alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Sejarah & Xenology /
Dipanagara Seorang Lelaki Ningrat Yang Hobi Blusukan
5 stars - based on 2 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c642953f4d695622f0a6091/dipanagara-seorang-lelaki-ningrat-yang-hobi-blusukan

Dipanagara Seorang Lelaki Ningrat Yang Hobi Blusukan



Dipanagara Seorang Lelaki Ningrat Yang Hobi Blusukan

Blusukan merupakan sebuah kata yang populer pada saat ini. Blusuk merupakan bahasa jawa yang mendapat tambahan an dibelakangnya. Pengertian blusukan secara umum adalah kegiatan mengunjungi tempat terpencil dengan sembunyi - sembunyi dengan tujuan agar dapat berkomunikasi dengan rakyat.

Jika dilihat lihat makna dari blusukan merupakan perlambang kepedulian dari seorang pemimpin terhadap rakyatnya.

Ternyata blusukan telah dilakukan terlebih dahulu oleh pangeran dipanagara atau yang lebih dikenal dengan pangeran diponogoro. Seorang pahlawan dan pemimpin yang terkenal akan keberaniaannya.

Dipanagara Seorang Lelaki Ningrat Yang Hobi Blusukan

Pangeran dipanagara merupakan seorang keturunan ningrat yang tidak memperlihatkan kebangsawaannya kepada rakyatnya, bahkan tidak jarang sang pangeran dipanagara sering menyamar dan secara sembunyi - sembunyi melihat dan berkunjung kepada rakyatnya.

Keteladanan dan kerendahan hati sang pangeran sepertinya dibentuk dan ditempa dari lingkungan tempat tinggal, hidup di lingkungan para petani, peternak dan sangat dekat dengan para alim ulama. Sehingga dalam pembentukan karakter pangeran dipanagara seperti tidak memiliki jarak dengan rakyatnya.

Dipanagara Seorang Lelaki Ningrat Yang Hobi Blusukan

Suatu kisah blusukan dari sang pangeran dipanagara adalah ketika pangeran dipanagara berkunjung ke daerah disekitar pesisir selatan, dimana ketika itu terjadi panen raya, pangeran tanpa sungkan turun langsung ke sawah dan ikut langsung memanen sawah tersebut bersama rakyatnya. Selain itu tak jarang pangeran berkelana mengunjungi daerah kerajaan tanpa pengawalan, tanpa kuda dan ketika pangeran dipanagara berkunjung pasti dilakukan dengan penyamaran menjadi rakyat jelata. Sehingga dengan sikapnya yang seperti itu pangeran dikenal dekat dengan rakyat hingga buktinya adalah ketika perang jawa terjadi, pasukan pangeran dipanagara pasti selalu didukung oleh rakyatnya.

Dipanagara Seorang Lelaki Ningrat Yang Hobi Blusukan

Sebuah kisah pangeran dipanagara yang blusukan tanpa adanya pencitraan dan tentu ingin melihat kehidupan rakyat dengan lebih dekat sehingga memunculkan kedekatan antara rakyat dengan pangeran dipanagara.

emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan

Tulisan : pemikiran TS
Gambar : google
Referensi : ini
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
segituh doank?!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di