alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Kenapa Apoteker Indonesia Kurang Dihargai ? ini alasannya !
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c64c0a0c0cad771a152c61c/kenapa-apoteker-indonesia-kurang-dihargai--ini-alasannya

Kenapa Apoteker Indonesia Kurang Dihargai ? ini alasannya !

Kenapa Apoteker Indonesia Kurang Dihargai ? ini alasannya !


Siapa itu apoteker?  apoteker.....  hmm, setiap kali mendengar kata itu..banyak di antara kita yang akan langsung membayangkan sebuah apotek. Tidak salah memang, karena sejak dulu apoteker dikenal sebagai pembuat obat atau penjual obat di apotek.

Akan tetapi, citra profesi Apoteker di mata masyarakat Indonesia kurang dipercaya. Padahal seorang apoteker mempunyai ilmu farmasi yang dia pelajari secara susah payah dan penuh perjuangan diperkuliahan, tetapi ketika mereka membaginya kepada masyarakat, terkadang masyarakat tidak mempercayai kredibilitas seorang apoteker. Bahkan masyarakat lebih percaya pada dokter.

Kenapa Apoteker Indonesia Kurang Dihargai ? ini alasannya !


Dimasyarakat, dokterlah yang lebih sering menerangkan mengenai obat dibandingkan apoteker. Karena saya pernah mengalami suatu pengalaman ketika ada penyuluhan tentang obat-obatan itu yang menjadi pemateri adalah seorang dokter bukan seorang apoteker. Contoh lainnya, menteri badan pengawasan obat dan makanan lagi-lagi adalah seorang dokter bukan seorang apoteker.

Padahal seorang apoteker lebih mengetahui tentang itu karena merupakan salah satu bidang ilmunya. Bahkan, terkadang ketika seorang apoteker sedang melakukan konseling kepada pasien, pasien akan memanggilnya dengan sebutan “dok” karena anggapan orang awam yang mengetahui tentang obat-obatan itu adalah seorang dokter dan apoteker adalah orang yang menjual obat di apotek. Sungguh hal ini sangat miris.

Yah, miris memang, jika dikaitkan dengan profesi apoteker yang seolah berada dibawah dokter. Padahal, dokter dan apoteker mempunyai fungsi masing-masing profesi yang saling terkait dalam meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat.


Apoteker lah yang memegang peranan penting dalam membantu dokter menuliskan resep rasional. Membantu melihat bahwa obat yang tepat, pada waktu yang tepat, dalam jumlah yang benar, membuat pasien tahu mengenai “bagaimana,kapan,mengapa” penggunaan obat baik dengan atau tanpa resep dokter.

Apoteker lah yang sangat handal dan terlatih serta pakar dalam hal produk/produksi obat yang memiliki kesempatan yang paling besar untuk mengikuti perkembangan terakhir dalam bidang obat, yang dapat melayani baik dokter maupun pasien, sebagai “penasehat” yang berpengalaman. Apoteker lah yang merupakan posisi kunci dalam mencegah penggunaan obat yang salah, penyalahgunaan obat dan penulisan resep yang irrasional.



Apalagi sekarang sudah ada teknologi dalam dunia farmasi seperti software , misalnya software apotek. Dengan Software Apotek seorang apoteker akan menjadi lebih profesional dalam pekerjaannya. Salah satu software apotek yang terbaik adalah Vmedis. Dengan menggunakan Vmedis,  apoteker bisa dengan mudah mengelola apotek,stok obat, dan juga keuangan. 



Terima kasih, semoga thread saya bermanfaat 

emoticon-Shakehand2
Polling
3 Suara
Kalian lebih pilih mana , Apoteker atau Dokter ? 
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
yah Masuk akal juga sih gan...
Mantap gan, apoteker memang dilema emoticon-Sorry


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di