negara. Baik di dalam maupun luar negeri. Mereka harus jauh dari keluarga dalam waktu yang lama, termasuk komunikasi yang sulit dilakukan. Hal itulah yang menjadi alasan kami ingin mereka punya waktu pengganti.

Salah satu yang paling ingin kami sampaikan sebagai anak adalah meminta waktu mereka untuk bersama keluarga di rumah. Setelah lama berada di medan juang, kami ingin melihat mereka, merawat hingga membuat mereka bersantai di rumah. Bermain bersama sanak saudara termasuk anak-anaknya. Ya, kami ingin ayah atau ibu kami punya lebih banyak waktu bersama di rumah. Setidaknya menemani kami belajar dan menyempatkan waktu untuk menemani kami bercerita.


5. Tapi kami sungguh bangga menjadi anak mereka
5 Perasaan yang Selalu Disimpan Anak dari Seorang Abdi Negara
Tapi apapun yang mereka miliki, di setiap perjuangan yang mereka lakukan, kami sangatlah bangga menjadi anak seorang abdi negara. Waktu yang terbatas, kekhawatiran kami yang selalu ada bagi mereka, dan juga keinginan kami agar mereka lebih banyak meluangkan waktu pun tergantikan dengan rasa bangga kami menjadi anak dari seorang prajurit.

Tak menjadi masalah jika kami bukanlah prioritas. Sebab kami tahu sejak mereka berniat dan bertekad menjadi abdi negara, maka mereka pun secara otomatis menyerahkan hidup dan mati bagi negara. Mereka tak bisa bersikap seenaknya memperlakukan hidup tanpa memikirkan orang lain. Mereka adalah bagian dari negara ini yang paling kami banggakan. "Semoga mereka yang sedang berjuang menjaga perdamaian di berbagai penjuru negeri dan dunia selalu diberi kesehatan dan kebahagiaan. Kami di sini tak henti berdoa dan selalu menunggu kembali."


Sumber : https://www.idntimes.com/life/inspir...mpaign=network

---

Baca Juga :

- 5 Perasaan yang Selalu Disimpan Anak dari Seorang Abdi Negara [PUISI] Melepas Lara

- 5 Perasaan yang Selalu Disimpan Anak dari Seorang Abdi Negara [PUISI] Memandangi Gunung Hari Ini

- 5 Perasaan yang Selalu Disimpan Anak dari Seorang Abdi Negara Lihat Positifnya, Pelajaran Ini Bisa Didapat Jika Sering Dinyinyirin

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di