alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Charta Politika: Elektabilitas Jokowi dan Prabowo Relatif Stagnan
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c3fe4ff82d4950f6b0f6fa3/charta-politika-elektabilitas-jokowi-dan-prabowo-relatif-stagnan

Charta Politika: Elektabilitas Jokowi dan Prabowo Relatif Stagnan

Elektabilitas Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno berdasarkan survei Desember 2018 relatif stagnan. Hal ini terjadi lantaran tidak banyak lagi suara yang bisa diraih oleh kedua pasangan calon ini

Berdasarkan hasil survei Charta Politika, elektabilitas Jokowi-Ma'ruf sebesar 53,2% per Desember 2018. Angka ini tidak berubah jika dibandingkan survei pada Oktober 2018.

Sementara itu, elektabilitas Prabowo-Sandiaga mencapai 34,1% per Desember 2018. Jika dibandingkan dengan survei Oktober 2018 sebesar 35,5%, elektabilitas Prabowo-Sandiaga turun 1,4%.

"Kedua pasangan calon suaranya stagnan antara Oktober sampai Desember 2018," kata Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya di kantornya, Jakarta, Rabu (16/1).

Yunarto menilai, stagnasi suara terjadi akibat tak banyak lagi suara yang bisa diraih oleh kedua pasangan calon. Saat ini, responden yang telah memantapkan pilihannya terhadap Jokowi-Ma'ruf maupun Prabowo-Sandiaga sebesar 71,4%.

Ada 14,6% responden yang mengaku pilihannya masih bisa berubah. Sementara, sebanyak 14,1% responden tidak menjawab. "Itu angka yang sudah cukup besar. Jadi, ruang gerak memang tidak terlalu besar," kata Yunarto.

Tingginya angka pemilih loyal tersebut karena Pilpres 2019 merupakan pertarungan ulang dari Jokowi dan Prabowo. Sejak 2014, Jokowi dan Prabowo sudah memiliki pendukung fanatiknya. Pilpres 2019 dinilai hanya menguatkan dukungan loyal dari mereka. "Ini rematch dari dua kelompok yang itu-itu saja, yang memang berantem terus-terusan," kata dia.

Faktor kedua yang membuat stagnasi suara terjadi karena pola pemberitaan di media massa terkait isu politik cenderung datar. Media massa saat ini sudah jarang menayangkan berbagai isu-isu kontroversial terkait Pilpres 2019.

(Baca: Debat Pilpres Dianggap Tak Signifikan Beri Efek Elektoral)

Alhasil, momentum bagi setiap pasangan calon untuk menarik atensi dari pemilih yang masih bisa berubah pilihannya (swing voters) atau belum menentukan pilihan (undecided voters) menjadi berkurang. "Faktor lainnya karena memang pemilih yang belum rasional, sehingga belum sensitif terhadap perubahan isu," kata Yunarto.

Charta Politika mengadakan survei pada 22 Desember 2018 - 2 Januari 2019 dengan melibatkan 2.000 responden. Survei dilakukan melalui pemilihan responden secara acak atau multistage random sampling. Tingkat kesalahan alias margin of error dalam survei ini +/- 2,19 % dengan tingkat kepercayaan 95%. Kontrol kualitas dilakukan terhadap 20% sampel.






Beberapa survei yang dilaksanakan pada periode November-Desember 2018 menunjukkan elektabilitas Jokowi-Ma'ruf masih tetap unggul terhadap Prabowo-Sandiaga. Survei Median pada 4-16 November 2018 menunjukkan elektabilitas Jokowi-Ma'ruf mencapai 47,7% sedangkan Prabowo-Sandiaga 35,5%. Sementara, survei LSI Denny JA pada 5-12 Desember 2018 menunjukkan elektabilitas paslon nomor urut 01 mencapai 54,2% sedangkan paslon nomor urut 02 sebesar 30,6%.

Hasil sigi Indikator pada 16-26 Desember 2018 menunjukkan Jokowi-Ma'ruf unggul dengan elektabilitas 54,9%. Adapun Prabowo-Sandiaga memiliki elektabilitas 34,8%. Alvara Research Center dalam survei 11-24 Desember lalu menunjukkan elektabilitas Jokowi-Ma'ruf 54,3% dan Prabowo-Sandiaga 35,1%. Adapun survei Y Publica periode 26 Desember-8 Januari 2019 menyebut keterpilihan Jokowi-Ma'ruf mencapai 53,5% sedangkan Prabowo-Sandiaga 31,9%.

https://katadata.co.id/berita/2019/0...elatif-stagnan

stagnan brey
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
jokowi 53%

prabowo 35%

stagnan aja terus ampe pencoblosan

emoticon-Wkwkwk
dopost..

hapus aja mien...
emoticon-Cape d...
Balasan post ranttalker
Pas pencoblosan sih bakalan berubah, kan swing voters lumayan besar, tapi tetep aja, JKW udah diatas 50%, so.........
yg penting menang survey tuiter emoticon-Ultah
ud stagnan la, masing2 nasbung nastak ud ngelotok bgt milihnya, cuma 10-15% swing voter, yg rasional ama pemilih pemula
itu jg ga jaminan 100% ke 02, paling kepecah 5% ke 1 5% ke 2.
golput jg kecil di survei tp pas hari h bs gde, knp ya?
Gw menanti survey kaskus ala survey pilkada jakarta. lol
Kalau saja Prabowo gak mengeluarkan konversi pers soal pengeroyokan Ratna (padahal Ratna gak dikeroyok), mungkin kondisi elektabilitas Prabowo bakalan gak terlalu rendah....

Cuma ya, Prabowo gak crosscheck dulu waktu kasus Ratna emoticon-Big Grin

Ditambah lagi ketika masalah Prabowo joget-joget natal yang membuat sebagian Nasbung malah menjadi antipati kepada Prabowo emoticon-Big Grin
bikin survey dengan hadiah yg menang dapet link video VA, gue rasa lebih akurat hasil nya dan yg golput bisa sangat kecil emoticon-Wakaka
ya wajar secara logika :

nasbung semakin fanatik
nastak semakin fanatik

klo sampe april nanti gak ada transfer pemain
dijamin jokowi menang kyk 2014 emoticon-Big Grin
Quote:

pelajari survey dan polling, biar ngerti perbedaannyaemoticon-Big Grin
semoga yg terbaik yg menang, jaga kedamaian di pesta rakyat nanti emoticon-Toast
Balasan post budakdelusi
Trus? Kan gw bilang gw nungguin survey kaskus biar nastak2 lebih d atas angin lagi. lol
02 sudah sukses menahan laju elektabilitas 01 dengan jargon ‘bohong’,’ingkar janji’,dsb
Dibumbui dengan beberapa ayat untuk memperkuat tuduhan tsb.
Buzzer 02 juga lebih militan dgn tanpa ragu mengeksploitasi hoax secara massive disebarkan agar timbul emosi di kalangan mereka sehingga apapun akan dipercaya.

Satu berita negatif harus dilawan dengan puluhan berita positif, itu tantangan buat 01.
emoticon-Leh Uga
Quote:


kaskus tidak ada survey, itu polling, ngerti tdk? emoticon-Big Grin

Quote:


wuaazeeekk...
mak zlub...
emoticon-Leh Uga:
Balasan post o@s!s
ternyata cuma segini kualitas kampret idiot.. ga bisa bedain polling sama survey ya blok???

sejak kapan kaskus ada survey pilkada??

kip idiot aja buat ente ya

emoticon-Wkwkwk emoticon-Ngakak emoticon-Leh Uga
Balasan post aaa84aaa
Namanya kaum kampret, otak dibawah, anus diatas kalau tidur.

Balasan post ontabangkotan
Waow aku terguncang dan terkaget2. Ada yang pernah tersakiti kah dengan kata2 daku. Hanya salah satu kata aja capnya segitu.
Lu pada tau apa yang gw maksud, tapi dengan sengaja nyerang d bagian yang salahnya. lol
Balasan post o@s!s
siapa yg tersakiti?? Yg ada mah gw tertawa aja ama keidiotan ente yg ga bisa bedain polling sama survey emoticon-Wkwkwk emoticon-Ngakak emoticon-Leh Uga
Balasan post aaa84aaa
Situ pikir sini terpengaruh dengan kata2 situ? Mending lu post lagi aja apa2 kelebihan, janji2 jokowi yang udah tercapai, puja puji jokowi seantero sosmed.
Kyk buzzer2 lainnya.
Itu pun klo ada janjinya yang terpenuhi.

Kalian juga masih butuh suara kan? Termasuk suara umat islam juga? lol
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di