alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Hobby / Health /
Ketahui Makanan Penyebab Batu Ginjal
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c64c9dafacb952c75136e61/ketahui-makanan-penyebab-batu-ginjal

Ketahui Makanan Penyebab Batu Ginjal

Secara umum, organ ginjal ini berfungsi untuk membersihkan darah setiap hari dengan cara menyaring zat-zat limbah yang terdapat di dalamnya untuk selanjutnya dibuang dalam bentuk urine. Terkadang juga zat-zat tersebut kadarnya terlalu banyak dibandingkan cairan yang berfungsi sebagai pelarut, sehingga tidak dapat sepenuhnya terbuang oleh tubuh dan mengendap di dalam organ ginjal.


Terbentuknya batu ginjal yang dipengaruhi oleh makanan adalah batu asam urat dan juga batu kalsium, batu kalsium sendiri disebabkan oleh tingginya kadar kalsium di dalam urine. Jenis batu ginjal ini adalah yang paling umum terjadi. Kelenjar paratiroid yang terlalu aktif bisa menyebabkan kadar kalsium menjadi tinggi. Sementara untuk batu asam urat dapat terbentuk akibat tingginya kadar asam urat di dalam urine yang disebabkan oleh makanan berkadar purin tinggi.

Inilah Makanan Penyebab Batu Ginjal


Jika anda tidak ingin penyakit batu ginjal anda semakin bertambah parah dikarenakan salah makan, sebelum anda salah makan, berikut ini adalah beberapa Makanan Penyebab Batu Ginjal, diantaranya :

1. Daging

Kandungan protein hewani akan dapat mendorong pembentukan batu ginjal dan juga kerusakan pada organ ginjal. Mengkonsumsi makanan yang memiliki tinggi protein dapat menempatkan tekanan pada organ ginjal karena limbah protein sulit untuk dibuang. Penyebab umum dari batu ginjal adalah asam urat dan hal tersebut diketahui juga bahwa daging memiliki kandungan asam urat yang tinggi.

2. Pemanis Buatan

Menurut sebuah penelitian yang menunjukan bahwa pemanis non-kalori dapat merusak fungsi organ ginjal, apabila dikonsumsi dalam jangka panjang. Oleh karena itu, yang terbaik adalah memilih pemanis alami seperti madu.

3. Minuman Berkarbonasi

Minum-minuman seperti soda, jus kemasan, dan juga minuman berenergi akan dapat meningkatkan risiko pada tubuh anda terkena penyakit batu ginjal dan bahkan menempatkan anda pada risiko penyakit ginjal.

4. Produk Susu

Susu diketahui salah satu minuman yang memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi sehingga dapat membangun tulang yang kuat. Akan tetapi, bagi mereka yang rentan terhadap batu ginjal, kandunga kalsium bukanlah teman. Bahkan, kalsium dapat juga meningkatkan ekskresi kalsium di dalam urine, sehingga limbahnya lebih sulit untuk dibuang sehingga mendorong terbentuknya batu ginjal.

5. Kafein

Jika anda pecinta minuman berkafein, disarankan untuk tidak mengkonsumsinya secara berlebihan. Karena, mengkonsumsi kafein yang berlebihan akan dapat mengarahkan anda pada perkembangan batu ginjal karena kadar kalsium yang tinggi di dalam urine. Kondisi tersebut juga akan memicu penyakit gagal ginjal karena terdapat stimulan yang dapat membuat organ menjadi kelelahan. Soda, teh, dan juga kopi merupakan minuman yang sering ditemukan mengandung kafein.

6. Garam Meja

Selain hanya tinggi natrium dan juga sodium, garam dapat memicu timbulnya tekanan darah, penyakit jantung, dan juga penyakit ginjal. Untuk itu, disarankan untuk mengurangi asupan garam merupakan salah satu cara terbaik untuk mencegah batu ginjal.
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
waduh.... no.5 itu yang gak bisa dikurangi gan... ngopi...
Balasan post cor7
Ane juga sama gan bingung hahahaha
penikmat ngopi hehe
Berbahaya mungkin pada saat melewati batas normal...

Susu segelas sehat.. Tapi sehari 1 liter.. Jamin penyakit bakalan mengantri
nice info, gan... emoticon-Shakehand2
Balasan post v1ncz777
Nah itu dia gan, karena mereka suka keenakan jadi lame-lame kena akibatnye sendiri
Balasan post sintaaak
Oke terimakasih atas apresiasinya
semoga sehat selalu
Lahh makanan enak2 ituhemoticon-Cape d... (S)





*bata donk ganemoticon-Blue Guy Bata (S)..txemoticon-Malu (S)
Balasan post pabloo
aamiin", thx gan


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di