alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
5 Nasihat Kalau Kamu Hidup dalam Toxic Family
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c8ae443a2d195303371673c/5-nasihat-kalau-kamu-hidup-dalam-toxic-family

5 Nasihat Kalau Kamu Hidup dalam Toxic Family

5 Nasihat Kalau Kamu Hidup dalam Toxic Family

Keluarga punya tanggung jawab besar untuk membentuk generasi penerus suatu bangsa. Namun, tak semua keluarga bisa menerapkan pola pendidikan yang ideal secara sadar maupun tidak. Tak jarang malah keluarga menjadi punca masalah yang dihadapi sang anak. 

Terdapat istilah toxic family yang merujuk pada perlakuan orangtua atau saudaranya yang bisa menyakiti dan merusak fisik, mental, psikologis dan emosi sang anak. Tentunya, hal ini akan terus terperangkap dalam memori dan kepribadiannya hingga dewasa.

Orangtua yang tak menghargai sang anak apa adanya maupun perlakuan membanding-bandingkan dengan saudaranya yang lain adalah contoh sikap 'racun' dalam sebuah keluarga. 

Jika kamu hidup dalam posisi seperti itu, sikap apa yang sebaiknya kamu ambil? Yuk, simak 5 nasihat bijak berikut!


1. Jangan mendendam
5 Nasihat Kalau Kamu Hidup dalam Toxic Family
Tentu saja, kamu tak perlu memupuk dendam untuk orangtua maupun saudaramu yang telah banyak menorehkan luka psikologis. Meski di masa lalu, ayah dan ibumu banyak mengancam dan menyalahkan secara sepihak, kamu tak boleh membiarkan luka itu berubah menjadi kesumat yang menyakiti kedua belah pihak.

Bagiamana pun juga, merekalah keluarga yang menjadi tempamu berbakti dan mengabdi. Sebelum ada orang lain, merekalah yang paling banyak berbuat baik padamu sedari kecil. Buanglah rasa sesal dan marah, berdamailah dengan luka yang pernah tertoreh.


2. Bangun kemandirian dari segala sisi
5 Nasihat Kalau Kamu Hidup dalam Toxic Family
Salah satu contoh sikap 'racun' orangtua ke anak adalah melarang mereka mencapai upaya untuk mandiri. Di saat mereka bersemangat membangun inisiatif untuk berbisnis kecil-kecilan dan laba yang belum seberapa, lalu orangtua meremehkan upaya tersebut.

Dampaknya, sang anak akan merasa bahwa usahanya sia-sia dan tak ada artinya membiasakan kemandirian sejak dini. Pada akhirnya, tidak banyak hal yang bisa dia lakukan dalam rangka mengembangkan diri. 

Itu sebabnya, kamu tak perlu mempedulikan hal tersebut. Teruslah mencoba memupuk kemandirian agar harga diri dan level percaya dirimu meningkat serta mampu menikmati hidup. 


3. Bangun ketegasan diri agar mampu berdebat secara halus
5 Nasihat Kalau Kamu Hidup dalam Toxic Family
Penting bagi kamu membangun ketegasan saat berada dalam lingkungan toxic family. Ketegasan itu berguna saat kamu mesti menyampaikan pendapat yang perlu diketahui oleh pihak keluarga.

Kamu juga tak segan mengungkapkan kebenaran dan menyingkirkan kesalahan dalam setiap pilihan yang menghampiri. Sikap tegas akan membuatmu dipandang tinggi oleh anggota keluarga lainnya.


4. Berkonsultasi ke psikolog atau guru spiritual
5 Nasihat Kalau Kamu Hidup dalam Toxic Family
Umumnya, banyak anak yang tertekan dan sulit mengungkapkan keinginan sederhananya terhadap orangtua. Jika dibiarkan berlarut-larut, tentu akan berdampak pada mental yang ingin berontak.

Sebelum itu terjadi, temuilah pihak ketiga yang berprofesi sebagai psikolog atau guru spiritual untuk membantu memulihkan tekanan yang kamu alami. Mintalah solusi terbaik lewat mereka bagaimana caranya menghadapi orangtua atau keluarga yang mengganggu ketenanganmu.


5. Perbaiki hubungan hingga ke level normal
5 Nasihat Kalau Kamu Hidup dalam Toxic Family
Terakhir, upayakanlah perbaikan hubungan hingga senormal mungkin. Seburuk apapun keluargamu, mereka adalah sebaik-baik tempat untukmu kembali suatu saat nanti. Perbaikilah hubungan dengan mereka lewat obrolan yang akrab, keterbukaan sebagai pihak yang sama-sama dewasa dan saling berkomitmen untuk menjalin relasi yang sehat. 

Semoga kelima nasihat ini bisa berguna untuk kamu yang dilanda problem keluarga. Selamat mencoba!


Sumber : https://www.idntimes.com/life/family...mpaign=network

---

Baca Juga :

- 5 Nasihat Kalau Kamu Hidup dalam Toxic Family 5 Alasan yang Bisa Membuatmu Terus Terjebak di Hubungan yang Toxic

- 5 Nasihat Kalau Kamu Hidup dalam Toxic Family Jangan Resah, Lakukan 5 Tips Ini Jika Toxic People Mengumbar Aibmu 

- 5 Nasihat Kalau Kamu Hidup dalam Toxic Family 5 Sifat Ini Buatmu Jadi Toxic People di Lingkungan Kerja, Sadar Gak?

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di