alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Bedakan Gula Industri dan Konsumsi
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c38bf7d902cfe97198b4570/bedakan-gula-industri-dan-konsumsi

Bedakan Gula Industri dan Konsumsi

Spoiler for pintar:


Tong kosong memang nyaring bunyinya. Pepatah itu memang benar adanya. Coba saja anda gedor sebuah tong yang ada isinya, tentu tiada bunyi yang akan terdengar. Tapi bila tong itu tiada berisi, maka akan keluarlah suara.

Dalam dunia nyata, pepatah itu pun berlaku pula. Orang yang tidak punya pengetahuan, alias kosong, cenderung lebih lantang berbicara. Entah apa tujuannya. Mungkin saja untuk menutupi kondisi ketidaktahuannya.

Sayangnya, kali ini yang berperilaku seperti tong kosong itu adalah seorang ekonom yang cukup punya nama.

Lewat akun twitter pribadinya, Faisal Basri yang merupakan seorang ekonom dari Universitas Indonesia, menyatakan bahwa Indonesia salah mengelola gula. Menurutnya, dua tahun terakhir ini Indonesia menjadi importir gula terbesar di dunia. Importasi ini lah yang dianggapnya berkontribusi dalam menciptakan defisit perdagangan.

Data yang dibeberkan Faisal memperlihatkan bahwa sepanjang tahun 2017-2018, Indonesia mengimpor gula hingga 4,45 juta ton. Volume impor gula ini tertinggi dibanding Cina (4,2 juta ton), Amerika Serikat (3,11 juta ton), Uni Emirat Arab (2,94 juta ton), Bangladesh (2,67 juta ton), dan Aljazair (2,27 juta ton).

Volume gula yang diimpor Indonesia itu juga melampaui negara seperti Malaysia (2,02 juta), Nigeria (1,87 juta ton), Korea Selatan (1,73 juta ton), dan Arab Saudi (1,4 juta ton).

Selain itu, ekonom yang pernah gagal di Pilkada DKI Jakarta 2012 lalu itu mengatakan bahwa harga gula di Indonesia jauh lebih mahal dibandingkan dengan negara lain. Sebagai contoh, per Januari 2017, harga gula per kilogram di Indonesia US$ 1,1, sementara harga gula di dunia US$ 0,45. Begitu juga per Juni 2017, harga gula sebesar US$ 1 per kilogram, atau lebih tinggi ketimbang harga di dunia US$ 0,31.

Pada November 2018, harga gula di Indonesia sebesar US$ 0,85 atau melampaui harga gula dunia US$ 0,28. Dengan kurs Rp 14.041 per dolar AS, harga gula di Indonesia saat itu mencapai Rp 11.936 atau tiga kali lipat dari harga gula dunia Rp 3.932 per kilogram.

Tempo.co

Parahnya lagi, Faisal menuduh bahwa ada pemburu rente yang meraup triliunan rupiah dari impor gula tersebut.

Untung saja, informasi semacam ini tidak dibiarkan berkembang liar. Lewat Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Darmin Nasution, dijelaskan bahwa yang diimpor merupakan gula industri, bukan gula konsumsi.

Dua jenis gula itu jelas berbeda. Gula industri bukanlah gula yang biasa kita seduh untuk menambah manis teh atau kopi. Gula industri ini digunakan untuk kebutuhan industri makanan dan minuman.

Selain itu, impor gula industri juga dilakukan atas rekomendasi Kementerian Perindustrian, berdasarkan permintaan pelaku industri. Oleh karena itu, impor gula kita, tidak seliar seperti yang digembar-gemborkan Faisal Basri.

Lagi pula, impor gula industri yang semakin banyak, artinya industri kita semakin berkembang biak. Oleh karena itu, mereka membutuhkan lebih banyak lagi gula sebagai bahan bakunya.

Kendati dia mendapat julukan sebagai seorang ekonom, mungkin sebaiknya ada sudut pandag lebih luas yang disampaikan oleh seorang Faisal Basri.

Spoiler for wow:
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
besok di ilc, rocky jadi ahli gula emoticon-Ngakak
Jadi sebenarnya ga ada salahnya indonesia impor gula industri.
Impor dan utang... Bahasan yang bisa bikin ahli membalik fakta
Quote:


emoticon-Ngakak
Bener gan... beliau adalah prof segala pakar
Quote:


kalo yg dibahas prostitusi artis..?
jadi profesor ahli prostitusi..
Menurut gw perkataan faisal Basri yg bilang "Semua Gula Di Dunia Itu Sama, Mana ada Gula Industri"

Mana yang salah?

bedanya d mana??
https://hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/apa-itu-gula-rafinasi-bahaya/

Buat yang masih bertanya apa itu gula rafinasi...
Kalo ada yg bilang semua gula sama, silahkan konsumsi gula rafinasi buat dicampur teh....
Rada oot sih ini, tp nanya dong. Kosher salt ama garam biasa bedanya apa ya?
Janji 3 tahun swasembada teryata gagal, ini harus dilanjut sampai dua periode biar kita lebih tahu kegagalannya emoticon-Ngakak
Balasan post monsterbuster
setau gw kosher non yodium dan ngga halus, tp ga tau apa ini sama dengan garam krosok
Quote:


beda teh kopi sama minuman apa gan...

ini gw yg mabok ??

kalau industri bikin minuman teh kemasan pakai gula ini bukan gula teh berarti.. emoticon-Embarrassment
Diubah oleh anarchy0001
Kalo gitu mah gak ada bedanya..
Gula pasir (industri konsumsi) kan emang via proses refinasi.

Harusnya beritanya:

Bedakan gula pasir dan gula aren

Jancuk!

Akhirnya terpleset juga si basri
oh patesan gak ada gula putih seperti dulu dilarang dijual ke masyarakat umum ternyata
~ Gulaa.. gula... gula.. gulaa..
~ gulaaa.. gulaaa.. gulaa.. gulaa...

iiiihaaa..
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 03
Impor gula banyak = orang indo ga jaga kesehatan = mati karna diabetes = populaai berkurang
Balasan post dukun..beranak
Quote:


di malay 1 kg 2,8 - 2,9 m... setara 10 rb, disini 1 kg fluktuatif antara 12-14 rb
memang sama, tapi peruntukannya beda... gitu aja dibikin meme buat bego2in nasbung... emoticon-Big Grin
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di