alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Sports / Sports /
Wasit Indonesia Cuma Segini Jumlahnya yang Berlisensi FIFA
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c39d93cf4d695500f145e4a/wasit-indonesia-cuma-segini-jumlahnya-yang-berlisensi-fifa

Wasit Indonesia Cuma Segini Jumlahnya yang Berlisensi FIFA

Wasit Indonesia Cuma Segini Jumlahnya yang Berlisensi FIFA
KLIK_IKUTI] Melihat geliat sepak bola Indonesia menyongsong musim kompetisi 2019 masih tetap hangat dan bersemangat. Berbeda dengan perwasitannya, bukannya makin banyak berupaya diakui FIFA yang terjadi justru makin berkurang ditahun ini.
 
Entah apa yang membuat minat berlisensi FIFA bagi wasit Indonesia ini tak seantusias sepak bolanya. Apakah terbentur biayanya atau memang kepemintannya sudah tak ada ataukah PSSI tidak merekomendasikan satupun untuk wasitnya.
 
Bisa saja upaya mendapatkan lisensi wasit FIFA tak sesuai dengan penghasilannya. Jika wasit tak berlisensi FIFA saja masih bisa menghasilkan uang dengan memimpin pertandingan domestik, kenapa harus capek-capek mengurus lisensi wasit FIFA yang mungkin jarang dipakai juga.
 
Itu hanya sebuah kemungkinan saja, namun faktanya saat ini Indonesia hanya memiliki tiga wasit yang mengantongi lisensi FIFA. Ketiganya adalah Thoriq Munir Alkatiri, Yudi Nurcahya, dan Dwi Purba Adi Wicaksana.
 
Seperti dilansir dari Topskor.id (12/1/2019) pada tahun sebelumnya, Indonesia masih memiliki lima wasit berlisensi FIFA. Namun sayangnya tahun 2019 ini wasit Oki Dwi Putra Senjaya dan Musthofa Umarella sudah habis masa berlakunya dan belum ada tanda-tanda keinginan memperpanjangnya.
 
Begitupun dengan posisi asisten wasit berlisensi FIFA di Indonesia juga berkurang. Pada tahun 2018 ada 7 tetapi tahun ini hanya tinggal 4 orang saja. Empat asisten wasit yang masih mengantongi lisensi FIFA diantaranya Andriko Beni, Nurhadi, dan Syamsudar Bangbang, serta satu lisensi baru pada 2019 ini yang didapat I Gede Selamet Raharja.
 
Data yang dirilir dari FIFA per Januari 2019 lisensi yang sudah expired dimiliki Agus Prima, Dedek Duha, Agus Mulyadi, dan Dinan Lazuardi. Termasuk dua wasit wanita, Asisten wasit Azizah Alfionita dan wasit Deliana Fatmawat yang sebelumnya memegang lisensi FIFA namun sayang juga tidak diperpanjangnya.*
Sumber: Topskor.id
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di