alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Tribunnews.com /
Jojoba Perkenalkan Fitur Aplikasi Terbaru untuk Rekrutmen Lulusan SMK
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c8af7d0018e0d3ce8532777/jojoba-perkenalkan-fitur-aplikasi-terbaru-untuk-rekrutmen-lulusan-smk

Jojoba Perkenalkan Fitur Aplikasi Terbaru untuk Rekrutmen Lulusan SMK

Jojoba Perkenalkan Fitur Aplikasi Terbaru untuk Rekrutmen Lulusan SMK

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pengangguran merupakan salah satu masalah yang masih sulit untuk diatasi oleh Indonesia.

Menurut Badan Pusat Statistik (2018), masih tercatat bahwa Tingkat Pengangguran Terbuka per Agustus 2018 berjumlah 7 juta orang.

Selain itu, berdasarkan tingkat Pendidikan, pengangguran tertinggi masih berasal dari lulusan SMK.

Melihat hal ini, Jojoba mengambil peran untuk membantu menanggulangi pengangguran yang ada di Indonesia.

Jojoba berdiri di tahun 2017 dengan misi untuk meningkatkan efisiensi rekrutmen di Indonesia khususnya kalangan non-eksekutif yang terpusat di lulusan SMK dengan menyiapkan teknologi berbasis web dan android.

CEO Jojoba, Andreas Setiadi mengatakan Jojoba menawarkan suatu hal yang berbeda dengan aplikasi lainnya karena disini kami tidak hanya membantu pencari kerja mendapat pekerjaan tetapi juga untuk meningkatkan kualitas hidup mereka dengan fitur-fitur canggih yaitu Tes Psikometrik, E-Learning dan CV Download.

"Selain itu, kami juga melakukan survey bahwa beberapa masalah utama pengangguran di SMK adalah kurangnya informasi lowongan juga soft skill lulusan SMK yang dinilai rendah oleh standar perusahaan dan fitur kami diharapkan membantu masalah utama tersebut," dalam keterangan pers di Jakarta, Kamis (14/3/2019).

Baca: Lowongan Kerja PLN, Pendaftaran Hingga 22 Maret 2019

Fitur Tes Psikometrik disediakan untuk mengukur kompetensi perilaku dari pencari kerja guna mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan mereka dalam bekerja.

Selain itu, terdapat laporan Tes Psikometrik yang dapat diakses oleh pencari kerja, sehingga mereka dapat terbantu untuk mengembangkan potensi, terutama di area soft skill.

Adapun Menurut Psikolog Industri & Organisasi, Ade Hanie, selaku Partner Jojoba dalam pengembangan Tes Psikometrik,

”Hasil Tes Psikometrik dapat kita analogikan sebagai sebuah peta untuk pencari kerja. Dengan adanya peta, pencari kerja akan mengetahui posisi mereka saat ini.
Lalu, dapat memetakan langkah apa perlu dilakukan dalam rangka pengembangan diri, guna menjadi pribadi yang lebih unggul, sehingga mempermudah mereka dalam mendapatkan pekerjaan," ujarnya.

Pada prakteknya, lanjut Adem jika saya tahu bahwa kemampuan Komunikasi saya masih kurang, artinya saya harus lebih banyak berlatih dan mengambil kesempatan di kehidupan sehari-hari untuk menyampaikan ide-ide saya, sehingga semakin lama kepercayaan diri saya juga semakin tumbuh.

"Dengan mengikuti Tes Psikometrik Jojoba, tentu saja pencari kerja akan lebih dahulu mendapatkan umpan balik (feedback) mengenai kapabilitasnya sebagai individu, melalui Laporan Tes Psikometrik,” ujar Ade.

Selain itu, Jojoba juga bekerjasama dengan partner Fitur E-Learning yaitu SCOLA, sebagai platform belajar online, guna membantu pencari kerja untuk mengembangkan soft skill dan hard skill.

Survey yang dilakukan Jojoba terhadap Guru SMK menunjukkan bahwa salah satu faktor yang menghambat lulusan SMK diterima perusahaan adalah dari sisi hard skill dan soft skill yang masih belum memenuhi standar yang ditetapkan oleh perusahaan.

Dengan E-Learning, Jojoba berupaya menjembatani beberapa proses pembelajaran yang masih belum terfasilitasi semasa sekolah melalui E-Learning yang dapat dengan mudah diakses kapan saja dan dimana saja.

Metode belajar yang fun dan kontekstual dengan dunia kerja juga menjadi salah satu keunggulan E-Learning Jojoba.

Pencari kerja juga dapat mengikuti kuis di E-Learning untuk mengevaluasi sejauh mana pemahaman mereka terhadap materi yang diberikan.

CV diyakini bukan hanya sebagai media bagi pencari kerja untuk menuangkan informasi tentang dirinya, namun juga berfungsi sebagai pemberi kesan pertama (first impression) dari seorang pencari kerja kepada rekruter.

Berdasarkan riset Jojoba mengenai CV, para lulusan SMK membutuhkan bantuan khusus dalam menyusun CV.

Untuk itu, Fitur CV Download disediakan untuk membantu mengarahkan pencari kerja dalam merangkum data diri dengan lebih terstruktur, dengan dilengkapi desain yang menarik, sehingga perekrut mendapatkan kesan positif mengenai pencari kerja.

Melalui fitur ini, diharapkan dapat meningkatkan peluang mereka untuk dapat diterima bekerja di perusahaan.

Untuk menggunakan semua fitur ini, pencari kerja cukup membayar sebesar Rp 25.000. Selain itu, pencari kerja juga mendapat cashback sebesar 80% jika mereka mengisi profil dan CV hingga Tes Psikometrik.

Cashback ini diberikan sebagai bentuk komitmen untuk pencari kerja agar sungguh-sungguh menunjukkan keseriusannya dalam mencari kerja.

Kami berharap dengan kehadiran Jojoba, dapat memberikan manfaat dan menanggulangi masalah pengangguran yang ada di Indonesia dan menjadi salah satu alat untuk meningkatkan efisiensi rekrutmen lulusan SMK di Indonesia.


Sumber : http://www.tribunnews.com/techno/201...en-lulusan-smk

---

Baca Juga :

- Rekrutmen Bersama BUMN 2019 - Lowongan Perum Jamkrindo hingga 17 Maret 2019 Cek Alurnya di Sini!

- Rekrutmen Bersama BUMN 2019 - Pendaftaran Lowongan PT Bukit Asam Masih Dibuka, Cek Syaratnya di Sini

- Rekrutmen Bersama BUMN 2019 - Pendaftaran Lowongan PT Telkom Sudah Dibuka, Cek Syaratnya di Sini!

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di