alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
Skincare 101: Cara Kombinasikan Retinol, Vitamin C & Hyaluronic Acid
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c8b0e1cf0bdb210fa163ff1/skincare-101-cara-kombinasikan-retinol-vitamin-c--hyaluronic-acid

Skincare 101: Cara Kombinasikan Retinol, Vitamin C & Hyaluronic Acid

Skincare 101: Cara Kombinasikan Retinol, Vitamin C & Hyaluronic Acid

Kalau rutinitas skincare-mu cuma sekadar pakai cleanser biasa dan pelembap (yang sebenarnya butuh upgrade), ada kemungkinan besar kalau kamu sebenarnya sudah mulai butuh pakai vitamin C, retinol, atau hyaluronic acid untuk menjaga kesehatan kulit.

Tiga bahan skincare populer ini bisa ditemukan di beberapa produk, dan ketiga bahan ini bukan main manfaatnya. Setiap bahan mengandung manfaat yang bisa membuat kulitmu menjadi lebih sehat.

Tentu saja, ketika sebuah bahan skincare dipakai sendirian, kamu harusnya juga penasaran apakah jika dikombinasikan dengan bahan lain apakah akan lebih keluar manfaatnya.


1. Sebenarnya apa sih manfaat vitamin C, retinol dan hyaluronic acid untuk kulit?
Skincare 101: Cara Kombinasikan Retinol, Vitamin C & Hyaluronic Acid
Pertama-tama, kita harus cari tahu dulu kenapa kita membutuhkan ketiga bahan skincare ini.

Vitamin C: Selain menjadi intisari buah jeruk, ketika digunakan sebagai formula skincare, vitamin C bisa membuat perubahan besar dalam skin tone kulitmu. Vitamin C terbukti untuk meningkatkan warna kulit dan menetralkan kerusakan akibat radikal bebas. Serum vitamin C biasanya sangat efektif untuk mengikat semua manfaatnya karena akan meresap masuk ke lapisan sel terdalam kulit.

Retinol: Kalau kamu memang tertarik dengan dunia skincare, kemungkinan kamu sudah tahu manfaat retinol dalam melawan kerutan. Retinol akan membuat lapisan terluar kulitmu regenerasi lebih cepat. Artinya, retinol bisa membuat garis kerutan memudar dan bikin kesan glowing. Kalau memang belum fokus dengan anti-aging, kamu juga tetap bisa pakai retinol karena juga bisa mengatasi jerawat dan warna kulit tidak merata.

Hyaluronic acid: Sekarang setiap pelembap hampir semua mengandung hyaluronic acid. Zat ini mengikat dirinya 1000 kali beratnya di air. Zat ini akan membuat kulitmu terhidrasi dengan sangat baik dan terlihat dewy sepanjang hari. Hyaluronic acid adalah bahan pelembap yang super keren dan bisa digunakan untuk berbagai tipe kulit, termasuk kulit sensitif sekali pun. Hyaluronic acid bisa ditemukan di berbagai produk berbeda, mulai dari masker, serum, dan pelembap.


2. Gimana ceritanya pakai ketiga bahan ini bersamaan bisa membawa manfaat untuk kulit?
Skincare 101: Cara Kombinasikan Retinol, Vitamin C & Hyaluronic Acid
Kamu bisa (dan seharusnya) menggabungkan ketiga bahan ini di rutinitas skincaremu. Karena dengan menggunakan ketiganya secara bersamaan kamu akan mendapat manfaat yang banyak hanya dalam satu kali rutinitas.


3. Gimana caranya pakai ketiga bahan ini secara bersamaan?
Skincare 101: Cara Kombinasikan Retinol, Vitamin C & Hyaluronic Acid
Menambahkan bahan tambahan ke dalam rutinitas skincare-mu gak selalu mudah, tapi akan selalu ada cara. Apa saja langkah-langkahnya?

Step 1: Bersihkan wajahmu di pagi hari

Setiap rutinitas skincare di pagi hari selalu sama. Tak peduli bahan apa yang ingin dikombinasikan, kamu harus memulainya dengan wajah yang bersih. Bagaimana pun, kamu gak bisa asal-asalan memilih pembersih dan berharap kulitmu bakal kece badai. Semua tergantung pada kedisiplinanmu dan pakai pembersih yang sesuai dengan tipe kulitmu.

Step 2: Pakai serum vitamin C

Sebaiknya pakai vitamin C setelah cuci muka karena bisa meningkatkan penyerapan produk sehingga bisa dapat hasil maksimal. Gunakan serum vitamin C dengan kandungan minimal 15% agar bisa membantu menyingkirkan tanda penuaan dini.

Step 3: Gunakan serum atau pelembap hyaluronic acid

Jika sudah pakai vitamin C, tunggulah sampai benar-benar meresap sebelum kamu pakai produk lain. Cari produk hyaluronic acid yang juga membantu melindungi kulitmu dari radikal bebas. Setelah ini, kamu bisa pakai sunscreen dan melanjutkannya dengan makeup harianmu.

Step 4: Bersihkan wajahmu kembali di malam hari

Setelah kamu tahu aturannya, sebelum tidur kamu juga harus membersihkan wajah saat malam hari meski pun kamu gak pakai makeup. Karena kulitmu terekspos kotoran dan polusi sepanjang hari, penting untuk mengistirahatkan kulitmu dengan membersihkannya secara baik dan benar agar kotoran tak menyumbat pori-porimu dan bikin jerawat.

Dengan membersihkan semua dosa-dosa di wajah, kamu bisa membantu kulitmu untuk regenerasi dengan baik. Untuk membersihkannya, kamu bisa pakai micellar water karena mampu mengangkat semua kotoran dalam beberapa kali usap saja.

Step 5: Pakai retinol

Retinol gak cuma untuk orang dengan kulit bermasalah. Semua orang bisa pakai retinol; kuncinya adalah dengan pakai perlahan-lahan. Mulai dengan pemakaian tiga kali seminggu dan bisa ditingkatkan frekuensi pemakaiannya seiring waktu. Gak peduli sesering apa pun kamu pakai retinol, pastikan kulitmu sudah dalam keadaan bersih dan kering. Karena retinol bisa bikin kulitmu sensitif terhadap sinar matahari, sebaiknya aplikasikan saat malam hari sebelum tidur. Jika ingin pakai siang hari, ikuti dengan pemakaian sunscreen.

Step 6: Pakai pelembap

Retinol bisa bikin kulit terasa kering, sehingga kamu butuh pelembap setelahnya. Kamu harus tahu produk apa saja yang cocok dengan kulitmu. Caranya? Dengan mencobanya, tentu saja. Gunakan pelembap setelah pakai retinol agar kulitmu tidur dalam keadaan lembap dan bahagia.


Sumber : https://www.idntimes.com/life/women/...mpaign=network

---

Baca Juga :

- Skincare 101: Cara Kombinasikan Retinol, Vitamin C & Hyaluronic Acid 5 Tips Memilih Skin Care untuk Kulit Sensitif. Harus Tahu nih Girls!

- Skincare 101: Cara Kombinasikan Retinol, Vitamin C & Hyaluronic Acid 5 Rekomendasi Produk Skincare Khusus untuk Kulit Kemerahan

- Skincare 101: Cara Kombinasikan Retinol, Vitamin C & Hyaluronic Acid 7 Hal Ini Wajib Dipahami sebelum Memulai Perawatan dengan Dermaroller

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di