alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / Hobby / Tanaman /
Kabar Gembira Buat Agan Sista yang Hobi Berkebun!
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c8624967e3a7270522eecd0/kabar-gembira-buat-agan-sista-yang-hobi-berkebun

Kabar Gembira Buat Agan Sista yang Hobi Berkebun!

Agan Sista hobi menanam tanaman dalam pot? Atau malah rajin banget berkebun? Kalau jawabannya iya, ada kabar gembira nih! Berkebun ternyata memilki banyak manfaat lho Gan Sis, yaitu memiliki dampak yang positif bagi kesehatan fisik dan mental. 

Kabar Gembira Buat Agan Sista yang Hobi Berkebun!

Seorang ilmuan dari Inggris yang bernama profesor Paul Dola mengatakan jika menjadi tukang kebun atau penjaga toko bunga merupakan dua pekerjaan yang paling bahagia di dunia. Hmm kira-kira kenapa ya?

Menurut penelitian yang dilakukan, 9 dari 10 orang tukang kebun dan tukang bunga menyatakan jka mereka memang menyukai pekerjaan yang dimilikinya tersebut. Kebahagiaan yang dimiliki oleh para tukang kebun dan penjaga toko bunga ini juga bisa kita miliki lho Gan Sis yaitu dengan melakukan kegiatan berkebun.

Selain menjadi lebih bahagia, kira-kira manfaat apa lagi ya yang bisa didapatkan dari kegiatan berkebun ini? Cekidot Gan Sis!

Kabar Gembira Buat Agan Sista yang Hobi Berkebun!

Menjadi lebih aktif

Agan Sista yang gemar olahraga tentunya tahu dong jika berolahraga memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan, misalnya saja meningkatkan jumlah oksigen dalam tubuh, mengurangi tekanan darah, atau menambah kekuatan otot. Ternyata berkepun juga memiliki efek yang sama dengan berolahraga lho Gan Sis.

Dengan berkebun, secara nggak langsung Agan dan Sista mendapatkan latihan tubuh, tergantung dari aktivitas berkebun apa yang Gan sis lakukan. Misalnya saja saat memotong rumput di halaman rumah dengan posisi jogkok. Rasanya mirip nggak sih dengan posisi squat yang biasa dilakukan saat berolahraga. Atau mungkin saat mengangkat sekatung pupuk maka sama halnya juga dengan latihan angkat beban.

Kabar Gembira Buat Agan Sista yang Hobi Berkebun!

Sebagai bentuk terapi

Selain manfaat secara fisik, berkebun juga memberikan efek terapi yang bagus untuk kesehatan mental lho. Saat sedang menanam sesuatu, Agan Sista pasti cenderung akan memeliharanya dengan baik agar bisa terus tumbuh hingga menghasilkan buah atau tidak mati. Nah saat berhasil merawat tumbuhan yang kita tanam ini, tentunya hal ini akan memberikan kepuasan tersendiri bagi kita.

Dalam berkebun, terdapat berbagai aktivitas yang dilakukan oleh bagian tubuh kita. Misalnya saja menggali tanah, memotong tangkai, mengambil benih, atau memindahkan tanaman dari poly bag. Tanpa disadari, berbagai aktivitas yang dilakukan oleh tangan dan kaki ini menjadi salah satu cara untuk melatih ketangkasan motorik. Wow! Untuk orang usia lanjut, berkebun bisa menjadi terapi untuk penyakit Alzheimer yang selama ini dikenal sebagai penyakit berbahaya yang menyerang sel-sel otak. Konon, berkebun bisa menurunkan 36 persen dari penyakit Alzheimer lho. Karena melibatkan berbagai fungsi tubuh yang dilakukan oleh penderita Alzheimer.

Kabar Gembira Buat Agan Sista yang Hobi Berkebun!

Meditasi

Agan Sista ada nggak sih yang sering nge-blank tiba-tiba atau sering nggak nyambung karena nggak fokus saat diajakin ngobrol atau memperhatikan sesuatu? Berkebun bisa membantu Agan dan Sista untuk lebih fokus dalam mengerjakan sesuatu lho. Saat sedang berkebun, Agan Sista akan memusatkan pikiran hanya pada tanaman yang sedang dipegang saat itu.

Berkebun ini sebenarnya bisa dilakukan di mana aja Gan Sis, bahkan untuk Agan Sista yang nggak memiliki halaman yang cukup luas sekalipun. Agan Sista bisa menanam tanaman kesukaan menggunakan pot dan meletakkannya pada sudut-sudut rumah atau satu pot kecil di dalam kamar. Hal yang paling penting sih selalu merawat tanaman dengan menyirami, memberikan pupuk, dan membersihkannya jika terdapat penyakit yang menyerang.

Jadi gimana Gan Sis, apakah merasakan juga manfaat ini? Atau, Agan Sista yang tidak suka berkebun menjadi tertarik untuk memulai berkebun?

 

profile-picture
profile-picture
elrevedder dan sendhaljepit memberi reputasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
kalo ane suka nanam tanaman dalam pot, kalo sekaran lg seneng bunga mawar

Mampir juga yuk ke trit ane emoticon-I Love Kaskus (S)
Nice inpoh gan emoticon-Blue Guy Peace ane kira mau ngasih tips buat cara berkebun nya emoticon-Ngakak (S)
aku suka berkebun, tapi aku takut cacing emoticon-Frown kadang tanahnya suka ada cacingnya ih
yeahh saya suka saya suka
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support16
Senang saat tanaman yg dirawat tumbuh subur. Seolah tangan punya keajaiban pada makhluk hidup emoticon-Ultah
Diubah oleh heningdamai
Thank you so much to this post, i was looking for this information and cookieswindows now am sharing with others.
Diubah oleh ashwink
Kalo ada ulet bulu nya, langsung kaboorr....
emoticon-Ngacir2emoticon-Ngacir2
emak saya suka berkebun
mau berkebun ngga ada waktu

tau nya macul
Gw suka berkebun, tapi gak punya tanah lagi di halaman, full cor beton, walhasil HIDROPONIK jd solusi... Tp belum kesampean emoticon-Hammer2


Baru pesen hydroponic kit (biji+pupuk organik cair+buku petunjuk perawatan), untuk pot bisa recycle dr botol air mineral 1,5-2 literan itu dicrop atasnya, kasih tali kawat...jeng jeng, jadi POT GANTUNG yg manis 😋
ane sich pingin berkebun cuma susah nyari lahan nya penuh semua d perumahan nannti malah dimarahin warga kalo tanam di jalan...
ini hobi ane di desa, sekarang berkebunnya di ember nanem kangkungemoticon-Malu
ane pengen nanem tapi kesuburan dan kesabaran tidak memadai...kudu belajar banyak lagi dah hahahah
mau berkebun tapi ya lahannya gada.. hemmm
kalopun taro diluar pasti dipetikin sama bocahh
dulu jmn msh ada bokap srg berkebun ane, skrg ga lagi
emoticon-Mewek
Diubah oleh rutheme


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di