alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Harga Cabai Merosot,Petani Buang Cabai Ke Jalan
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c398646136970150d754072/harga-cabai-merosotpetani-buang-cabai-ke-jalan

Harga Cabai Merosot,Petani Buang Cabai Ke Jalan

Harga Cabai Merosot,Petani Buang Cabai Ke Jalan

Metro26.com- Petani di Kabupaten Demak, Jawa Tengah, Desa Dempet beramai-ramai membuang cabai merah yang baru dipanen ke jalan raya, Jumat lalu.

Aksi itu sebagi bentuk protes dan kekesalan mereka atas anjloknya harga cabai di tingkat petani.
emoticon-Ngamukemoticon-Cendol Ganemoticon-Lempar Bata
Mereka menuntut pemerintah segera menstabilkan harga jual cabai merah agar petani tidak merugi.
Sambil berteriak harga cabai anjlok, para petani terus membuang cabai merah ke Jalan Raya Demak-Godong. Aksi mereka sempat membuat arus lalu lintas tersendat.

Seorang petani, Ridwan mengatakan, aksi buang cabai merah itu dilakukan karena harganya terus anjlok. Sejak akhir tahun 2018 lalu, harga cabai terus merosot dari semula Rp20.000 per kg jadi Rp15.000. “Sekarang turun lagi dari harga Rp15.000 jadi Rp6.000 per kilo,” ucapnya.

Dari perhitungan petani, kata dia, haga cabai merah sebesar Rp15.000 kg masih terbilang untung. Namun, mereka terus merugi karena belakangan harganya merosot drastis menjadi Rp6.000 per kg

Menurut Ridwan, perubahan harga cabai merah pada panen raya ini lebih buruk dibanding tahun lalu. Mereka berharap pemerintah segera melakukan operasi pasar untuk menstabilkan harga cabai merah. “Seluruh petani cabai merah di Kabupaten Demak merugi karena harganya terus merosot,” tandasnya.



Di Kabupaten Demak, sedikitnya ada 1.100 hektare tanaman cabai merah yang akan dipanen. Dengan anjloknya harga cabai tersebut, petani tidak memenuhi kebutuhan hidup keluarganya.


“Kalau pemerintah belum bisa menstabilkan harga cabai merah, musim tanam tahun depan kami tidak akan menanam cabai merah,” tandas Ridwan.

Sementara itu, aksi buang cabai di Jalan Raya Demok-Godong akhirnya dihentikan oleh petugas Polsek Dempet dikutip dari INews.id Sabtu, (12/1/2019).


Penyebabnya, aksi itu sudah mengganggu arus lalu lintas dan keselamatan pengguna jalan. “Karena mengganggu arus lalu lintas, aksi rptes buang cabai tersebut kami hentikan,” tandas Kapolsek Dempet, AKP Suraji.(i)

Sumber:metro26Harga Cabai Merosot,Petani Buang Cabai Ke Jalan
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 5
mubazir, semoga kenak azab, emoticon-Cape d...
Akhirnya indonesia swasembada cabai emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak


Terima kasih jokowi emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
Diubah oleh buakaw.banchame
Ide bagus untuk meningkatkan harga, cuma kalau bisa dikeringkan dan diproses lebih baik lagi nantinya. Cabai selalu dilema, harga mahal sedikit semua ingin menanam. Giliran barang langka, enggan dipanen karena musim hujan lekas busuk. Giliran musim panen berbarengan stok melimpah, harga rendah.
Yak, dimusnahkan saja yang banyak, gan
paceklik dan harga melambung tinggi emoticon-Ngakak sama2 gak punya cabe
Dinas perdagangan propinsi harus koordinasi dengan kementrian perdagangan cari solusinya.
ngk bisa bersyukur kah?
tapi harga cabe2 an kok masih stabil yak emoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Uga
nanem 1 nanem semua..wkwkwk
petani sekarang ga prediksi daerah mana saja yg tanam cabe.
bawang merah jg gitu.

hasil alam kurang lebih aja.
nelayan juga gitu...ntar 1 mancing cakalang
..ngikuutt semua.
cakalang murah..ngamuk
wkwkwjw
salah petani ni mah
Emang dak bisa di olah misal buat saos sambel atau apa gitu yah?

Pemerintah ini sebagai regulator mbok yah buatlah aturan biar harga stabil. Jangan kalo mahal sampe 100k sekilo kalo murah cuma 10k sekilo
Diubah oleh maya.asar
emak2 mana suaranya.. kmaren pada protes cabe mahal. sekarang mumpung murah ni ayo diborong
Goblok sudah.. mending jual murah msh ada duitnya..
Semuanya ada yang mengatur dan mengurus...serahkan ke ahlinya biar teratur dan stabil, pertanyaan nyaaa yang ngurus
Quote:


Karena permintaan banyak stok sedikit
Ini pentingnya harga stabil.
sabar,,,
Kerja kerja kerja
#2periode
pabrik saos segera merapat emoticon-Big Grin
100 ribu bisa buat beli cabe sekarung
80jt cuma bisa buat beli celana dalam warna ungu doang
kayaknya KUD harus lebih digalakan lagi.. diboongin tengkulak mau aja lagi..
Halaman 1 dari 5


×
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di