alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Tribunnews.com /
Soal Survei Internal BPN, TKN: Publik Lebih Percaya Survei Lembaga Independen
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c89bffffacb9545e42ccd8e/soal-survei-internal-bpn-tkn-publik-lebih-percaya-survei-lembaga-independen

Soal Survei Internal BPN, TKN: Publik Lebih Percaya Survei Lembaga Independen

Soal Survei Internal BPN, TKN: Publik Lebih Percaya Survei Lembaga Independen

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Srihandriatmo Malau

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Tim Kampanye Nasional (TKN)  Joko Widodo (Jokowi)- KH Ma’ruf Amin menanggapi santai klaim kemenangan BPN Prabowo Subianto-Sandiaga Uno dalam survei internal mereka.

Berdasarkan hasil survei internal, elektabilitas pasangan nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno telah mencapai 54 persen.

Sementara, elektabilitas pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin diklaim berada di sekitar angka 40 persen.

"Wah tanggung sekali kasih angka. Kalau survei internal harusnya sekalian kasih angka yang tinggi. Karena hasilnya memang beda dengan mayoritas lembaga survei. Makanya sekalian saja ditinggikan," ujar anggota TKN Jokowi-Maruf Amin, Achmad Baidowi, kepada Tribunnews.com, Kamis (14/3/2019).

Dalam survei internal, kata Wakil Sekjen Partai Persatuan Pembangunan (PPP), tentu faktor subyektivitas lebih dominan.

Baca: Dari Posisi Bek Menjadi Striker, Gavin Kwan Kian Tajam Cetak Gol

" Kami tak terpengaruh dengan hasil survei mereka," ucap anggota komisi II DPR RI ini.

Apalagi imbuh dia, publik lebih mempercayai hasil survei lembaga independen. Hasil survei lembaga-lembaga independen mengungkap Jokowi-Ma'ruf Amin masih jauh mengungguli Prabowo-Sandi.

"Karena ini menjadi penyemangat bagi kami untuk menatap 17 April. Hal ini menunjukkan bahwa konsistensi perjuangan TKN membuahkan hasil maksimal, " tegasnya.

 Namun demikian kata dia, TKN Jokowi-Amin tidak mau terlena dengan hasil survei.

 "Kami terus bekerja karena hasil survei hanya kami jadikan acuan dalam melakukan langkah-langkah ke depan," ujarnya.

Hasil survei tersebut juga membuktikan bahwa Jokowi makin dicintai masyarakat karena terbukti bekerja maksimal dalam membangun di Indonesia. Soal target ya kita targetkan menang, tentu dengan target maksimal," tegasnya.
 
Koordinator juru bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Dahnil Anzar Simanjuntak mengklaim, berdasarkan hasil survei internal, elektabilitas pasangan nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno telah mencapai 54 persen.

Sementara, elektabilitas pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin diklaim berada di sekitar angka 40 persen. 

Hal itu disampaikan saat dimintai tanggapannya terkait hasil survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) yang menunjukkan elektabilitas pasangan nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin lebih tinggi ketimbang pasangan Prabowo-Sandiaga. 

"Hasil survei kami, justru saat ini sudah crossing, Prabowo-Sandi sudah di angka 54 persenan sedang Jokowi 40-an," ujar Dahnil saat dihubungi, Senin (11/3/2019). 

Kendati demikian, Dahnil tidak menyebutkan secara spesifik mengenai hasil survei internal tersebut, misalnya mengenai jumlah responden dan kapan survei internal itu dilakukan. 

Baca: PKB Kumpulkan Seribu Kiai, Mendadak Jokowi Telepon

Ia juga tidak menyebut daerah mana saja yang menjadi basis kemenangan pasangan Prabowo-Sandiaga. 

Mantan Ketua PP Pemuda Muhammadiyah mengatakan, pihaknya yakin pasangan Prabowo-Sandiaga dapat meraih suara di atas 60 persen pada saat pencoblosan. 

"Jadi kami yakin beberapa hari ini pada saat pencoblosan Prabowo-Sandi itu bisa menang di atas angka 60 persen," kata Dahnil. 

SMRC melakukan survei kepada 1.426 responden yang mewakili seluruh provinsi di Indonesia. 

Peneliti menanyakan, seandainya pemilu dilakukan sekarang, siapa pasangan capres dan cawapres yang akan dipilih. Hasilnya, 54,9 persen memilih pasangan Jokowi-Ma'ruf. 

Sementara, pemilih pasangan Prabowo-Sandi sebesar 32,1 persen. Kemudian, sebanyak 13,0 persen menyatakan tidak tahu atau merahasiakan pilihannya. 

Pengumpulan data dalam survei ini berlangsung pada 24-31 Januari 2019. Penelitian ini menggunakan metode multistage random sampling, dengan melibatkan 1.426 responden. Proses pengumpulan data dilakukan dengan wawancara tatap muka. 

Adapun, margin of error dalam penelitian ini lebih kurang 2,65 persen. 

Selain SMRC, beberapa lembaga survei lain sudah mengeluarkan hasil penelitiannya terhadap elektabilitas capres-cawapres. 

Melansir Kompas.com diberitakan ada tiga lembaga survei yang mengeluarkan gambaran elektabilitas pasangan nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. 

1. Survei LSI Denny JA pada Februari 2019, Jokowi-Ma'ruf memperoleh 58,7 persen dan Prabowo-Sandi memperoleh 30,9 persen. 

2. Survei Cyrus Network pada 18 hingga 23 Januari 2019, Jokowi-Ma'ruf memperoleh 57,5 persen dan Prabowo-Sandi sebesar 37,2 persen. 

3. Survei Populi Center pada 20-27 Januari 2019, Jokowi-Ma'ruf sebesar 54,1 persen dan Prabowo-Sandi 31 persen.(*)
ikirim dari Yahoo Mail di Android


Sumber : http://www.tribunnews.com/nasional/2...aga-independen

---

Baca Juga :

- Ungguli Jokowi-Ma'ruf, Begini Cara Survei Internal BPN Prabowo-Sandiaga Uno

- Pakai 32.460 Responden, Hasil Survei Internal Tim BPN Sebut Elektabilitas Prabowo Lampaui Jokowi

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di