alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Bisnis /
5 Penyebab Kebangkrutan UKM beserta Cara Mudah untuk Mengatasinya
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c64cfa19a972e3e384ebba2/5-penyebab-kebangkrutan-ukm-beserta-cara-mudah-untuk-mengatasinya

5 Penyebab Kebangkrutan UKM beserta Cara Mudah untuk Mengatasinya

5 Penyebab Kebangkrutan UKM beserta Cara Mudah untuk Mengatasinya

Pertumbuhan Usaha Kecil Menengah (UKM) di Indonesia sangatlah cepat. Menurut Kemenkop UKM, jumlah pelaku UKM di Indonesia mencapai 59,2 juta pelaku. Bahkan, para pelaku UKM juga berkontribusi cukup besar terhadap Pendapatan Domestik Bruto (PDB) di Indonesia.

Masih menurut Kemenkop UKM, kontribusi UKM terhadap PDB selalu mengalami peningkatan. Di tahun 2014, kontribusinya mencapai 1,71 persen, lalu meningkat tajam mencapai 3,99 persen di tahun 2016, dan menjadi 4,48 persen pada tahun 2017. Diperkirakan angka tersebut akan semakin naik hingga 5 persen di tahun 2019 ini.

Namun, peningkatan kontribusi UKM terhadap PDB ternyata tidak berbanding lurus dengan perkembangan UKM secara merata. Ternyata, masih banyak para pelaku UKM pemula yang mengalami kerugian hingga akhirnya bangkrut dan menutup usahanya.

Bahkan, menurut sebuah survei internasional, lebih dari 80% UKM di Asia tutup di tahun ketiga mereka berdiri. Penyebabnya beragam. Mulai dari kurangnya pengetahuan bisnis hingga minimnya modal usaha.

Jika Anda termasuk pelaku UKM, atau berkeinginan merintis usaha berskala kecil menengah, segera persiapkan diri Anda dengan mempelajari 5 Penyebab Kebangkrutan UKM berikut ini. 

  1. Kurangnya Kemampuan Manajerial
  2. Pasar yang Terlalu Terfokus (Niche Market)
  3. Merekrut Orang yang Salah
  4. Memulai Terlalu Dini
  5. Tidak Dapat Memberikan Hasil yang Sempurna

Selengkapnya disini: 5 Penyebab Kebangkrutan UKM beserta Cara Mudah untuk Mengatasinya
Diubah oleh interactivedm
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di