alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Teknik Coloring dengan Watercolor, Untuk Gan Sis yang Mau Mencoba!
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c651bd77414f57f0069b280/teknik-coloring-dengan-watercolor-untuk-gan-sis-yang-mau-mencoba

Teknik Coloring dengan Watercolor, Untuk Gan Sis yang Mau Mencoba!

Melukis dengan menggunakan watercolor atau cat air, bagi sebagian orang emang nggak gampang. Tapi bukan berarti nggak bisa dipelajari kan Gan Sis. Padahal, kalau sudah terlatih, melukis dengan cat air ini bisa sangat menenangkan dan mengembalikan suasana hati lho.

Teknik Coloring dengan Watercolor, Untuk Gan Sis yang Mau Mencoba!

Jenis cat air sendiri sebenarnya ada banyak, ada yang berbentuk pasta, ada pula yang berbentuk palet padat. Ane dulu sewaktu belajar menggunakan watercolor sih prefer pakai yang pasta karena lebih mudah diatur. Tapi kalau sudah trbiasa, pakai yang padat lebih praktis sih untuk dibawa kemana-mana.


Teknik Coloring dengan Watercolor, Untuk Gan Sis yang Mau Mencoba!

Nah, kalau Agan dan Sista pengen nyoba corat coret dengan cat air, jangan lupa untuk memakai kertas khusus yang memang untuk watercoloring ya. Agar hasilnya lebih bagus dan tekstur dari watercolor lebih kelihatan.


Ternyata menggunakan watercolor ada teknik-tekniknya juga Gan Sis. Sebenarnya kalo ane sih cenderung bodo amat ya hehe gambar ya gambar aja. Tapi kalau Agan dan Sista pengen mempelajari teorinya bagaimana, berikut beberapa teknik yang bisa Agan dan Sista terapkan untuk memulai ber-watercolor ria. Ane rangkum dari zetizen.com, cekidot! 



Teknik Coloring dengan Watercolor, Untuk Gan Sis yang Mau Mencoba!

Dry on Dry (brush dan kertas kering)

Hasilnya terlihat jelas banget kan guratan-guratan watercolor yang agak kasar, nggak membaur, dan terlihat kering tanpa air. PEnggunaan teknik ini paling bagus menggunakan cat air berbentuk pasta. Agan dan Sista hanya perlu menggunakan brush kering untuk mengambil sedikit pasta cat air, kemudian sapukan pada permukaan kertas kering watercolor. Teknik ini cocok digunakan untuk melukis permukaan kasar seperti permukaan batu atau untuk memberi efek warna yang tajam pada hasil sapuan kuas.

 

Teknik Coloring dengan Watercolor, Untuk Gan Sis yang Mau Mencoba!

Dry on Wet (brush kering, kertas basah)

Caranya cukup gampang Gan Sis, pertama, basahi permukaan kertas menggunakan brush basah. Keringkan brush dengan tisu, lalu ambil pasta cat air dan sapukan ke permukaan kertas  tadi. Efek warna yang ditimbulkan pada sapuan pertama memang terlihat pekat, namun pada hasil keringnya akan timbul efek penyebaran warna pada bagian tepi cat yang telah disapukan pada kertas basah tersebut. Cocok dignakan untuk Gan Sis yang pengen menimbulkan efek smudge.

 


Teknik Coloring dengan Watercolor, Untuk Gan Sis yang Mau Mencoba!

Wet on Dry (brush basah, kertas kering)

Teknik ini merupakan pertama yang wajib dikuasai. Teknik ini paling gampang digunakan untuk bikin efek lighting atau pencahayaan. Hasil sapuannya akan menimbulkan gradasi warna. Brush basah yang digunakan juga bakal mempermudah kamu untuk mengatur konsistensi warna gradasi dari pekat menuju transparan.


Teknik Coloring dengan Watercolor, Untuk Gan Sis yang Mau Mencoba! 

Wet on Wet (brush dan kertas basah)

Terakhir, teknik ini berfungsi untuk menimbulkan efek splatter atau bercak serta efek blurry pada lukisan. Caranya, basahi permukaan kertas dengan brush. Kemudian dalam keadaan brush masih basah, ambil cat dan pulaskan diatas permukaan kertas basah tersebut. Ohya, jika Agan dan Sista ingin melukisawan, bayangan, ataukarakter spooky kayak hantu, maka teknik ini sangat pas banget buat dipakai. 

 

Rada ribet sih ya emang tapi lama-lama gampang kok kalau sudah terbiasa. Jadi bisa bikin macam-macam tekstur deh. Selamat mencoba!

emoticon-Blue Guy Cendol (L)

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
gan bisikin dong merk cat air yg pasta nyaemoticon-Request
Balasan post lusilverstalker
kalau cat yang pasta ane pakainya merk pentel gan, murah dan bagus soalnya hehe. kalau yang palet padet gitu ane pakainya merk koi
Dulu ane masih kecil sering dimainin terus diomelin ortu emoticon-Ngakak (S)
Kalo buat gambar anime bisa nggak yah?
Balasan post msa0404
wihh koi mahal apalagi teknik waterbrushnya ituloh emoticon-Belo jadi kepengen ngelukis lagi emoticon-Big Grin

oh iya gan ada ga cat air satuan? ane mau nyari warna primer nya aja
Diubah oleh lusilverstalker
Balasan post lusilverstalker
wkwk ane belinya pas ada rejeki lebih sih gan, waterbrushnya sulit banget emang pakainya. jadi ane colok-colok aja pake brush biasa emoticon-Big Grin ayo gan semangat melukis lagi!
kayaknya ada sih satuan tapi yang bentuknya per block gitu, temen ane pernah beli, tapi kayaknya itu yang mahal bingit emoticon-Frown
Balasan post fate123
bisa-bisa aja sih gan tergantung sama aliran gambarnya juga sih, tapi kalau ane emang gak bisa sih kalau gambar anime emoticon-Embarrassment
Quote:


Oh iya gan balesnya di quote aja emoticon-Big Grin

Kemarin2 awalnya ane ga ngerti ini alat apaan kok mahal ( 1 waterbrush 50rb) dari thread ini jadi tau apa namanya & fungsi nya emoticon-Ngakak (S)

Yah kalo gitumah mending beli yg koi atau pentel duluemoticon-Peace

Ane pengen ngewarnain rumah2 an dari kardus gitu pake cat air kira kira bagus ga gan?
Balasan post lusilverstalker
Quote:


mending beli yang pentel dulu aja gan yang bentuknya pasta hehehe lebih mudah buat dikendalikanemoticon-Big Grin

kalau buat ngewarnain rumah-rumahan dari kardus mending pakai cat poster atau cat akrilik sekalian gan. Kalau pakai cat air tekstur warnanya kurang keluar, kurang pekat gitu, dan menurut ane kok kalau pakai cat air tuh bagusnya emang pakai kertas watercolor yaemoticon-Big Grin

hehehehe maaf yak masih nyubi belum gitu paham gimana berbalas pesan
Quote:


Hehe iya sama aja sih kalo di andorid ada notifnya, tapi kalo di pc suka ga muncul notif kalo dibalesnya pake yg replyemoticon-Add Friend (S)

Makasih gan nambah ilmu ane tanya langsung ke ahlinya emoticon-angel mari gan kunjungi forum diy lagi ada lomba kecil2 an gitu karya dari kardusemoticon-thumbsup sekalian promosi emoticon-Shutup

Ane ada cat poster merk titi gasuka baunya ..terus emang sifatnya kuat ya noda di palet & kuas nya susah ilangemoticon-Nohope

Sip ane catet ntar coba coba lagi gan emoticon-Peace
Diubah oleh lusilverstalker


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di