alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Keterampilan Dasar Seorang Bikers
5 stars - based on 14 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c57abeb2525c3209c327c8e/keterampilan-dasar-seorang-bikers

Keterampilan Dasar Seorang Bikers

Keterampilan Dasar Seorang Bikers

Quote:


Seorang bikers yang baik, harus mengenal kendaraannya. OK, sekarang memang ada mekanik yang siap membantu perawatan kendaraan anda. Tapi tidak ada salahnya jika seorang bikers bisa melakukan perawatan ringan pada kendaraannya. Selain untuk jaga-jaga jika suatu saat ada kendala di jalan, juga untuk lebih mengenal kendaraan yang ditungganginya. Berikut daftar keterampilan dasar yang sebaiknya dimiliki oleh seorang bikers. Cekidot gan!

Keterampilan Dasar Seorang Bikers


Pertama, bisa melepas, memasang dan mengecek kondisi busi kendaraan. Keterampilan ini sangat berguna saat motor mengalami trouble di jalan. Hal pertama yang dicek adalah kondisi busi. Apakah masih layak dan bagus dalam melakukan pembakaran atau tidak. jika dicek "percikan apinya lemah" bisa dipastikan busi bermasalah.

Pengetahuan soal warna busi juga penting untuk mengetahui pembakaran di motor sudah ideal atau belum. Lihat saja kepala busi yang tertanam dalam blok silinder. Warna ideal yang menandakan pembakaran sempurna adalah merah bata. Jika terlalu basah dan agak kehitaman, setting BBM terlalu boros. Jika kering, keputih-putihan, artinya BBM nya terlalu sedikit yang masuk ruang bakar. Menyebabkan panas mesin meningkat.

Keterampilan Dasar Seorang Bikers


Kedua, bisa mengganti oli mesin sendiri. Saya kira ini keterampilan paling mudah, tapi banyak juga yang salah dan tidak paham. Dengan mengganti oli sendiri, kita bisa lebih yakin pelumas yang masuk motor kita terkontrol dengan baik. Jangan pakai alasan tidak punya kuncinya. Beli kan bisa. Smartphone jutaan kebeli, masak kunci ring untuk buka oli yang harganya paling puluhan ribu tidak terbeli?

Keterampilan Dasar Seorang Bikers


Ketiga, bisa memasang kampu. Baik depan, belakang, sign kanan-kiri. Keterampilan ini juga harus diimbangi dengan ketelatenan dan kesabaran dalam membuka-pasang body motor. Keterampilan ini berguna saat kita jalan jauh, tiba-tiba lampu mati dan jauh dari bengkel. Asal kita punya cadangan lampu, bisa kita pasang sendiri. Ingat, jalan di malam hari tidak pakai lampu itu bahaya. Salah-salah nyawa taruhannya.

Jalan siang hari pun rawan kena tilang, karena melanggar aturan lights on dari Pak Polisi. Tidak sulit untuk menguasai keterampilan ini. Hanya butuh kesabaran dan latihan saja.

Keterampilan Dasar Seorang Bikers

Terakhir, bisa mengenali suara-suara "aneh" dari mesin. Sepeda motor tidak selalu ada dalam kondisi prima. Bikers yang baik, harus tanggap dengan perubahan suara yang keluar dari mesin. Jangan suara mesin sudah seperti gilingan padi, masih di gass saja. Ingat, komponen dalam mesin apabila ada yang "kena" dan tidak segera ditangani akan merembet ke komponen lain.

Misal, ring piston yang aus akan menyebabkan oli masuk ke ruang pembakaran. Selain mengeluarkan asap putih seperti fogging, kinerja piston juga menjadi berat karena pembakaran tidak sempuna. Lha ada oli yang seharusnya tidak ada di ruang bakar kok. Kalau piston kerja keras terus menerus, masa pakainya tentu semakin singkat, ganti juga kan?

Keterampilan Dasar Seorang Bikers


Well, bagaimana cara kita agar bisa menguasai keterampilan dasar di atas? Beli alatnya, tidak takut mencoba dan yang paling penting, saat anda berkunjung ke bengkel, coba perhatikan cara kerja mekanik. Jika anda tidak tahu dan ingin tahu apa yang mekanik kerjakan, silahkan tanya. Mekanik yang baik, tidak akan pelit untuk berbagi ilmu. Bagaimana? Sudahkan anda punya keterampilan di atas? Atau anda tipe bikers yang tahunya gass, tanpa paham kendaraan anda sama sekali? Salam Damai.


Merdeka!


Sumber Gambar : sini, sini, sini, sini, sini
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 5
tread mantab

kebanyakan masih berfikiran gini om "sek penting nggelir" emoticon-Hammer2
Quote:

Nanti kalau trouble baru misuh-misuh ya om... emoticon-Big Grin
Quote:


Yang disalahin motor nya om, ga mau nurut ama empunya emoticon-Big Grinemoticon-Big Grin
Yg paling riskan sih menurut ku oli mesin om, pernah alami sih, gas pol habis traffic light ringroad Maguwo tiba" seker nya macet emoticon-Malu
Quote:

Padahal motor kan mengikuti apa maunya yang mengendarai ya om??? emoticon-Big Grin Lha kalau seher macet nopo mboten kejengking jenengan om??? Kalau motor manual masih bisa pegang kopling kayaknya... emoticon-Big Grin
Quote:


Kalo motor nya terawat mungkin ya gitu om emoticon-Big Grin

Nyaris, soalnya langsung tarik kopling manual, sein kiri auto mlipir emoticon-Big Grin
Pernah sih kejengking om, masalah nya ada di rantai roda belakang lompat masuk ke antara lengan ayun sama gear belakang, jadi auto ngesot gitu lah om emoticon-Hammer2
Quote:

Pembalap kih, refleksnya OK punya emoticon-2 Jempol Nah kalau rantai sudah lepas dari orbitnya yo ming iso pasrah om, ga ono solusi selain njengking koyone... emoticon-Hammer2
Bisa naik dong
kuras oli rem jugaa
Quote:

Nah ini penting, pernah ketemu rider cewe yang remnya macet karena kehabisan minyak rem... emoticon-Big Grin
Quote:


Sembalap karung om emoticon-Ngakak
Nah Yo iku om, semenjak kejadian iku setiap mau pake motor selalu cek kekencangan rantai dulu emoticon-Big Grin
Quote:

Leg jaman matic ngene perlu dicek vanbelt e om... Soale leg pedot, mumet ndase... emoticon-Hammer2
Jaman dulu pake bebek bore up, tiap pagi sebelum sekolah, selalu cek busi dan oli... Sekarang pake 250 malas cek nya om, ribet emoticon-Ngakak

Btw om ndo gaada niat nambah ducati V4 om? Buat ngasepin mbah dukun emoticon-Leh Uga
Quote:

Kalau pakai fairing ya emang ribet lah om... Kalau naked macam MT-25, nah ini rada enak... emoticon-Big Grin

Belum minat om, motor Italy itu cuma sedap dipandang, tapi ga sedap di biji... emoticon-Hammer2
Quote:


Iya om. Ribet bener... Makanya kemana2 ane bawa 2 busi cadangan om emoticon-Hammer2
Untung busi R25 murah pol emoticon-Leh Uga

Iya sih om, ane test ride 1199 punya temen, ga sampe 10km panasnya dh gilaaaaa

Apalagi musim hujan gini Om, kunci busi dan pendukung harus siap di jok motor,
Quote:

Semurah-murahnya, pasti lebih mahal dari busi bebek om... Selain panas, perawatannya itu lho om yang bikin mikir berkali-kali... emoticon-Big Grin
Quote:

Kalau itu sih, siap setiap saat om, ga cuma pas musim hujan... emoticon-Big Grin
Quote:


Busi standar R25 cuma 13rb lho om perbiji nya emoticon-Big Grin
Makanya tmn2 ane yg pake ninja & cbr, larinya ke busi R25 semua. Murah, awet (promosi)

Om Ndo tempo hari kalo ga salah mau ambil 250 ya om? Jadinya ambil apa nih om? emoticon-Big Grin
Quote:

Lho iya tha??? Baru tahu om... emoticon-Big Grin Ambil Inazuma 2nd on jadinya... Yang paling gampang perawatannya... emoticon-Big Grin
Quote:


Ga due motor matic om emoticon-Cool

Dadi kelingan om naliko matic e koncoku pedhot cvtbelt e pas bulan puasa, tak rewangi nyetep Alhamdulillah diampirne buko Karo mie ayam sak baksone emoticon-Big Grin
Sori ott om emoticon-Shakehand2
Quote:

Sopo ngerti bojone njenengan suk cekelan matic om... Kan paham menangani kalau ada apa-apa... emoticon-Big Grin
Halaman 1 dari 5


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di