alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Hobby / Health /
8 Minuman Untuk Penderita Asam Lambung
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c89b20ae83c7243e7424470/8-minuman-untuk-penderita-asam-lambung

8 Minuman Untuk Penderita Asam Lambung

Ketika anda terserang penyakit asam lambung, hal tersebut berarti anda dianjurkan untuk mengatur pola makan yang sebaik mungkin. Dikarenakan jika anda salah dalam mengkonsumsi makanan akan dapat membuat gejala asam lambung menjadi kambuh, seperti mual, sakit tenggorokan, atau pun batuk.

Selain membatasi dalam hal makanan, anda juga diharuskan mengetahui minuman apa saja yang dapat membuat asam lambung menjadi naik. Untungnya, terdapat beberapa minuman yang dapat diminum oleh penderita asam lambung dengan aman dan juga mampu meredakan gejala asam lambung itu sendiri. Berikut ini adalah beberapa minuman untuk penderita asam lambung yang sudah terbukti dapat mengurangi gejalanya, diantaranya :

1. Jus

Sangatlah tidak dianjurkan bagi penderita asam lambung untuk mengkonsumsi buah-buahan sitrus seperti nanas, apel, atau pun jeruk. Hal tersebut dikarenakan, adanya kandungan asam pada buah-buahan tersebut sehingga dapat membuat asam lambung menjadi naik. Akan tetapi, hal ini bukan berarti anda menjadi tidak bisa mengkonsumsi buah-buahan, terlebih lagi minum jus buah.

Sebaiknya, sebelum membuat jus selalu diutamakan memilih sayur atau buah yang memiiki rendah kandungan asamnya seperti mentimun, lidah buaya, wortel, atau pun bayam. Tidak hanya itu, minuman segar dari buah yang paling aman untuk penderita penyakit asam lambung adalah buah pir, bit, dan juga semangka.

2. Teh Herbal

Salah satu minuman selanjutnya yang cocok diminum oleh penderita asam lambung adalah teh. Akan tetapi, tidak semua teh aman dikonsumsi ketika asam lambung sedang naik.

Terdapat jenis teh yang aman untuk dikonsumsi agar dapat meredakan asam lambung, yakni teh dengan kandungan kafein yang rendah. Terdapat beberapa teh yang mempunyai kafein rendah seperti teh daun mint, teh kayu manis, dan juga teh chamomile.

Jenis-jenis tersebut memang memiliki kandungan zat polifenol yang sangat berperan sebagai antioksidan yang ampuh untuk meredakan penyakit asam lambung.

Cara pembuatannya pun sangatlah mudah. Anda hanya cukup untuk mendidihkan air dan mencampurkan 1-2 sendok teh chamomile, teh daun mint, atau pun teh kayu manis. Kemudian, anda bisa menambahkan madu untuk penambah rasanya. Sangat baik dikonsumsi ketika masih hangat pada saat buka puasa atau pun sahur.

3. Air Kelapa

Air kelapa ini dapat menurunkan bahkan meredakan gejala penyakit asam lambung seperti mual dan juga nyeri. Tidak hanya berfungsi sebagai isoton alami, air kelapa ini juga mempunyai khasiat untuk mengatasi ketidaknyamanan yang disebabkan oleh naiknya kadar asam lambung.

Kandungan kalium yang ada di dalam air kelapa sangat bermanfaat untuk membuat pH asam di dalam tubuh anda menjadi basa sehingga dapat menetralisir asam lambung yang berlebihan. Hal tersebut tentu saja dapat membuat anda dapat terhindari dari penyakit asam lambung ini, terutama pada saat puasa.

4. Susu Rendah Lemak Atau Susu Skim

Secara umu, susu sapi memang sangat tidak dianjurkan bagi penderita penyakit asam lambung. Hal ini dikarenakan susu sapi merupakan jenis susu yang mengandung tinggi lemak sehingga akan lebih sulit untuk dicerna.

Tidak hanya itu, kandungan lemak yang ada pada susu sapi juga bisa melunakkan katup atau stingter esofagus dan dapat membuka jalan bagi asam lambung agar bisa naik ke kerongkongan.

Jika anda tetapi ingin meminum susu, sebaiknya memilih susu yang mempunyai rendah lemak atau susu skim sehingga dapat dicerna dengan mudah. Oleh demikian, katup pada kerongkongan (stingter esofagus) akan tetap aman pada saat menahan asam lambung naik.

5. Susu Nabati

Sama halnya dengan susu rendah lemak, susu nabati ini dianjurkan untuk dijadikan sebagai salah satu minuman bagi penderita penyakit asam lambung. Salah satu jenis susu nabati yang dapat anda pilih diantaranya seperti susu almond, susu kacang mede, dan juga susu kedelai.

Sifat basa yang ada di dalam susu almond dapat membantu menetralkan cairan asam lambung dan membantu meredakan nya. Sedangkan dilansir menurut laman Healthline menyatakan bahwa, susu kedelai dinilai sebagai minuman untuk para penderita penyakit asam lambung yang paling aman.

Hal tersebut dikarenakan susu kedelai ini mengandung lebih sedikit lemak dibandingkan dengan jenis-jenis susu lainnya, sehingga dapat mencegah naiknya asam lambung.

6. Jahe Hangat

Jahe merupakan salah satu tanaman yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh serta juga ampuh untuk membantu meredakan asam lambung. Tanaman jahe ini memiliki efek gastroprotektif yang dapat menghambat asam dan juga menekan bakteri Helicobacter Pylori.

Tidak hanya itu, tanaman jahe ini juga akan merangsang produksi air liur dan membersihkan asma yang berada di kerongkongannya. Selain hal tersebut, jahe ini juga mempunyai kandungan fenol yang di dalamnya memiliki peran sebagai anti-inflamasi, antioksidan yang dapat membantu mengurangi dan menetralisir kadar asam lambung.

Cara pembuatan minuman jahe hangat ini sangatlah mudah, anda cukup mencampurkan parutan jahe ke dalam air hangat. Sebelum diminum, anda juga bisa menambahkan madu agar dapat memperkuat nutrisi di dalamnya. Jika dikonsumsi secara rutin, maka akan dapat membantu anda dalam menghilangkan rasa mual dan akan sembuh dari penyakit asam lambung ini.

7. Smoothie

Tahukah anda apa itu smoothie ? Smoothie merupakan salah satu minuman untuk asam lambung yang sangat baik untuk dikonsumsi. Tidak hanya mengandung lebih banyak vitamin dan juga mineral, minuman ini juga tidak dapat membuat asam lambung menjadi cepat kambuh.

Ketika anda akan membuat smoothie, sebaiknya menggunakan buah yang tidak mengandung banyak asam, seperti buah semangka atau pun pir. Selain itu, anda juga dapat menambahkan atau mencampurkannya dengan bayam supaya semakin ampuh dan menjaga kadar asam lambung anda agar tetap normal.

8. Air Putih

Sudah tidak bisa dipungkiri lagi bahwa air putih memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh, salah satunya untuk asam lambung. Hanya dengan mengkonsumsi air putih secara rutin dan teratur akan dapat mencegah asam lambung kambuh.

Meskipun demikian, anda tetap harus waspada ketika meminum air putih. Dikarenakan kebanyakan pH air yang memiliki kecenderungan netral atau mencapai angka 7. Hal ini tidak akan menutup kemungkinan bahwa air putih juga bisa meningkatkan kadar pH dari setiap makanan yang anda konsumsi.

Walaupun anda dianjurkan untuk rutin meminum air putih, anda juga harus tetap membatasi air putih yang anda minum. Sebab, jika anda terlalu banyak meminum air putih, tentu saja akan mengganggu keseimbangan mineral di dalam tubuh yang akan meningkatkan terjadinya refluks asam lambung.
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di