alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Hobby / Health /
Tumor dan Kanker, sama nggak sih?
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c654b916df23151d12c1701/tumor-dan-kanker-sama-nggak-sih

Tumor dan Kanker, sama nggak sih?

Tumor dan Kanker, sama nggak sih?
Banyak orang yang bertanya mengenai tumor dan kanker, sama nggak sih? Sebab masih banyak orang yang bingung antara kedua hal ini. Sebenarnya antara tumor dan kanker memiliki beberapa persamaan, tetapi terdapat juga beberapa perbedaan di antara keduanya. Dengan mengetahui hal ini, maka Anda bisa mendapatkan perawatan yang tepat. Tentunya antara kanker dan tumor sama-sama berbahaya, jika tidak diobati dengan tepat dan cepat sehingga dapat membuat keselamatan jiwa menjadi terancam.


Apa itu Tumor dan Kanker?
Tumor merupakan kondisi dimana pertumbuhan sel terjadi secara tidak normal pada bagian tertentu tubuh. Tumor sendiri terjadi apabila sel membelah diri dan tubuh secara berlebihan. Apabila pertumbuhan sel tersebut terjadi pada bagian tubuh tertentu dan tidak menyebar, maka hal tersebut disebut tumor jinak. Namun, apabila sel tumor tersebut menyebar ke bagian tubuh lainnya, maka akan disebut tumor ganas atau kanker. Walaupun terlihat sama, tetapi tidak semua tumor itu menjadi kanker dan begitu pula sebaliknya.

Beberapa Perbedaan antara Tumor dan Kanker
Walaupun sekilas terlihat sama, tetapi terdapat beberapa perbedaan yang dimiliki antara tumor dan kanker. Berikut beberapa perbedaan yang wajib Anda ketahui.
1. Pertumbuhan
Salah satu perbedaan antara tumor dan kanker adalah dari sisi pertumbuhannya, dimana pertumbuhan kanker biasanya lebih cepat dibandingkan dengan tumor. Sebab sel kanker lebih cepat berkembang sehingga apabila kanker telah ditangani, maka dapat membahayakan penderitanya. Dan, sel kanker tersebut dapat tersebar ke seluruh tubuh dalam waktu yang sangat singkat.
2. Penyebaran
Penyebaran antara sel kanker dan tumor juga berbeda, dimana sel kanker dapat menyebar ke seluruh bagian tubuh. Hal ini dikarenakan kanker dapat tumbuh dengan cepat, untuk sel tumor sendiri biasanya hanya menetap dan tumbuh pada bagian tubuh tertentu. Jadi karena cepatnya proses penyebaran sel, maka tidak heran jika penderita kanker harus diobati secepat mungkin, agar tidak menjadi lebih parah sehingga sulit untuk ditolong.
3. Lokasi Kambuh
Baik tumor dan kanker tentunya akan mendiami bagian tubuh tertentu. Apabila sudah diobati, maka tidak menutup kemungkinan jika penyakit ini kambuh pada saat pasien tidak mengubah gaya hidupnya. Seandainya seorang pasien tumor kambuh, biasanya lokasi kambuhnya penyakit adalah pada lokasi awal terjadinya penyakit tersebut pertama kali muncul. Contohnya, pada awal Anda menderita tumor yang terdapat pada perut, maka jika kambuh akan terdapat tumor juga di perut Anda. Namun, berbeda dengan kanker. Apabila penyakit ini kambuh kembali, maka lokasi kambuhnya tersebut pada bagian tubuh lain, dan berbeda dari tempat pertama kali muncul penyakit tersebut.
4. Sistem Pengobatan
Karena memiliki perbedaan, tentunya pengobatan kedua penyakit ini juga berbeda. Umumnya tumor jinak biasanya dihilangkan dengan operasi, dimana tumor tersebut nantinya akan diangkat jaringannya yang sedang tumbuh. Namun untuk kanker, pengobatan yang ditempuh agak sedikit kompleks. Hal ini dikarenakan sel kanker mudah sekali menyebar, sehingga harus dimatikan terlebih dahulu dengan mengonsumsi obat, maupun melakukan kemoterapi. Kemudian baru akan dilakukan operasi untuk mengangkat sel kanker yang ada, sehingga kanker tersebut dapat hilang.
Namun dibalik perbedaan tersebut, kedua hal ini juga memiliki persamaan seperti dapat tumbuh menjadi lebih besar, serta sama-sama berbahaya walaupun tumor jinak sekalipun. Dengan adanya info ini, Anda tidak perlu bingung mengenai persamaan dan perbedaan tumor dan kanker.


Sumber Foto: Deposit Photo
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di