alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Tribunnews.com /
Peneliti: Polri Harus Waspada Jelang Pilpres yang Tinggal Sebulan
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c893c3a2637720a502d6f66/peneliti-polri-harus-waspada-jelang-pilpres-yang-tinggal-sebulan

Peneliti: Polri Harus Waspada Jelang Pilpres yang Tinggal Sebulan

Peneliti: Polri Harus Waspada Jelang Pilpres yang Tinggal Sebulan

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Srihandriatmo Malau

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Polri harus sangat waspada terhadap pergerakan teroris setelah kejadian bom bunuh diri di Sibolga, Sumatera Utara, Selasa (12/3/2019) hingga Rabu (13/3/2019) dini hari.

Apalagi jelang pemilihan Presiden (Pilpres) yang tinggal 33 hari kedepan.

"Karena tidak menutup kemungkinan daerah lain juga ada jaringan baru dari jaringan Jamaah Ansharut Daulah (JAD)," ujar pengamat Terorisme Universitas Indonesia (UI) Ridlwan Habib kepada Tribunnews.com, Rabu (13/3/2019).

Ditambah lagi menurut Ridlwan Habib, jika melihat aksi meledakkan diri istri terduga teroris Husain alias Abu Hamzah, yang meledakkan diri bersama sang anak, dalam kamar kediamannya di Sibolga, Sumatera Utara, Rabu (13/3/2019).

Baca: Presiden Jokowi Menerima Menlu Thailand di Istana Merdeka

Aksi Mak Abu, nama panggilan istri terduga teroris Abu Hamzah bisa memacu kelompok-kelompok radikalisme di Indonesia, khususnya laki-laki.

"Artinya hal itu memacu bagi laki-laki untuk bermain, berjihad," jelas alumni S2 Kajian Intelijen UI ini.

Dia menjelaskan, kejadian bom bunuh diri ini mengingatkan akan adanya paham ISIS terkait Khawarij yang paham akrabnya melibatkan perempuan dan anak-anak dalam sejarahnya.

Sejarah perempuan Khawarij, imbuh dia, adalah sejarah jahat paham ISIS karena melibatkan perempuan dan anak-anak, rumah ibadah, orang tua, fasilitas umum yang harus dijaga tetapi mereka hancurkan.

Lebih jauh ia menjelaskan, kejadian di Sibolga dan Surabaya adalah trend yang memacu, pemahaman baru bahwa laki-laki dan perempuan bukan halangan.

"Trend baru, lintas gender kesetaraan untuk sama-sama bisa beribadah bersama," jelas Ridlwan Habib.

Untuk itu ia kembali berpesan, Polri harus sangat Waspada jelang pilpres yang tinggal 34 hari.

Mabes Polri mengkonfirmasi bahwa istri terduga teroris Husain alias Abu Hamzah, meledakkan diri bersama sang anak, dalam kamar kediamannya di Sibolga, Sumatera Utara, Rabu (13/3).

Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan anak terduga teroris yang turut menjadi korban baru berusia dua tahun.

"Tambahan info, barusan dari lapangan dapat dipastikan yang berada di kamar saat meledakkan diri ibu dan seorang anak kecil berusia 2 tahun," ujar Dedi, ketika dikonfirmasi, Rabu (13/3/2019).

Kondisi istri dan anak terduga teroris Husain alias Abu Hamzah diketahui hancur pasca meledakkan diri sekira pukul 02.00 WIB, di Sibolga, Sumatera Utara, Rabu (13/3).

"Hancur, hancur, hancur," ujar Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Jl Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (13/3/2019).

Ia menjelaskan bahwa petugas belum melakukan sterilisasi secara penuh. Namun demikian petugas telah melakukan evakuasi beberapa bagian dari potongan tubuh istri dan anak Husain.

Pihaknya masih berhati-hati dalam melakukan olah TKP lantaran khawatir dengan sisa bom tersisa di kediaman terduga teroris.

Selain itu, jenderal bintang satu tersebut menuturkan daya ledak dari bom bunuh diri yang dilakukan oleh istri Husain bersifat low explosive. Meski begitu, dampak atau kerusakan yang ditimbulkan cukup fatal disekitar lokasi.

"Belum secara penuh, yang jelas beberapa potongan tubuh itu dulu yang diamankan. Kalau masuk dalam TKP untuk olah TKP tadi rekan-rekan melihat belum bisa masuk," jelas dia.

"Karena dampak dari ledakan bom bunuh diri yang dilakukan oleh istri terduga pelaku cukup luas," pungkas Dedi.


Sumber : http://www.tribunnews.com/nasional/2...inggal-sebulan

---

Baca Juga :

- Pakai 32.460 Responden, Hasil Survei Internal Tim BPN Sebut Elektabilitas Prabowo Lampaui Jokowi

- Pengamat Sebut Manuver PSI Bisa Ganggu Elektabilitas Jokowi

- Ini Alasan Ponpes Lirboyo Soal Maklumat Dukungan untuk Jokowi-Ma'ruf

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di