kaoru koganeiAvatar border
TS
kaoru koganei
[COC] Inklusi Transportasi : Layanan Bus Ramah Difabel




[COC] Inklusi Transportasi : Layanan Bus Ramah Difabel


Transportasi merupakan hal yang kita temui setiap hari. Baik untuk ke kantor, ke rumah orang tua, atau pun sekadar pergi ke tempat yang dekat. Meskipun saya tinggal di ibukota yang kata nya macet, bikin emosi, tapi saya bersyukur masih bisa menikmati transportasi dengan "normal", ga kebayang bagaimana rasa nya saudara - saudara kita penyandang disabilitas / difabel / memiliki kecacatan fisik saat menggunakan transportasi, terutama transportasi darat, dalam hal ini bus emoticon-Smilie

Terakhir saya lihat difabel naik bus, adalah saat saya masih kecil. Untuk bisa naik ke bus saja perlu bantuan orang lain, begitupun untuk turun. Untung nya, masih banyak orang - orang yang peduli membantu. Apakah hal ini menandakan bahwa fasilitas bus itu eksklusif (tidak ramah) bagi penyandang disabilitas ? emoticon-Thinking

Transportasi ramah (inklusi) difabel merupakan usaha agar penyandang disabilitas juga bisa menggunakan bus dengan "normal". Saya pun baru tahu bahwa ada lho peraturan tentang transportasi ramah difabel yaitu PERATURAN MENTERI PERHUBUNGAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR PM 98 TAHUN 2017 tentang "Penyediaan Aksesibilitas Pada Pelayanan Jasa Transportasi Publik Bagi Pengguna Jasa Berkebutuhan Khusus". Saya sih salut ya meskipun kurang tahu apakah sudah diterapkan semua, namun setidak nya sudah ada payung hukum untuk transportasi ramah difabel emoticon-Smilie

Karena saya juga ga tertarik sama undang - undang nya (you know gan bahasa undang - undang tuh bikin ngantuk), maka saya coba mencari tahu penerapan nya di lapangan contoh nya apa sih ? emoticon-Thinking

Transjakarta alias busway. Transportasi nya warga Jakarta. Cukup bayar sekali, bisa menjangkau kemana - mana di Jakarta. Dannnnn, ternyata busway sudah ada layanan ramah difabel gan ! emoticon-Belo



Jujur aja gan, saya ga ngeh sih bahwa ada ramah difabel di busway, cuma saya memang pernah liat rambu bergambarkan orang berkusi roda di halte busway emoticon-EEK!

Jadi setelah saya teliti gan, komponen utama dari bus ramah difabel adalah pintu masuk bus yang lebar dan berlantai rendah (lower decker / low entry). Pantes saya suka bingung, kok ada busway yang tinggi ada yang ceper pintu masuk nya, kirain modifan terbaru wkwkwk.. emoticon-Peace





Bangga deh jadi warga ibukota emoticon-Metal

Tapiiiiii ..... Gimana ya cara nya difabel menjangkau busway ? emoticon-Confused

Again, saya browsing - browsing dannn menemukan another layanan ramah difabel transjakarta. Nama layanan nya adalah transjakarta cares emoticon-Smilie



Jadi sejak tahun 2016, busway punya program transjakarta cares, dimana warga penyandang disabilitas dapat menikmati layanan mobil antar jemput gratis. Dengan program ini, difabel tidak perlu khawatir, karena akan dijemput dan didampingi oleh 3 staff (1 supir dan 2 petugas terlatih). Menurut saya sih ini cukup jadi solusi ya, karena layanan antar jemput ini bisa menjawab pertanyaan bagaimana cara nya difabel menjangkau busway dari rumah emoticon-thumbsup



Agar dapat dijemput, difabel atau pun keluarga nya dapat melakukan pemesanan sehari sebelum nya ke pihak transjakarta cares di call center 1500 102. Berasa taksi online ya gan wkwkwk.. emoticon-Peace

Udah pesan terus ngapain lagi ya gan? Yah tunggu dijemput besok nya. Jadi nanti difabel dijemput di titik penjemputan menggunakan mobil khusus ramah difabel, akan diantarkan ke halte busway terdekat, sampai di halte akan dipandu petugas mencari bus sesuai tujuan. Wah ini sih komplit ya gan layanan nya, bisa sampai dapat transportasi sesuai tujuan. Tapiiii, ga cuma sampai disitu, di dalam busway, difabel akan didampingi petugas yang akan memberitahukan jika sudah sampai halte terdekat dengan lokasi tujuan. Amazing sih layanan nya menurut saya gan emoticon-thumbsup

Lagi - lagi ga sampai disitu aja gan, nanti nya di halte tersebut, difabel akan di jemput oleh mobil transjakarta cares yang akan mengantarkan ke lokasi tujuan ! God, ini benar - benar layanan full service ya, difabel dilayani dari titik penjemputan sampai lokasi tujuan. 100% based pesanan pengguna emoticon-Smilie



Apakah program ini berhasil ? Well, honestly keberhasilan itu relatif ya tergantung siapa yang menilai. Tapiii, menurut data PT. Transjakarta (pengelola busway) layanan transjakarta cares mengangkut rata-rata 5 penumpang setiap harinya (20 Oktober hingga 8 November 2016). Perlu diingat gan, layanan transjakarta cares diluncurkan 20 Oktober 2016. In my opinion, program ini cukup oke kok emoticon-Smilie

Layanan transjakarta cares juga melayani lansia (lanjut usia) dan penderita sakit keras yang menggunakan kursi roda. Wah ini sih inklusi in real life ya, benar - benar ramah dan melayani sehingga semua nya bisa merasakan fasilitas busway. Busway jadi tidak eksklusif (khusus) lagi hanya untuk mereka yang "sehat"... emoticon-Smilie



Dannn layanan transjakarta cares ini gratis tis tis ya gan ... emoticon-Embarrassment

Sebagai penutup, segala sesuatu pasti ada kekurangan nya gan, pun layanan transjakarta cares ini sendiri. Jumlah armada mobil penjemputan yang masih sedikit menyebabkan difabel harus memesan sehari sebelum nya (not in this real damn time a.k.a now). Tapiiii, setidak nya hal ini merupakan bukti bahwa ada nya upaya inklusi transportasi agar saudara - saudara kita yang difabel juga dapat menikmati transportasi bus emoticon-Om Telolet Om!


Sekian trit saya. Terima kasih emoticon-Smilie


Video layanan transjakarta ramah difabel


Sumber :
dephub.go.id
Kompas.com
Google image
Kompasiana.com
Transjakarta.co.id
Pengalaman pribadi saya
4
5K
44
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan