alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Games / Games /
Apa Itu Fighting Game?
4.5 stars - based on 4 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c5a3351af7e93117b716283/apa-itu-fighting-game

Apa Itu Fighting Game?

Apa Itu Fighting Game?


Pernah dengar judul game seperti Street Fighter, Smash Bros atau Mortal Kombat? Judul-judul tersebut digolongkan ke dalam sebuah genre yang bernama fighting game.

Untuk saat ini mungkin ketika kamu diminta untuk membayangkan suatu pertandingan esports, judul game yang muncul di pikiran kamu pasti seputar genre FPS atau MOBA, seperti Counter-Strike atau Dota.

Genre fighting game ini memang tidak memiliki jumlah player sebanyak game-game mainstream lainnya. Akan tetapi,jangan terlalu cepat berkesimpulan dulu. Genre fighting game ini ternyata punya ekosistem esports-nya juga loh!

Apa Itu Fighting Game?


Enggak percaya? Contohnya, nih. Ada turnamen Evo, Tekken World Tour, Capcom Pro Tour, hingga ELEAGUE. Di Indonesia sendiri, komunitas fighting game juga tersebar luas loh, seperti Gelud, KMPT Malang Tekken Brotherhood, Surabaya Tekken Community, dan juga Drop The Cap. Pertengahan tahun lalu juga, Indonesia baru saja menggelar Abuget Cup 2018.

Nah, sudah merasakan belum keistimewaan genre fighting game ini? Penasaran kan? Yuk kita kenalan dengan genre ini.

Kesan pertama genre fighting game

Yang membuat permainan di genre fighting game itu sangat berbeda dibandingkan dengan tipe pertandingan esport di genre game lain itu, menang atau kalah itu murni dari skill seorang pemain sendiri, tidak ada random factor seperti luck dari dalam game ataupun mengandalkan team skill.

Kalau dibandingkan dengan genre collectible card game di esports, kartu yang keluar dari deck selalu random. Berapa banyak pun persiapan strategi pemain, jalan pertandingan nantinya selalu tidak bisa diprediksi siapa yang akan menang.

Apa Itu Fighting Game?


Bahkan pemain yang awalnya dianggap akan menang bisa saja tiba-tiba menjadi kalah kalau kartu yang keluar lebih buruk dari kartu lawannya.

Bila dibandingkan dengan genre MOBA, seperti Dota ataupun Mobile Legends, kalau kita dipertemukan dengan teman satu tim yang kurang jago, maka seberapa baik pun performa kamu, masih saja tetap besar kemungkinan tim kita akan kalah melawan tim yang lebih baik kemampuannya. Hal ini tidak lain karena adanya faktor teamwork yang menjadi variabel utama genre MOBA.

Lebih parah lagi di genre First Person Shooter (FPS) yang ada fitur friendly fire. Kadang-kadang kita bisa kalah karena diserang oleh teman sendiri, meskipun secara tidak sengaja.

Di sisi lain, sebagai penonton yang menyaksikan suatu pertandingan, faktor seperti luck dan teamwork itu bisa membuat pertandingan yang awalnya membosankan menjadi menarik. Namun, tidak semua orang suka dengan sistem seperti ini. Terkadang di hari pertandingan besar, jerih payah dan latihan seorang atlet itu menjadi tertutupi hanya karena musuh lebih beruntung.

Apa Itu Fighting Game?


Sebagai penonton yang punya tim favorit dan sudah sedari dulu diikuti perkembangannya, kita tahu persis bagaimana perjuangan dan latihan mereka. Kita pasti kecewa berat jika nantinya mereka kalah di hari pertandingan besar karena perjuangan dan latihan mereka itu bisa dikalahkan oleh mereka yang beruntung.

Kesan pertama yang lain

Meskipun genre fighting game memiliki pesonanya sendiri, tak jarang orang-orang masih belum memiliki ketertarikan untuk menyukainya. Alasannya biasanya akan berkisar pada, kerumitan permainan, khususnya dalam melakukan gerakan combo, tutorial yang kurang memanjakan pemainnya untuk langsung menjadi pro, dan yang paling utama, jenuh dengan kekalahan.

Pemain baru yang mencoba fighting game akan mudah terdemotivasi jika terlalu sering kalah. Tidak jarang juga, kekalahan tersebut akan diperjelas dengan berbagai alasan yang melindungi ego mereka, seperti menyalahkan karakter musuh yang lebih kuat.

Padahal, jika hal tersebut direspon oleh pemain yang sudah berpengalaman, mereka akan menjawab bahwa semua karakter masing-masing memiliki keunggulan dan kelemahan yang harus bisa kita eksploitasi.

Jadi, skill untuk mencari dan memanfaatkan kelemahan musuh inilah yang perlu dikuasai untuk bisa menjadi pro.
Mulai memilih fighting game yang cocok

Hari ini, ada begitu banyak sekali judul fighting game yang bisa dimainkan, dan masing-masing game tersebut memiliki gameplay yang tentunya berbeda. Pilihan yang banyak tersebut tentunya membuat pemain baru kesulitan untuk memilih.

Apa Itu Fighting Game?


Jadi, bagaimana cara untuk memilih judul game yang cocok untuk kita?

Salah satu indikator fighting game yang bagus terletak pada daftar fighter / karakter yang ada di dalamnya. Setiap karakter di dalam game harus mempunyai karakteristik yang sangat unik dan gameplay yang berbeda juga.

Mengingat bahwa waktu yang dihabiskan di fighting game itu selalu dengan melihat karakter yang digunakan bertarung melawan karakter lain, pasti akan terasa membosankan kalau setiap karakter memiliki kemiripan dengan karakter lain. Apalagi jika justru mempunyai gerakan yang sama.

Berikut ini ada beberapa judul fighting game yang terkenal dan mungkin salah satunya bisa menjadi fighting game yang cocok buat kamu.Yuk kita kenali satu per satu.

1. Street Fighter V



Karakter yang bisa dimainkan sangatlah bervariasi dan unik. Mulai dari strategi gaya bertarungnya hingga desain karakternya yang beragam. Komunitas Street Fighter juga sangatlah besar di dunia. Banyak pertandingan diadakan untuk gathering, LAN Party, ataupun bertanding secara online.

2. Mortal Kombat X



Dikenal sebagai game dengan grafis yang sadis dan brutal, menunjukkan banyak darah yang bermuncratan dengan animasi yang menunjukkan bagaimana tulang dan organ dalam tubuh dipecahkan satu per satu seiring karakter bertanding hingga akhirnya dieksekusi.

Dengan judul paling barunya ini, setiap karakter dibuat sedetil mungkin dan banyak particle effect yang muncul dari attack skill karakter. Daftar karakter yang bisa dipilih juga seimbang antara satu dengan yang lainnya, dengan kelebihan dan kekurangannya masing masing.

3. Injustice 2



Karakternya berasal dari komik DC Universe, seperti Batman dan Superman, dan disertai dengan tambahan DLC characters seperti Hellboy dan karakter DC lainnya. Mempunyai single player story mode yang bagus, dengan kualitas voice acting yang mendukung.

Untuk game selanjutnya kamu dapat melihatnya pada bagian ini : jenis game fighting.
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 3
fighting game = gim brantem

simpel aja bre emoticon-Big Grin emoticon-Ngacir
Kata mamah ane gak boleh main gim2 berantem.. ntar jadi terinspirasi..


Apa Itu Fighting Game?
peemainan bertarung 😆
kira2 yg combat systemnya menarik menurut ente yg mana gan emoticon-Embarrassment
game tarung legend itu street fighter tekken sama marvel vs capcom hehe
game gelut
disini persaudaraan kita di uji.. wkwk
harus ngalah sama abang.. kalo gk ngalah main terus sampe ngamuk2
king of fighter ? ane ingetin kalo gitu . emoticon-Shakehand2 .
lebih suka king of fighter aku emoticon-Cool di android ga makan banyak space
Quote:


emoticon-Cendol (S) buat agan
Ane nunggu jump force sampe characternya semua banyak aja emoticon-Embarrassment
Klo turnamen yang di pake 1 sama marvel vs capcom terbaru sama dragonball deh
Diubah oleh felixivan
game gelut mah asyiknya klo maennya ama orang laen.
game bertarung bukan ya
Quote:


Cek lemari es nya gan emoticon-Toast emoticon-Toast .
ehem Dead Or Alive 6 emoticon-Big Grin

Mortal Kombat sedang persiapan game ke-11. rencana rilis bulan April.
Game fighting sampai kapan pun tetep ada aja penggemarnya.lagipula game genre ini jg didominasi judul yg sudah eksis dari tahun ke tahun yg tetep di tunggu fans setia nya
Mulai dr street fighter,tekken,king of fighter dll
Legend fighting game...
main ginian kalah mulu
Kurang suka game genre fighting... ga tau kenapa gak bs ngerasain serunya dimana
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di