alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Gokil!! Robot Mungil Ini Mampu Menjelajah Pembuluh Darah
5 stars - based on 3 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c5c1cb28012ae721e6c10dc/gokil-robot-mungil-ini-mampu-menjelajah-pembuluh-darah

Gokil!! Robot Mungil Ini Mampu Menjelajah Pembuluh Darah

Makin hari perkembangan dunia teknologi makin luar biasa Gan. Mulai dari gadget yang semakin pintar, transportasi yang makin canggih, hingga teknologi robotika yang makin mendekati perilaku makhluk hidup. 

Dunia robotika contohnya, berbagai macam jenis robot sudah dikembangkan oleh para ilmuwan dunia. Ada yang diaplikasikan untuk industri, life style sampai dunia medis. Salah satu yang baru – baru ini diciptakan adalah sebuah robot yang memiliki ukuran yang sangat kecil. Robot ini hasil kreasi kolaboratif dari ilmuwan di Ecole Polytechnique Federale de Lausanne (EPFL) dan Swiss Federal Institute of Technology Zurich (ETH Zurich).

Gokil!! Robot Mungil Ini Mampu Menjelajah Pembuluh Darah

Robot ini memiliki ukuran super mungil yang bestruktur ala origami elastis. Dia juga dirancang mampu mengubah bentuk tubuh sesuai situasi sekitarnya. Berukuran layaknya bakteri, robot ini dibuat untuk bisa masuk dan sebagai alat navigasi di dalam tubuh atau pembuluh darah. Dia bisa berenang melalui pembuluh darah untuk mendistribusikan obat ke tempat yang benar – benar membutuhkannya.

Menurut para peneliti, robot ini tepatnya berukuran panjang sekitar satu milimeter, tetapi ukuran ini bisa lebih kecil lagi dengan mengggunakan metode pelipatan origami. Wadawww canggih banget, robot bisa dilipat – lipat.

Gokil!! Robot Mungil Ini Mampu Menjelajah Pembuluh Darah

Robot kecil atau microbot ini memiliki tubuh yang sangat fleksibel, bisa berenang dalam cairan dan mengubah wujud badan, dirancang untuk mampu bermanuver di dalam pembuluh darah. Dengan kecanggihan tersebut, sebenarnya robot ini terbuat dari apa?

Robot ini terbuat dari bahan hydrogel nanocomposite, dengan elemen nanoparticle magnetik di tengahnya. Sehingga robot dapat dikendalikan dari luar menggunakan medan eletromagnetik. Struktur pembentuknya ini membuat robot mampu meregang dan memadatkan diri.

Dengan fungsinya yang luar biasa, robot di klaim bisa menghemat biaya medis. Sehingga para peneliti berupaya untuk meningkatkan kinerja atau kemampuan dari robot ini.

Menurut Ane sih ini terobosan yang biasa Gan. Jadi nantinya obat bisa langsung diedarkan ke targetnya. Dan mungkin dengan cara tersebut reaksi obat akan makin cepat terlihat (pemikiran awam Ane aja Gan)...


Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 4
makin canggih
Wah kalo macet. Nanti bisa penyumbatan pemburu darah. Seremm emoticon-Ngacir
kalo mau ngecas gimana? emoticon-Belo
kalo sekarang pasti masih banyak yg nolak soalnya masih resiko & bener2 belum terjamin keamanannya, tunggu 20 tahun lagi emoticon-Ngakak (S)
woww luar biasa si mungil
Buat medis yak. Semoga nggak nyangkut di pembuluh darah emoticon-Takut (S)
makin canggih aja bro
subhanallah emoticon-Traveller
kira kira harga nya berapa ya gan? haha
Quote:


Paling ga dijual umum😁
ane malah jadi ngilu ngebayangin tuh robot nyangkut di pembuluh darah emoticon-Wow
kalo pun nyangkut di pembuluh darah ya tinggal dicabut kan bisa dilacak keberadaannya. ga mungkin kan ditinggalin begitu aja
Quote:



Jd cybrog gan
uwow bikin merinding bulu romaku
Diubah oleh Papa.T.Bob
Diubah oleh Pazonda95
robot beneran?
masa sih?
hmmm.. bener2 aman?
Gile, ngeri nyasar kan pembuluh darah di dalam tubuh aja ruwet kayak jalan di jakarta emoticon-Ngakak
Sudah masuk nano teknologi belum kek gitu
Kek di film film ajhah
masih plan, semoga segera bisa terealisasikan di dunia medisemoticon-pencet
Diubah oleh primawidhie
robot ini dijual terpisah....
Halaman 1 dari 4


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di