alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Yamaha FreeGo, Matic Canggih 125cc
4.75 stars - based on 4 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c6e5da9af7e932750635051/yamaha-freego-matic-canggih-125cc

Yamaha FreeGo, Matic Canggih 125cc

Yamaha FreeGo, Matic Canggih 125cc


AGG- PT Yamaha Indonesia kembali meluncurkan skutik terbarunya pada gelaran pameran IMOS (Indonesia Motorcycle Show) 2018 yang diberi nama Yamaha FreeGo. Diklaim sebagai pesaing dari Honda Vario 125 karena sama-sama terjun pada kelas motor skutik 125cc.

Peluncuran ini jelas menguntungkan Yamaha, karena penjualan pada motor skutik ini sangatlah tinggi. Banyak sekali masyarakat Indonesia khususnya pengguna motor skutik atau matic yang terpincut dengan teknologi serta desain yang dibawa oleh motor skutik ini.

Pada pameran IMOS 2018 tersebut Yamaha FreeGo mencetak penjualan tertinggi yang disusul dengan penjualan skutik Yamaha lainnya yaitu Nmax. Menurut Genesius Lynn yang merupakan Supervisor Promosi Area Jabodetabek YIMM, Animo FreeGo sejauh ini merupakan penjualan terbaik jika dibandingkan dengan tipe lainnya.

Yamaha FreeGo, Matic Canggih 125cc


Yamaha FreeGo diklaim bakal menggantikan Yamaha Lexi dikarenakan karena jika dilihat pada desain Yamaha Lexi yang cukup besar dan terkesan aneh maka tidak dengan desain daripada Yamaha FreeGo ini. Desain pada Skutik ini lebih elegan dengan balutan warna polos tanpa embel-embel striping.

Motor skutik ini hadir dengan 4 varian warna yaitu Matte Black, Mettallic Red, Mettalic Blue dan Mettalic White, dan juga hadir dengan 3 varian type yaitu tipe Standar, Tipe S dan tipe S ABS. Letak perbedaan dari 3 varian tipe tersebut tidaklah terlalu mencolok.

Tipe Standar akan memiliki fitur kick starter yang tidak akan ditemukan pada 2 varian tipe lainnya, kemudian untuk fitur Smart Key System hanya akan tersedia pada tipe Standar dan Tipe S ABS. Tipe S ABS merupakan tipe tertinggi yang sesuai dengan namanya akan mempunya fitur rem ABS. Namun secara keseluruhan teknologi yang disematkan pada 3 tipe ini hampir sama dengan teknologi yang disematkan pada Yamaha Nmax.

Yamaha FreeGo, Matic Canggih 125cc


Berikut adalah spesifikasi dari Yamaha FreeGo tipe S :

SPESIFIKASI DARI YAMAHA FREEGO S VERSION


MESIN

  • Tipe Mesin : Air Cooled 4-Stroke, SOHC
  • Susunan Silinder : Single Cylinder
  • Diameter x Langkah : 52,4 x 57,9 mm
  • Perbandingan Kompresi : 9,5 : 1
  • Volume Silinder : 125cc
  • Daya Maksimum : 7,0 kW / 8000rpm
  • Torsi Maksimum : 9,5 kW / 5500rpm
  • Sistem Starter : Electric (All Type) & Kick Starter (Standart Type)
  • Sistem Pelumasan : Wet Sump
  • Kapasitas Oli Mesin : Total = 0,84 L : Berkala = 0,80 L
  • Sistem Bahan Bakar : Fuel Injection
  • Tipe Kopling : Single Dry Clutch
  • Tipe Transmisi : Full Automatic

DIMENSI

  • Panjang : 1905mm
  • Lebar : 690mm
  • Tinggi : 1100mm
  • Jarak Sumbu Roda : 1275mm
  • Tinggi Tempat Duduk : 778mm
  • Berat Isi : 100kg (Tipe S ABS, Reguler) / 102kg (Tipe S)
  • Kapasitas Tangki Bahan Bakar : 4,2 L

RANGKA & KAKI-KAKI

  • Tipe Rangka : Underbone
  • Suspensi Depan : Telescopic Fork
  • Suspensi Belakang : Unit Swing
  • Ban Depan : 100/90 - 12M/C 59J - Tubeless
  • Ban Belakang : 110/90 - 12M/C 64L - Tubeless
  • Rem Depan : Single Disc Brake

KELISTRIKAN

  • Sistem Pengapian : TCI / Transistor
  • Battery : YTZ6V
  • Tipe Busi : CR6HSA

Melihat daripada spesifikasi yang dimiliki oleh Yamaha FreeGo ini maka tidak heran motor skutik ini mampu membuat pengunjung IMOS 2018 terpincut dengan teknologi yang dimilikinya. Bahkan desain daripada motor ini dikatakan hampir sama dengan Yamaha Nmax. 

Yamaha FreeGo, Matic Canggih 125cc


Dibagian depan terdapat lampu dengan teknologi LED yang pastinya akan memberikan efek pecahayaan yang sangat bagus. Bentuk daripada headlamp ini dibuat dengan mengusung konsep futuristik. Dan menariknya juga terdapat lampu Hazard dibagian depan motor skutik ini. 

Yamaha FreeGo, Matic Canggih 125cc


Terdapatnya fitur Smart Key System juga makin membuat motor skutik ini diminati oleh para pecinta otomotif di Indonesia karena otomatis menunjang keamanan pada motor ini. Beralih ke bagian jok daripada Yamaha FreeGo mengusung bentuk yang berukuran besar dan sangat nyaman sehingga pastinya akan membuat pengendara tidak cepat lelah.

Yamaha FreeGo, Matic Canggih 125cc


Yamaha FreeGo ini sangat cocok dijadikan sebagai kendaraan sehari-hari dengan menawarkan kenyamanan berkendara yang maksimal. Terlebih karena Yamaha FreeGo memiliki ruang pijakan kaki yang cukup luas serta bagasi yang sangat luas yang diklaim bisa menampung barang bawaan hingga 25 Liter. Bagasi milik Yamaha FreeGo lebih besar daripada bagasi milik Yamaha Nmax. 

Yamaha FreeGo, Matic Canggih 125cc


Pada bagian samping tampak lekukan lembut yang cukup elegan dan sporty dan terukir pada bodinya sehingga memberikan kesan yang lebih sporty dan modern. Dibagian kanan bawah terdapat knalpot modern disertai kick starter (Khusus untuk varian tipe Standar). Dibagian belakang terdapat stop lamp yang didesain dengan konsep terkini sehingga kesan modern dan elegan akan semakin nampak. 

Yamaha FreeGo, Matic Canggih 125cc


Kemudian tak lupa juga ada fitur Electric Power Socket yang ditempatkan pada dek depan yang berguna untuk mengisi gadget para pecinta otomotif pada saat berkendara. Beranjak pada bagian speedometer Yamaha FreeGo juga dilengkapi dengan beragam fitur handal.

Speedometer yang dibawa motor skutik ini adalah speedometer Full Digital yang sangat lengkap dengan berbagai panel yang menggunakan teknologi MID (Multi Information Display). Speedometer ini akan memberikan informasi seperti Kecepatan km/jam, rpm, indikator bahan bakar, dan disertai dengan fitur Eco Indikator.

Yamaha FreeGo, Matic Canggih 125cc


Tak lupa juga adanya beberapa lampu indikator seperti lampu utama/jarak jauh, indikator lampu sein, indikator idling stop, penanda kerusakan sistem kelistrikan, dan indikator rem ABS.

Yamaha FreeGo mempunyai pembentuk bodi skutik yang memberikan kesan tersendiri pada bentuk eksteriornya. Dengan mengusung rangka Underbone dan memiliki ukuran yang cukup pas dengan panjang 1905mm, lebar 690mm dan tinggi 1100mm membuat motor ini sangat ideal untuk diajak berjalan di jalanan kota. 

Yamaha FreeGo, Matic Canggih 125cc


Motor ini juga memiliki sumbu roda sebesar 1275mm, ketinggian tempat duduk yang 778mm yang pastinya sesuai dengan tinggi tubuh rata-rata orang Indonesia, sehingga tak heran bila motor skutik ini sangat diminati oleh masyarakat Indonesia. 
 
Tangki bahan bakar Yamaha FreeGo sangat besar sehingga cukup menampung bahan bakar sebanyak 4,2 Liter dengan penutup model Smart Refuel dibagian depan sehingga jika akan melakukan pengisian bahan bakar tidak perlu membuka jok lagi. 
 
Yamaha FreeGo, Matic Canggih 125cc

 
Jika beranjak ke bagian selanjutnya pastinya adalah bagian kaki-kaki. Yamaha FreeGo mengusung suspensi yang sangat handal dengan Telescopic Fork pada bagian depan dan Unit Swing untuk bagian belakang. Kedua suspensi tersebut sama-sama mempunyai kemampuan untuk meredam getaran sekalipun melewati jalanan berlubang dan jalanan tidak rata.

Yamaha FreeGo sendiri sudah mengusung velg sporty 12 inci untuk bagian depan maupun belakang. Velg tersebut akan dibalut dengan ban yang berukuran 100/90 - 12M / C59J untuk bagian depan dan 110/90 - 12M / C64L untuk bagian belakang.

Untuk memberikan kemudahan dalam mengendalikan laju motor ini maka Yamaha sudah melengkapinya dengan Rem Cakram Tunggal dibagian depan dan Drum Brake di bagian belakang untuk varian tipe Standar dan S, khusus untuk varian tipe S ABS maka akan dilengkapi dengan teknologi rem ABS yang mampu mencegah terjadinya ban selip.

Beranjak ke bagian mesin, kali ini Yamaha FreeGo membawa mesin handal jenis SOHC silinder tunggal dengan kapasitas kubikasi yang mencapai 125cc. Mesin tersebut dipadukan dengan transmisi Full Automatic yang dibantu dengan kopling Single Dry Clutch.

Yamaha FreeGo, Matic Canggih 125cc


Tenaga maksimum yang mampu dikeluarkan motor ini adalah sebesar 7.0 kW pada 8000rpm dan torsi puncak sebesar 9.5 Nm pada 5500rpm. Teknologi Yamaha Blue Core ditambah dengan SMG juga tidak lupa disematkan pada motor skutik ini yang otomatis membuat suara mesin lebih halus dan bertenaga.

Fitur yang tersedia pada Yamaha FreeGo antara lain :
  • Teknologi rem ABS (khusus varian tipe ABS)
  • Smart Key System / Keyless with Stop Start System (SSS) (khusus varian tipe S dan S ABS)
  • Kick Starter (khusus varian tipe standar)
  • Speedometer Full Digital
  • Electric Power Socket
  • Smart Front Refuel


 
Yamaha FreeGo, Matic Canggih 125cc

 
Selesai membahas spesifikasi maka saatnya masuk ke segmen harga. Untuk harga daripada motor ini sendiri menurut AGG tidak mahal dan cukup masuk akal mengingat teknologi serta fitur-fitur yang disematkan ke motor skutik ini merupakan fitur yang canggih.

Berikut harga resmi dari Yamaha FreeGo (OTR DKI Jakarta) :
  • Yamaha FreeGo = Rp. 19.700.000,-
  • Yamaha FreeGo S = Rp. 18.500.000,-
  • Yamaha FreeGo ABS = Rp. 22.500.000,-

Sekian Review untuk kali ini, Jangan lupa di COMMENT dan di SHARE.
Terima Kasih

Spoiler for test drive:


emoticon-Motretemoticon-Motretemoticon-Motretemoticon-Belomatabeloemoticon-Matabelo

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 6
wah cocok nich buat harian...
lumayan lah ini
Quote:


Silahkan dinikmati
warnanya yg merah ane demen banget puh
warna merah bagus tuh, jadi kepingin
tapi hampir 20 jt semua emoticon-Sorry


kudu mulai nyelengin nie ane emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
2726usr dan anakibu memberi reputasi
cymco reborn
Waduh nyelengin dulu ni emoticon-Ngakak
nabung nabung buat DP
keren nih ga kegedean kayak nmax
buat emak belanja ke pasar asyik tuh
legaaan bagasinya
Quote:


Mending cari yang cash langsung aja gan.semampunya ja.jgn di ribetin kredit ribaemoticon-Shakehand2
Diubah oleh yuday.buton
Quote:


Ia mang karena kita masyarakat banyak kebutuhan mah bisanya credit. Buat susu anak, sekolah anak, cicilan rumah, cicilan mobil, cicilan elektronik, cicilan cicilan. Derita pasangan muda
Diubah oleh SayankAlloh
Masih ragu2 nih pilih matic Yamaha.
Ane udah liat unitnya, lumayan sih... Matic mungil tapi berisi, dari semua fitur yg diberikan ane suka bagasinya luas bingits emoticon-Big Grin
bisa selonjoran kaki kayak di nmax ga ? emoticon-Malu
Tapi bentuk body bagian depan nya agak kurang menarik,
Quote:


Waduh mamang ini pasti mau nyolong helm yaaa emoticon-Ngakak
Diubah oleh SayankAlloh
Quote:


Nyolong anak gadis orang gan, ada bagasi gede ga perlu lagi boncengan segala emoticon-Malu
belum water cooled ya
Halaman 1 dari 6


×
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di