alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Food & Travel / Cooking & Resto Guide /
3 Jenis Jajanan Wajib di Pasar Malam Taiwan Versi Gw
4.2 stars - based on 5 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c45df00ddd770391c8b4568/3-jenis-jajanan-wajib-di-pasar-malam-taiwan-versi-gw

3 Jenis Jajanan Wajib di Pasar Malam Taiwan Versi Gw

3 Jenis Jajanan Wajib di Pasar Malam Taiwan Versi Gw


Bicara soal pasar malam, pasar malam pertama yang pernah gw kunjungi adalah pasar malam Liuhe di Kaohsiung. Gw datang kesana bersama beberapa teman ketika musim panas tahun 2011. Dan pasar malam terakhir yang gw kunjungi adalah pasar malam Fengjia di distrik Xitun, Taichung. Gw datang bersama bos gw sekeluarga sekitar beberapa hari sebelum gw pulang ke Indonesia.

Sayangnya, saat mengunjungi kedua tempat tersebut, gw tidak memiliki kesempatan untuk mengambil dokumentasi karena orang-orang yang berkunjung benar-benar begitu banyak. Bahkan untuk berjalan pun rasanya hanya mampu setengah langkah.

Dan pasar malam yang sering gw kunjungi yang ada di daerah Dongshih, justru tidak begitu menarik perhatian karena tempatnya yang kecil dan tidak terlalu ramai. Sedangkan ketika gw menyempatkan diri untuk datang ke pasar malam di daerah Beigang, gw malah salah waktu karena ketika gw datang pasar malamnya masih belum begitu ramai.

Spoiler for Pasar Malam Beigang:


Tapi yang mau gw bahas bukan tentang pasar malamnya, melainkan tentang jajanan yang paling sering gw beli ketika gw mengunjungi pasar malam.

Quote:


Spoiler for :


Setiap ke pasar malam, gw pasti makan niu phai atau beef steak. Apa gw ga bosan seminggu sekali makan niu phai? Tidak.. Karena jajanan yang tergolong berat semacam ayam goreng tepung atau hot pot atau mie daging sapi itu bisa gw temui dimana-mana dan kapan saja gw mau tanpa perlu menunggu jadwal pasar malam.

Sepengetahuan gw, yang namanya beef steak itu terdiri dari beef steak itu sendiri, dengan tambahan sayur seperti buncis dan kentang. Tapi di Taiwan khususnya disetiap pasar malam, beef steak itu justru ditambah dengan mie yang ditumis sebentar dan telor yang diceplok, dan barulah kemudian disiram dengan saus. Selain itu juga ada sup jagung kental yang diatasnya bisa ditambah dengan potongan roti tawar sebagai menu pendamping.

Berhubung gw tidak pernah bisa menghabiskan satu porsi beef steak, biasanya gw akan memakan setengah porsi ditempat, dan setengah porsinya lagi gw bawa pulang. Harga beef steak ini bervariatif, biasanya berkisar antara 110-130 NTD dan tergantung apakah beef steaknya mau ditambah mie atau tidak.

Quote:


Spoiler for :


Chou doufu atau tahu bau, bukan tahu busuk. Karena jika busuk pastinya tidak bisa dimakan. Jajanan ini adalah jajanan favorit gw dan termasuk makanan paling nikmat selain semur jengkol tentunya. Dan chou doufu yang menurut gw paling enak itu ada dipasar malam Dongshih.

Laoban chou doufu ini jualannya menggunakan moko dan mulai standby dipinggir jalan dari jam 7 malam. Dia memang berjualan dikawasan pasar malam, tapi dia tidak memiliki meja dan kursi seperti penjual makanan yang lainnya. Jadi mau tidak mau chou doufunya harus dibungkus.

Harganya hanya 45 NTD untuk 10 potong tahu yang digoreng kering. Lalu diatas tahu goreng tersebut ditaburi dengan asinan kol, dan terakhir disiram dengan bumbu bawang putih dan sambel pedas.

Quote:


Spoiler for :


Setelah puas berkeliling, biasanya gw akan sedikit lapar. Dan itung-itung sebagai pencuci mulut, gw memilih es campur untuk mengisi bagian perut yang sudah mulai kosong.

Bing disini bukan bing yang artinya kue, tapi bing yang artinya es. Dan walopun lebih mirip es campur karena terdiri dari banyak isian dalam satu mangkok, tapi tetap saja disebut dengan bing.

Isian yang ada biasanya adalah kacang merah, kacang hijau, cincau, potongan mangga, butiran boba, atau isian lainnya yang biasanya dibuat dari tepung ketan atau tepung tapioka. Dan bagusnya, kita bisa memilih sendiri isian yang kita suka dan seberapa banyak yang kita mau, dan laobannya hanya tinggal membantu menambahkan es serut dan gula cair.

Untuk mangkok kecil harganya hanya 25 NTD, dan untuk mangkok besar harganya 45 NTD.

*****


Sekian thread gw tentang jajanan di pasar malam Taiwan. Gw berharap masih bisa pergi kesana dan menjelajahi semua pasar malam yang ada dan menikmati jajanan yang lainnya.

Tulisan berdasarkan pengalaman dan dokumentasi pribadi.

Baca juga :

Pengalaman Gw Selama 9 Tahun Sebagai Caregiver

Mendiang Nenek Gw yang Anti-Mainstream

Mengunjungi Anping Old Fort dan Chihkan Tower di Kota Tainan, Taiwan

Diubah oleh marywiguna13
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Thread sudah digembok
Halaman 1 dari 8
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support17
Makan beef steak aja ga habis, perkara sepele itu mah kalau menghabiskan beef steak emoticon-Big Grin

Btw pasar malam ga ada yg jualan pinang ya? emoticon-Big Grin
Diubah oleh eLjembut
Quote:


Kamu kan tukang makan emoticon-Nohope

Ga ada lah yang jualan pinang dipasar malam
Quote:


Gapapa tukang makan asal jangan tukang bohong emoticon-Big Grin

Di pasar malam ga ada makanan kayak cumi atau udang bakar gitu?
Quote:


"Gapapa tukang makan asal jangan tukang bohong.."

Bukan aku yang ngomong ya emoticon-nyantai

Ada, aku suka, tapi ga ada foto. Jadi ga dimasukkin ke thread
wah saya sering denger tuh tentang chou dofu. ini adanya di taiwan aja ya sis? Kalo kaya di hongkong gitu ada ga yah
Quote:


Aku juga ga ada ngomong emoticon-Cool

Suka apa? Udang? Cumi? Gurita, cumi atau sotong? emoticon-Amazed
Quote:


Udang, cumi, sotong, kerang suka.

Kepiting, lobster ga suka
Quote:


Sorry ga ketara, sist emoticon-Big Grin

Kayaknya di mainland juga ada. Pernah pengen tau cara bikinnya tapi kayaknya bahannya ga ada di Indonesia
oh gitu. tapi waktu aku ke beijing sih ga nemu jajanan ini. tau beneran ga ada apa aku yg mainnya kurang jauh, ahahha. Terus terang emang rada ga pede jajan selain buah di sana dulu itu emoticon-Ngakak (S)

Iyah. Kayanya bahannya emang ga ada di sini sih.
Quote:


Yang enak malah ga suka emoticon-Cape d...
Kenapa ga coba bikin pindang udang atau sotong emoticon-Big Grin
Quote:


Rada susah emang cari makanan halal mah, tapi di Xi'an banyak katanya makanan halal.

Kalo ada bahannya mungkin mau jualan jajanan khas Taiwan aja emoticon-Big Grin

Quote:


Belum pernah bikin, lagian sotong jarang disini
Wah harus ke korea nih emoticon-Big Grin
Bookmark dolo ah buat kamus klo ke sna emoticon-Leh Uga
chou dofou itu sausnya dr bawang putih? kayak tahu gejrot ya tinggal tambah asinan kol emoticon-Hammer (S)
Quote:


Tapi tahu gejrot tahunya dingin dan lembek kan? Kalo ini mah digoreng dulu sampe kering. Jadi ada crunchynya
蚵仔煎 omelet kerang
地瓜球 ketela bulet2
Diubah oleh pinterpijitplus
belum pernah ngerasain juga belum pernah kesanaemoticon-Frown
Quote:


Itu juga suka, tapi ga ada fotonya emoticon-Big Grin

Quote:


Makanya kesana
Quote:


Ga ada budget lg ngumpulin buat ke jepunemoticon-Malu
Halaman 1 dari 8
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di