alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Bisnis /
Pedagang Kripto Protes Regulasi Perdagangan Berjangka Bitcoin Indonesia
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c653a1068cc955a646e8e50/pedagang-kripto-protes-regulasi-perdagangan-berjangka-bitcoin-indonesia

Pedagang Kripto Protes Regulasi Perdagangan Berjangka Bitcoin Indonesia

Pedagang Kripto Protes Regulasi Perdagangan Berjangka Bitcoin Indonesia
Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bapebti) di Kementerian Perdagangan Indonesia akhirnya menerbitkan regulasi baru yang mengatur soal platform perdagangan berjangka bagi pedagang cryptocurrency di Indonesia.

Namun kehadiran regulasi memicu protes dari kalangan pedagang cryptocurrency. Mereka dikabarkan tidak senang dengan sangat tingginya persyaratan modal minimum yang harus dibayarkan.  

Bapebti dalam regulasi baru yang diterbitkan pekan lalu menetapkan bahwa pedagang baru yang menawarkan kontrak berjangka untuk aset kripto wajib menyetorkan modal minimum sebesar Rp 1 triliun.

Regulasi itu juga mewajibkan pedagang untuk memiliki divisi dukungan klien, mempekerjakan sewa satu praktisi keamanan bersertifikat, menyimpan data transaksi setidaknya selama lima tahun, dan memiliki server di dalam negeri.

Tidak pelak regulasi baru tersebut memicu protes dari sejumlah kalangan pedagang cryptocurrency di Indonesia. Salah satunya adalah CEO Indodax Oscar Darmawan.

Dikutip Reuters, Kamis (14/2/2019), Oscar mengatakan bahwa tingkat modal minimum sangat besar. Ini lebih dari persyaratan untuk membuka BPR dan jauh lebih tinggi dari modal disetor minimum 2,5 miliar rupiah untuk broker komoditas berjangka lain.

Oscar menambahkan, regulasi diperlukan untuk mendukung suatu sektor, membantu perekonomian, dan melindungi orang. Namun ini seharusnya tidak membunuh industri.

Sejurus dengan Oscar, COO Tokocrypto Teguh Kurniawan Harmanda mengatakan, persyaratan modal itu mengejutkan karena tidak muncul dalam konsultasi industri yang diadakan oleh Bappebti sebelum dikeluarkannya peraturan tersebut.

Untuk diketahui, pemerintah Indonesia melalui Bank Indonesia melarang penggunaan cryptocurrency sebagai alat pembayaran yang sah. Kendati begitu, perdagangan aset berbasis blockchain diperkenankan.

Source: KoinRocket.id/news
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
dengan kebijakan ini hanya exchange crypto yang benar-benar kuat yang bisa bertahan ( biasanya exchange dari luar ), sisanya tumbang


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di