alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
Suka Menulis, Bukan Karena Uang Tapi Passion untuk Berkarya
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c898d8668cc95269525e5ef/suka-menulis-bukan-karena-uang-tapi-passion-untuk-berkarya

Suka Menulis, Bukan Karena Uang Tapi Passion untuk Berkarya

Suka Menulis, Bukan Karena Uang Tapi Passion untuk Berkarya

Pada Februari 2017 lalu, IDN Times resmi merilis IDN Times Community sebagai wadah menulis untuk generasi millennials dan gen Z di Indonesia. Hingga saat ini, IDN Times Community semakin berkembang dan jumlah keanggotaan penulisnya pun dari hari ke hari semakin bertambah.

Banyaknya penulis aktif juga semakin meningkat dan persaingan untuk masuk ke dalam daftar Top 50 IDN Times Community Writers juga semakin ketat. Suci Wulandari adalah satu dari ribuan community writer dari Sabang sampai Merauke yang berhasil jadi salah satu penulis aktif dan produktif.

Bagi kamu yang kerap membaca artikel-artikel di IDN Times - atau mungkin kamu adalah salah satu community writer juga pasti sudah gak asing dengan namanya. Khusus di bulan Maret 2019 ini, IDN Times Community memilih Suci Wulandari sebagai sosok Millennial of The Month. Mau tahu kisahnya? Simak yuk bincang-bincangnya di bawah ini.


1. Bergabung sejak 9 Januari 2018, saat ini Suci Wulandari menduduki peringkat 15 dalam daftar Top Community Writers
Suka Menulis, Bukan Karena Uang Tapi Passion untuk Berkarya
Sepengamatan kami, tim IDN Times Community, Suci begitu biasa ia dipanggil adalah salah satu community writer yang sangat produktif. Hampir setiap hari ia menulis setidaknya sebuah artikel. Mulai dari artikel seputar artis terutama artis KPop, tips kecantikan, inspirasi hingga resep masakan.

Artikel yang dibuat oleh Suci juga bisa dibilang punya kualitas tinggi. Sehingga seringkali masuk ke jajaran trending dan menjadi rujukan artikel oleh community writers lainnya. Suci juga berhasil menduduki peringkat 15 di Top Community Writer.

Dari bincang-bincang, Suci yang bergabung di IDN Times Community sejak 9 Januari 2018 ini berhasil menerbitkan puluhan artikel dan beberapa di antaranya ternyata sangat disukai oleh pembaca alias viral. Ini salah satu artikel viral yang sempat dibuat Suci, Gak Banyak Episode, 7 Drama Korea Romantis Ini Pas Ditonton Saat Weekend.


2. Penghasilan yang didapat dari menulis di IDN Times Community dapat membantunya mencukupi kebutuhan sehari-hari
Suka Menulis, Bukan Karena Uang Tapi Passion untuk Berkarya
Mahasiswi semester akhir program studi Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Malang ini bercerita kepada kami bahwa sudah Rp7 juta uang yang berhasil ia hasilkan dari platform menulis IDN Times Community. Jumlah yang gak sedikit bukan?

Alih-alih digunakan untuk foya-foya, uang yang didapat Suci di IDN Times Community ini menurutnya lebih banyak dipakai untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Seperti biaya makan, transportasi atau bayar uang kost saat di perantauan.

Quote:
Suci juga mengungkapkan kepada kami bahwa uang yang didapatnya dari IDN Times Community sesekali digunakan untuk memenuhi kebutuhan kuliah. Seperti misalnya beli printer dan kertas untuk mencetak tugas skripsinya.

Quote:

3. Menulis menurutnya bukanlah sekadar mencari uang, tapi juga untuk bukti konsistensinya dalam berkarya
Suka Menulis, Bukan Karena Uang Tapi Passion untuk Berkarya
Ketika kami tanyakan pada Suci apa motivasinya saat menulis, jawaban cukup unik kami dapat dari cewek asal Sidoarjo, Jawa Timur ini. Menulis terutama di IDN Times Community menurutnya adalah salah satu bukti konsistensinya dalam berkarya. Suci mengungkapkan jika ia menulis bukan hanya untuk mencari atau menghasilkan uang saja, tetapi karena ia memang suka dan ingin terus menghasilkan karya.

Quote:
Selain itu, bagi Suci menulis juga bisa menjadi obat penghilang stres. Terutama saat mentalnya lagi down karena urusan perkuliahan atau skripsi. Menulis adalah sarana terapi paling manjur buatnya.

Quote:
Satu hal lagi diungkapkan Suci kepada kami, berkarya lewat tulisan terutama di IDN Times Community akan sia-sia saja jika tujuannya hanya untuk menghasilkan uang. Karena pada akhirnya akan banyak penulis-penulis baru yang bermunculan dan makin banyak saingan untuk menulis untuk mendapatkan poin sebanyak-banyaknya (yang di IDN Times Community bisa ditukarkan menjadi sejumlah uang).

Untuk itu konsisten menulis, dengan kualitas terbaik dan topik yang menjadi andalan maka dipastikan karya tulis akan selalu dinanti pembaca atau editor. Hal itulah yang sebenarnya membuat senang dan puas hati karena kita jadi bisa bermanfaat untuk sekitar walau dari cara paling kecil yakni sebuah tulisan.


4. Bekerjalah dengan passion, karena itulah pondasi untuk sukses
Suka Menulis, Bukan Karena Uang Tapi Passion untuk Berkarya
Di sesi terakhir bincang-bincang, Suci mengungkapkan bahwa agar bisa menjadi penulis sepertinya maka gak hanya dibutuhkan konsistensi saja tapi passion atas apa yang dikerjakan saat ini.

Quote:
Untuk itu, Suci ingin berbagi sedikit motivasi untuk penulis di luar sana dan anak-anak muda pada umumnya bahwa jika sudah mengetahui apa yang menjadi passion maka tetaplah fokus dengan hal tersebut. Tak perlulah anak muda menanggapi cibiran orang lain karena hal tersebut hanyalah perbuatan yang sia-sia belaka.

Membalas cibiran atau pandangan sebelah mata lebih efisien jika dalam bentuk karya. Karena hal tersebutlah yang akan diingat orang dan bisa dijadikan kebanggaan.

Sementara bagi anak muda yang saat ini sedang tersesat dalam pekerjaan yang bukan passion sama sekali, Suci berpesan jangan menyerah! Karena pada dasarnya kita semua akan melewati fase kedua dari kutipan sakti milik Steve Jobs yakni Love what you do.

Belajarlah mencintai setiap pekerjaan yang saat ini sedang dilakukan. Karena kalau kalian mencintai pekerjaan tersebut, semuanya akan terasa mudah dan menyenangkan untuk dikerjakan.


Sumber : https://www.idntimes.com/life/inspir...mpaign=network

---

Baca Juga :

- Suka Menulis, Bukan Karena Uang Tapi Passion untuk Berkarya Kumpulan Bonus Poin Maret 2019 IDN Times Community

- Suka Menulis, Bukan Karena Uang Tapi Passion untuk Berkarya Kepedulian Terhadap Dunia Membuatnya Jadi Bijaksana Melalui Tulisan

- Suka Menulis, Bukan Karena Uang Tapi Passion untuk Berkarya Yuk, Atasi Bau Kaki dengan 7 Bahan Umum yang Ada di Rumah Kamu Ini!

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di