alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Plastik Berbayar, Pengusaha: Industri Daur Ulang Bisa Bangkrut
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c7cfedbd439721c5719438f/plastik-berbayar-pengusaha-industri-daur-ulang-bisa-bangkrut

Plastik Berbayar, Pengusaha: Industri Daur Ulang Bisa Bangkrut

Plastik Berbayar, Pengusaha: Industri Daur Ulang Bisa Bangkrut

Awal Maret ini industri ritel ramai-ramai menerapkan kebijakan Kantong Plastik Tidak Gratis (KPTG). Hal tersebut dilakukan guna menekan penggunaan plastik.

Menanggapi kebijakan tersebut Sekjen Asosiasi Industri Olefin, Aromatik dan Plastik Indonesia (Inaplas) Fajar Budiono menilai kebijakan tersebut memang akan membuat penggunaan kantong plastik tertekan.

Tapi, kata dia, dengan tertekannya penggunaan kantong plastik justru bisa merusak siklus ekonomi plastik daur ulang Indonesia.

"Tas kresek ini kan 80% produk recycle. Jadi kalau ini dilarang siklus ekonomi plastik recycle Indonesia malah rusak," ungkap Fajar kepada detikFinance, Senin (4/3/2019).

Menurutnya ada banyak pihak yang ikut terlibat dalam siklus plastik daur ulang, mulai dari pemulung hingga industri apabila kantung plastik terus ditekan maka akan banyak pihak yang terkena imbasnya.

"Pemulung kita kan banyak ambil sampah plastiknya, industri recyclenya kita juga banyak. Kalau penggunaan kantong plastik ditekan terus ya bisa-bisa bangkrut pelan pelan," ungkap Fajar.

Fajar menilai dengan matinya siklus ekonomi plastik berbayar maka sampah plastik bisa-bisa tidak ada yang mengolah. "Nanti sampahnya (plastik) nggak ada yang kelola lagi," tuturnya.

Sebelumnya, Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) mengumumkan komitmen bersama dengan para anggotanya untuk melakukan kebijakan KPTG. Langkah ini diterapkan mulai Jumat 1 Maret 2019 lalu.

Plastik nantinya akan dikenakan biaya minimal Rp 200. Alasannya, Aprindo ingin untuk melakukan edukasi kepada masyarakat untuk mengurangi penggunaan plastik.

https://finance.detik.com/berita-eko...-bisa-bangkrut

Serba salah memang,
Tapi demi meminimalisir limbah plastik, ane rasa langkah ini udah tepat.
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
Buat plastik yang bisa terurai dong. Jadi nanti pas dibuang di tanah cepat terurai.

Wits. Pertamax diamankan
emoticon-armyemoticon-army
Plastik Berbayar, Pengusaha: Industri Daur Ulang Bisa Bangkrut
Diubah oleh greengeckoijo1
Cuma 200 sepertinya ga banyak pengaruhnya, kecuali 2k.
Kayak rokok. Harganya dinaikan gila2an utk menekan konsumsi, diprotes keras krn efeknya ke mana-mana. Mulai petani tembakau sampai pedagang eceran di warung2 kecil.

Serba salah, memang.
Mana ada kantong plastik bs daur ulang? Ngga salah? Yg di daur ulang itu botol mineral dll bukan kantong plastik
Lihat 2 balasan
bagus plastik berbayar, biar di indon gak terlalu banyak sampah lagi, sampah plastik di indon terparah kedua di dunia setelah cina emoticon-Imlek emoticon-Imlek emoticon-Imlek emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk
masih yakin mau 2 periode ? emoticon-Wakaka
nggak sampai segitunya jg kali
BODO AMAT!!!!

yg jelas,
sekarang lg Rame si Andi Arif ketangkep narkobaemoticon-Leh Uga
Lah emang tuh di TPA sampah udah habis.emoticon-Bingung
masih ada botol mineral dan kemasan warteg lainnya
Masih ada besi, aluminium, timah, plastik limbah rumah tangga, dll. BANGKRUT KEPALANYA TS.
sama kyak harga beras/lainnya murah.... konsumen senang...petani nangis ... demikian sbalikny


emoticon-Cool
Pertanyaannya, banyakan mana plastik yg direcycle sama yg dibuang ke laut.
Baru gitu aja uda mewek, yg uda pd gulung tikar aja gk baperan
gak ngaruh kali cuma rp 200 ,menurut gua dari usia dini harus diajarkan tentang sampah, perbanyak tempat sampah di area umum , dan adanya fasilitas pengolahan sampah(daur ulang dan kompos) di tiap kota
Yo wis banting steer buat industri kantong tas dari kertas...apa selama ini recycle berhasil?...klo punya modal malah ada peluang bikin kantong tas dari kertas ( sebelum tas kresek menggila, dulu pas bocah pake kantong kertas kek sak semen kok buat wadah belanjaan )
Balasan post vxvxvx
Bisa di daur ulang itu kantong plastik atau kresek.. cuman kalo ko di daur ulang harus di beresihin dulu..

Nah harga kantong plastik.daur ulang itu murah 500/kg. Tapi lo harus cuci dulu.. nga balik modal.lah buat bersihin pake air nya..
Balasan post banhung2017
Makanya ngga ada daur ulang kantong plastik di indonesia.
satu-satunya yang dirugikan dengan kebijakan kantong plastik berbayar ya siapa algi kalau bukan produsen plastiknya, seperti yang sudah disebutin sama agan diatas, biaya daur ulang sampah plastik jelas lebih tinggi dari harga jual plastiknya yang cuma 500 perak / kg, jelas gak menguntungkan dan gak ada yang mau masuk ke industri pengolahan limbah plastik, ini sih akal-akalan pengusaha industri kantong plastik emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L)
Makanya kalau belanja bawa troli buat bawa pulangnya
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di