CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Toleransi Ala Kecebong dan Kampret
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c88210fc8208424c154ad4f/toleransi-ala-kecebong-dan-kampret

Toleransi Ala Kecebong dan Kampret

Quote:


Quote:


Quote:




Sebelum dilanjutkan, mari kita simak apa itu kecebong dan apa itu kampret. Berdasarkan KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) yang dimaksud dengan keduanya yakni sebagai berikut;

Kecebong adalah larva binatang amfibi (katak dan sebagainya) yang hidup di air dan bernafas dengan insang serta berekor.
Kampret adalah kelelawar kecil pemakan serangga, hidungnya berlipat-lipat; Microchiroptera

Dari hewan-hewan ini saya coba mengambil pelajaran bagaimana caranya kita bertoleransi., karena dari kedua hewan ini memiliki perbedaan yang begitu mendasar. Yang satu memilih perairan sebagai habitatnya dikarenakan memang mahir berenang dan yang satu lagi memilih bebas melintasi angkasa karena memang terbang adalah keahliannya. 

Yang pertama yang bisa saya ambil pelajaran dari mereka adalah saling menghargai dan saling menghormati antara satu dengan yang lain. Kecebong menghargai dan menghormati kampret karena memang kecebong tidak bisa terbang, sementara sang kampret begitu menghargai dan menghormati kecebong karena memang kampret tidak bisa berenang. Maka sudah selayaknya kita menanamkan sifat saling menghargai dan menghormati antara satu dengan yang lainnya. 

Yang kedua yang bisa saya ambil pelajaran dari mereka adalah jangan meremehkan dan jangan menghina antara satu dengan yang lain. Boleh jadi kecebong bisa berenang kampret tidak, boleh jadi kampret bisa terbang kecebong tidak, tetapi bukan berarti mereka boleh meremehkan dan menghina satu dengan yang lain. Hal ini karena setiap masing-masing individu tentulah ada kelebihan dan kekurangannya. 

Yang Ketiga yang bisa saya ambil pelajaran dari mereka adalah menerima perbedaan dan keberagaman. Antara kecebong dan kampret tidak ada mirip-miripnya menurut saya, mereka begitu jauh berbeda. Yang satu hidup di air, yang satunya lagi senang di udara. Alangkah indahnya jika kita bisa menerima perbedaan dan keberagaman itu dengan ikhlas.

Yang Keempat yang bisa saya ambil pelajaran dari mereka adalah menumbuhkan sifat dan sikap kepedulian. Mungkin kecebong hanya tau kehidupan di habitatnya saja, mungkin saja kampret tau ada habitat lain di bagian bumi sebelah sana. Oleh karena itulah rasa kepedulian ini sangat dibutuhkan bukan egosentris yang diprioritaskan, karena di dunia ini kita tidak sendirian. 

Yang Kelima yang bisa saya ambil pelajaran dari mereka adalah menjalin dan mempererat silaturahmi. Melihat mereka, kecebong dan kampret, kadang saya berkhayal dan berkeinginan untuk dapat bersilaturahmi kepada siapa saja. Saya berkhayal seandainya saja kita tidak hanya mempererat silaturahmi dengan sejenis saja, akan tetapi dengan yang berbeda, kepada semua dan siapa saja, bahkan jika perlu dengan alam juga. Dan semoga itu bukan khayalan belaka.

Banyak yang bisa aku dapatkan dari hewan-hewan mungil ini. Si kecebong, larva binatang amfibi butuh waktu untuk menjadi dewasa, demikian pula halnya dengan sang kampret kelelawar kecil pemakan serangga. Mereka masih butuh waktu untuk menjalani tahapan demi tahapan dalam metamorfosa sebelum mereka benar-benar menjadi dewasa. Sehingga, jikalau mereka belum paham akan toleransi pada saat sekarang ini, atau belum bisa untuk bertoleransi, harap dimaklumi saja. Karena aku yakin hasil akhir dari metamorfosa yang berupa individu dewasa itu membutuhkan waktu dalam tahapan-tahapannya. Dan aku percaya kelak setelah mereka dewasa, mereka akan mengerti apa itu toleransi dan bisa melakukan sebagaimana harusnya mereka bertoleransi, setelah waktunya tiba. 


Quote:
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pablo.aimar dan 13 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh lamberianto.
Halaman 1 dari 90
Pertamax untuk keperluan emoticon-Pertamax:
Diubah oleh lamberianto.
Lihat 1 balasan
kecebong tu yang banyak di got kan bre emoticon-Ngakak (S)
trus kampret tu yang ada di goa2 kegelapan kan emoticon-Bingung (S)



:goyang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
menjelang.pagi dan 6 lainnya memberi reputasi
Kalau Abang kecebong apa kampret?
Atau jangan jangan Keong ini ya emoticon-Peace
profile-picture
profile-picture
452.4444 dan KB7LA memberi reputasi
Sesuatu yang tidak penting..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
KB2LA dan 5 lainnya memberi reputasi
Ini yg dinamakan kampret...



Toleransi Ala Kecebong dan Kampret

Toleransi Ala Kecebong dan Kampret

Toleransi Ala Kecebong dan Kampret
profile-picture
profile-picture
profile-picture
KB3LA dan 8 lainnya memberi reputasi
minta thread COCnya ini dimana ya?
profile-picture
profile-picture
KB3LA dan KB7LA memberi reputasi
tetep aja bre liat bntr lagi cebong vs kampret bakal bentrok dibawah ane emoticon-Big Grin
emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga
profile-picture
lamberianto. memberi reputasi
Toleransi Ala KEcebong dan KamPRET = KEPRET
awas, ntar di-kepret loh emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
4.509.509 dan 5 lainnya memberi reputasi
Di thread2 lain baru ane bilang, paling aktif, paling sering ngeyek, dari pemilu pertama itu ya dari golongan yg justru dibilang g pernah hoax, sampe bikin thread multiple untuk satu topik. Liat tuh buktinya, page one dah dateng buzzer satu golongan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Budi.Has dan 3 lainnya memberi reputasi


Quote:


Golongan satu lagi ga maenan kaskus kali yak atau kalah banyak ??

Hmm menarik emoticon-Roll Eyes (Sarcastic)

profile-picture
profile-picture
profile-picture
T.S.69 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Cebong metamorfosis jadi kodok. Nah kalo kampret !? emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
T.S.69 dan iwan.vai.stevie memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Nubi izin nyimak
Quote:


Menurut mas brader? emoticon-Embarrassment
dah rame blom emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
Untuk.Naia dan 723goge memberi reputasi
ikut mejeng dulu emoticon-Malu
Merdekaemoticon-Ngamukemoticon-Ngamuk
Quote:


Ampun DJ emoticon-Tepar
asal jangan kayak keong bang emoticon-Ngakak
profile-picture
MasterEmerald memberi reputasi
mantul lah pokoknya emoticon-2 Jempol
profile-picture
MasterEmerald memberi reputasi
Quote:


Banget emoticon-Tepar
profile-picture
MasterEmerald memberi reputasi
Halaman 1 dari 90


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di