alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Food & Travel / ... / Cerita Pejalan Mancanegara /
Cara murah cuma 70 ribuan pergi ke Cu Chi Tunnels di Ho Chi Minh City, Vietnam
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c89c2c1eaab252d6c599c5f/cara-murah-cuma-70-ribuan-pergi-ke-cu-chi-tunnels-di-ho-chi-minh-city-vietnam

Cara murah cuma 70 ribuan pergi ke Cu Chi Tunnels di Ho Chi Minh City, Vietnam



Akhir bulan Februari 2019 kemarin saya baru aja backpackeran lagi bareng Sien ke 3 negara di Asia Tenggara, yaitu Vietnam, Kamboja dan Thailand. Negara pertama yang kami datengin adalah Vietnam, di kota Ho Chi Minh City (HCMC). Salah satu tujuan wisata di HCMC yang terkenal iaitu adalah Chu Chi Tunnels (dibaca: Khu Chi Tunnels). Chu Chi Tunnels ini adalah terowongan-terowongan bawah tanah yang dipake para tentara Vietcong pas jaman dulu perang Vietnam melawan US. Terowongannya banyak dan panjang banget, dengan banyak ruangan juga di dalamnya, kayak ruang rapat, ruang makan, kamar, klinik, dsb. Mereka hidup dan tinggal di bawah tanah sambil berperang melawan tentara US.

Chu Chi tunnels ini lokasinya ada di pinggiran kota HCMC. Mungkin kalo di Indonesia kayak di kota kabupatennya gitu, dan ini ada di Kabupaten Chu Chi, yang letaknya sekitar 2 jam perjalanan dari HCMC. Di HCMC sendiri banyak paket half day tour maupun full day tour buat ke Chu Chi Tunnels ini. Tapi namanya paket tour, tentu harganya bakal lebih mahal karena include Tour Guide dan private transport yang nyaman. Nah karena kami males bayar mahal, jadi kami mutusin buat pergi ke Chu Chi Tunnels dengan cara ngeteng naek bus kota sendiri, biar ngirit. Lagipula bus di Vietnam ini bagus-bagus kok, dan yang penting, murah.

Cara paling gampang buat menuju ke Chu Chi Tunnels dari HCMC adalah:
1. Pertama, kita naik bus dari terminal 23/9 Park (atau biasa juga disebut 23rd September Park) yang lokasinya gak jauh dari Ben Thanh Market. Karena biasanya wisatawan juga banyak yang nginep di deket Ben Thanh Market, jadi buat menuju terminal ini juga deket, bisa ditempuh dengan jalan kaki. Tapi kalo mager jalan juga bisa naik Grab yang udah banyak tersebar di HCMC.

2. Sesampainya di 23/9 Park, kita cari bus nomer 13. Naik bus ini dengan membayar harga VND 10.000 per orang (harga per Februari 2019) dan turun di terminal terakhir di kota Chu Chi. Waktu tempuh tergantung kondisi lalu lintas dan sopirnya. Waktu itu kami dapet sopir yang nyetirnya pelan banget, jadi hampir 2 jam perjalanan barulah kami nyampe Chu Chi.

3. Dari terminal Chu Chi, naik lagi ke bus nomer 79. Bayar VND 6000 per orang. Tinggal bilang aja ke kernetnya kalo ita mau turun di Chu Chi Tunnels, nanti kita bakal diturunin di pinggir jalan tepat di depan gerbang masuknya. Waktu tempuhnya sekitar 40 menit. Jadi total biaya transport cuma VND 16.000 sekali jalan. Itu cuma sekitar Rp11.000.

4. Dari gerbang masuk Chu Chi Tunnels, kita harus jalan kaki lagi sekitar 5 menit sampai ketemu loket penjualan tiket masuknya. Harga tiket masuk per tulisan ini dibuat adalah VND 90.000 sudah termasuk English Tour Guide dan snack.

5. Setelah beli tiket, kita jalan kaki lagi mengikuti jalan sampai ketemu bangunan bergaya Tiongkok. Tempat ini namanya Ben Duoc Temple. Di dalamnya ada pagoda dan tempat ibadah yang dibangun untuk menghormati pejuang yang gugur di jaman perang. Kalo mau masuk kayaknya musti bayar lagi. Kami sih kemaren gak masuk karena waktunya mepet. Pokoknya dari Ben Duoc Temple ini jalan aja terus lurus mengikuti jalan aspal, sampai ketemu papan tulisan  "Entrance to the Tunnel".

Cara murah cuma 70 ribuan pergi ke Cu Chi Tunnels di Ho Chi Minh City, Vietnam


Cara murah cuma 70 ribuan pergi ke Cu Chi Tunnels di Ho Chi Minh City, Vietnam
Ben Duoc Temple


6. Sampai di suatu pos masuk, kita bakal diberi sticker sebagai tanda kalo kita sudah punya tiket. Nah disini kita disuruh nunggu sampe kuota tur terpenuhi, kira-kira sampai 10-15 orang, lalu kita bakal dipandu oleh seorang tour guide buat keliling ke area Cu Chi Tunnels.

Ada apa aja di Cu Chi Tunnels ini?
Pertama kita bakal dikasi liat tontonan dokumenter tentang Perang Vietnam (waktu itu kami nonton dokumenternya terakhir, karena join ama grup lain yang udah terlanjur jalan). Setelah itu tour guide juga ngasih liat beberapa replika tentara Vietcong dan pakaian yang mereka pakai waktu perang dulu. Pakaiannya kadang juga sekaligus buat kamuflase di hutan, menyulitkan pasukan US yang mau menyerang mereka. Kita juga dikasih liat sisa-sisa bom dan senjata yang masih utuh.

Lanjut jalan memasuki hutan, kita juga bakal diajak masuk ke terowongan-terowongan yang masih bisa dimasuki. Konon kabarnya panjang asli terowongan ini bisa sampai 200km. Terowongan ini punya banyak sekali ruangan di dalamnya, karena pasukan Vietcong waktu itu hidup, tinggal, bersembunyi, sambil menyerang musuh di dalam terowongan-terowongan ini. Jadi di dalamnya juga ada kamar tidur, dapur, ruang rapat (yang bisa menampung hingga 50 orang), rumah sakit, gudang senjata, dll.

Terowongannya sempit banget. Tingginya cuma sekitar 60cm, bahkan beberapa ada yang sudah ditinggikan sedikit demi meringankan beban turis bule yang mau coba masuk, tapi tetep aja sempit. Jadi kalo masuk, kita harus jalan jongkok atau sambil nunduk parah. Paha ama pinggang pegel semua kalo masuk ke terowongannya. Terowongan terpanjang yang kita masuki waktu itu ada yang sampai 30m sebelum ketemu pintu keluarnya lagi.

Cara murah cuma 70 ribuan pergi ke Cu Chi Tunnels di Ho Chi Minh City, Vietnam


Cara murah cuma 70 ribuan pergi ke Cu Chi Tunnels di Ho Chi Minh City, Vietnam


Cara murah cuma 70 ribuan pergi ke Cu Chi Tunnels di Ho Chi Minh City, Vietnam



Selain terowongan, kita juga dikasih liat beberapa trik yang dilakukan oleh tentara Vietcong selama masa perang, misalnya:
- jebakan rahasia yang mereka buat untuk melumpuhkan tentara US
- dapur di bawah tanah yang hanya bisa digunakan saat subuh supaya asap yang keluar tersamarkan oleh kabut
- tempat mengintip dari dalam terowongan yang digunakan oleh sniper. Bener-bener gak keliatan karena tersamarkan oleh pepohonan
- proses pembuatan sepatu yang digunakan oleh tentara Vietcong

Cara murah cuma 70 ribuan pergi ke Cu Chi Tunnels di Ho Chi Minh City, Vietnam


Cara murah cuma 70 ribuan pergi ke Cu Chi Tunnels di Ho Chi Minh City, Vietnam


Cara murah cuma 70 ribuan pergi ke Cu Chi Tunnels di Ho Chi Minh City, Vietnam



Terakhir kami dikasi makan makanan khas tentara Vietcong pada masa perang, yaitu singkong rebus. Bedanya dengan singkong rebus di Indonesia, singkong mereka dimakan dengan dicocol ke bumbu kacang campur gula. Rasanya ya sama aja sih.

Durasi tur keliling area Cu Chi Tunnels sekitar 1-2 jam. Seru banget buat dikunjungin, terutama pas masuk ke terowongan-terowongannya. Worth it banget dengan harga tiket yang murah meriah serta lokasinya yang gak terlalu jauh dari Ho Chi Minh City. Buat yang gak mau ribet, banyak banget pilihan paket tour dari HCMC yang sudah include private bus, makan siang, tour guide langsung dari HCMC, bahkan bisa dijemput langsung di depan hotel. Tapi ya harganya tentu lebih mahal. Kalo mau ngirit bisa dicoba cara kami ini. Sedikit lebih lama karena harus ke terminal dan nungguin busnya ngetem, tapi total biayanya jauh lebih murah.

Total biaya ke Cu Chi Tunnels dari HCMC:
- Tiket bus PP = VND 32.000
- Tiket masuk Cu Chi Tunnels = VND 90.000
Total = VND 122.000 = sekitar Rp 75.000

Visit blog ane disini juga ya gans: bokekpacker.com
Tonton vlognya disini ya guys:

YouTube Vlog Indochina Trip #1 - Cu Chi Tunnels

Diubah oleh ngeeek
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Reserved
dalem bolongan itu ada jalan?
sesempit itu? emoticon-Takut
bisa gila ane klo masuk situ.


Quote:


Kenapa emangnya gan?
Ada claustrophobia kah??
😬😬


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di